Cityawesome.com – Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Museum menjadi salah satu tujuan wisata yang bisa kamu kunjungi dan mempelajari sejarah yang ada di dalamnya. Terlebih lagi tentunya setiap provinsi memiliki museum daerah yang masing-masing dengan koleksi yang berbeda.

Seperti pada museum Wangsit Mandala Siliwangi. Berlokasi di Bandung, Jawa Barat di mana ini merupakan museum senjata. Sesuai dengan namanya, tentu museum ini di lengkapi dengan koleksi senjata dari zaman dahulu kala.

museum mandala wangsit

Nama Siliwangi sendiri di ambil dari pendiri kerajaan Padjajaran, sedangkan Mandala Wangsit merupakan sebuah tempat yang di jadikan sebagai tempat menyimpan amanat maupun petunjuk pejuang masa lalu.

Jika penasaran ingin berkunjung kesana, sebaiknya untuk simak artikel ini terlebih dahulu yang akan mengenalkanmu pada Museum Wangsit Mandala.


Sejarah berdirinya Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Mengenal akan sejarahnya, museum Wangsit Mandala Siliwangi di dirikan pertama kali pada tahun 1910 dan selesai pada tahun 1915. Tepatnya pada masa kolonial Belanda di mana ini di jadikan sebagai tempat tinggal bagi para kolonial Belanda.

Kemudian bangunan museum ini di ambil alih oleh pasukan Siliwangi yang sekaligus di jadikan markas oleh Akademi Militer Bandung tepatnya pada 1949 – 1950.

Bangunan Museum Wangsit Mandala Siliwangi sendiri terbilang cukup luas di mana berdiri di atas lahan dengan luas 4.176 M. Sedangkan untuk bangunannya di bangun dengan luas 1.674 M.


Fakta menarik museum Wangsit Mandala

Berlokasi di Jalan Lembong No. 38, Broga Kecamatan Sumur Bandung, Jawa Barat 40111. Museum Wangsit Mandala menyimpan beragam koleksi alat dan senjata yang di gunakan pada masa penjajahan Jepang.

museum mandala wangsit

Adapun beberapa senjata yang bisa kamu temukan di sana yakni Senjata laras panjang, pistol, bahkan hingga bedug simarame. Selain itu kamu juga akan belajar mengenai sejarah peristiwa Bandung Lautan Api dan peracunan yang pernah terjadi pada 17 Februari 1949.

Baca Juga:  Sudut Pandang Bandung : Info Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas !

Sebelum di resmikan pertama kali oleh presiden Soeharto, museum yang satu ini di jadikan sebagai markas untuk bersembunyi dari penjajah Jepang. Bahkan kamu juga akan melihat adanya lukisan yang menggambarakan tentang kerja paksa pada masa penjajahan tersebut.


Koleksi menarik museum Wangsit Mandala Siliwangi

Berlibur dan menghabiskan waktu di museum yang satu ini memungkinkan kamu untuk mendapatakan pengalaman berlibur yang menyenangkan. Di mana nantinya kamu akan mendapatkan pengetahuan akan sejarah Bandung pada zaman penjajahan.

Berbagai koleksi di sana bisa kamu temukan mulai dari senjata penjajahan bahkan hingga senjata primitif. Museum Wangsit Mandala Siliwangi memiliki koleksi senjata yang menarik seperti di antaranya adalah meriam, kendaran berlapis baja, panser sel, bom molotov, keris kujang, panah, tombak, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Ruangan yang tersedia didalamnya

Museum yang satu ini memiliki beberapa ruangan yang berbeda di dalamnya. Setidaknya ada sekitar 5 ruangan dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini beberapa ruangan yang akan kamu temukan saat berkunjung kesana :

museum mandala wangsit
  • Ruangan Kerajaan, di mana nantinya kamu akan menemukan beragam koleksi senjata pada masa kerajaan yang ada di Jawa Barat.
  • Ruangan era kemerdekaan, memungkinkan kamu untuk melihat sejarah penjajahan yang di mulai dari penjajah masuk ke wilayah Indonesia.
  • Ruangan pasca kemerdakaan, antinya kamu akan bisa menemukan beberapa lukisan yang menggambarkan tentang perlawanan Indonesia.
  • Ruang era pemberontakan Jawa barat, terdapat beragam foto dan pemberontakan serta berbagai koleksi alat yang digunakan pada masa itu.
  • Ruang khusus, digunakan untuk menyimpan benda yang terbilang penting, seperti peta operasi, bendera kodim, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga tiket dan jam operasional

Mengunjungi museum Wangsi Mandala Siliwangi mengharuskan kamu untuk membayar tiket masuk. Hanya saja harga tiket masuknya terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 10 ribu. Sedangkan untuk jam operasionalnya, museum ini di buka mulai dari Senin hingga Sabtu dengan waktu yang berbeda.

Baca Juga:  Berkunjung ke Kolam Renang Panghegar, Ini Wahana Menariknya !

Senin – Sabtu akan di buka mulai pukul 08.00 – 13.00 WIB. Jumat di buka mulai 08.00 – 10.00 WIB. Dan Sabtu di buka pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Nah itulah beberapa informasi mengenai museum Wangsit Mandala Siliwangi untuk kamu ketahui. Jika berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk mampir ke wisata sejarah yang satu ini.

Baca Juga :

***