Wisata sungai mudal

Apa sih menariknya destinasi wisata Sungai Mudal di Kulonprogo, Jogja? Mungkin selama ini masih banyak wisatawan yang meremehkan tempat wisata alam semacam ini. Padahal, jika dilihat dari pesona pemandangan alamnya pasti akan membuat kamu tercengang. 

Sekali-sekali cobalah untuk berkunjung ke sungai ini. Kamu pasti tidak akan menyesal telah liburan ke tempat ini. Tapi sebelum itu siapkan dulu budget dan akomodasi untuk liburan kesini.  Berikut ini adalah informasi lengkap seputar Sungai Mudal yang wajib kamu tahu. 

Rute  Wisata Sungai Mudal 

Rute Wisata sungai mudal

Lokasi wisata ini terletak di area yang cukup strategis, sehingga kana memudahkan kamu untuk menemukan tempatnya. Jika kamu berangkat dari titik Kota Jogja, maka kamu harus melewati Jl. KH. Ahmad Dahlan. 

Setelah itu, melanjutkan perjalanan melewati Wates, hingga sampai di Ring Road Barat. Kemudian, belok ke Jl. Godean dan lewat di Jl. Raya Kaligesing. Ikuti terus rute jalannya hingga kamu sampai di Taman Sungai Mudal. Perjalanan ini akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam saja. 

Biaya Tiket Masuk Sungai Mudal

Tiket Wisata sungai mudal

Berapa biaya tiket masuk ke wisata Sungai Mudal? Harga tiket per orangnya ternyata cuma sebesar 6 ribu rupiah saja. Dengan harga segitu, kamu sudah bisa menikmati berbagai macam pemandangan alam yang rupawan. 

Sedangkan untuk tiket parkir kendaraan akan dikenai biaya sebesar 2 ribu rupiah untuk motor, dan 3 ribu rupiah untuk mobil. Dengan mempertimbangkan harga tiketnya yang sangat murah, maka kamu bisa menjadikan tempat wisata ini sebagai alternatif saat sedang bokek

Keindahan Wahana di Sekitar Sungai

Wahana sekitar sungai

Konon katanya, wisata sungai yang terletak di Kulonprogo ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Sakinah menarik dan ada banyak wisatawan yang datang ke tempat ini sekedar untuk cuci mata atau merilekskan pikiran. 

Baca Juga:  Mandapa Kirana Resort : Harga Tiket, Lokasi, dan Fasilitas

Atas dasar itu, maka tak heran kalau wahana wisata yang berdekatan atau ada disekitarnya juga ikut naik daun.  Nah, inilah beberapa wahana wisata yang ada di sekitar Sungai Mudal. 

1. Air Terjun Kembang Soka 

Salah satu wahana di dekat wisata Sungai Mudal yang cukup terkenal adalah air terjunnya. Ada dua macam air terjun yang bisa kamu kunjungi saat berlibur kesini. Pertama adalah Air Terjun Kembang Soka, dan kedua adalah Air Terjun Kedung Pedut. 

Kedua air terjun tersebut memiliki karakteristik pemandangan yang hampir mirip. Bedanya hanya terletak pada lokasinya yang berjauhan. Sedangkan untuk nuansa pemandangan, kualitas airnya, hingga aliran airnya punya karakter yang mirip satu sama lain. Itu sebabnya, kamu bisa mengunjungi salah satunya saja. 

2. Kolam Pemandian

Jika kamu membawa anak kecil, kamu tak perlu takut merasa bosan karena ada wahana kolam pemandian untuk anak-anak. Kolam pemandian ini berada di sekitar area Kedung Gedoya. Kedalaman kolamnya juga tidak terlalu dalam, yaitu sekitar 1 meter sampai 1,5 meter untuk anak-anak. 

5 Tempat River Tubing Seru dan Menantang di Indonesia

3. Fasilitas Umum Lengkap

Secara umum, kamu akan mendapatkan fasilitas lengkap ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Beberapa fasilitas umum yang akan membuat kamu nyaman misalnya fasilitas WC atau kamar mandi terpisah. Lalu, buat kamu yang mau sholat juga tersedia mushola kecil di dekat lokasi sungai. 

Lalu, jika sewaktu-waktu kamu lapar dan lupa bawa bekal, kamu bisa mengisi perut di warung makan. Warung di dekat Sungai Mudal ini menyediakan berbagai macam menu makanan lezat yang wajib untuk kamu cicipi. 

Baca Juga :

Baca Juga:  8 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru dan Hits di Lhoksumawe

***