Site icon City Awesome

9 Makanan Khas Jambi yang Populer dan Bercitarasa Lezat

Cityawesome.com – Makanan khas Jambi yang populer. Saat memilih berlibur di luar kota atau provinsi, tentunya kamu ingin sekaligus menikmati sajian makanan khas daerah yang di kunjungi. Wisata kuliner menjadi pelengkap perjalanan saat menghabiskan waktu untuk berlibur.

Jika kamu memilih Jambi sebagai salah satu tujuan wisata, jangan kelewatan beberapa sajian makanan khas yang enak dan menggugah selera.

Jambi memiliki deretan makanan khas yang kuat akan citarasa rempah. Karena lokasinya berada di pesisir timur Sumatera, makanan khas Jambi tidak lepas dari pengaruh makanan dari Melayu.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Jambi yang sayang untuk dilewatkan.

1. Daging Masak Itam

Jika mendengar namanya saja, tentu kamu akan membayangkan hasil makanan akan berwarna hitam pekat. Daging masak itam memiliki kuah yang berwarna hitam di mana berasal dari bumbu yang sudah meresap ke dalam daging.

Untuk dagingnya sendiri biasanya menggunakan sapi ataupun kerbau yang di potong dalam bentuk dadu. Selain itu jika di lihat sekilas makanan ini memang nampak seperti semur, hanya saja bahan rempah yang di gunakan sedikit berbeda. Untuk hasil hitamnya tidak hanya di sebabkan oleh bumbu saja melainkan juga dari kecap.

2. Gulai Talang

Gulai Talang adalah salah satu makanan khas Jambi yang berbahan dasar bebek atau ayam. Hanya saja Gulai Talang ini tidak sepopuler makanan khas Jambi lainnya. Selain itu berbeda dengan gulai pada umumnya yang menggunakan santan, gulai talang justru tidak menggunakan santan sama sekali.

Untuk bahan rempah yang di gunakan juga sangat simple dan mudah di temukan yakni bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kunyit, jahe, ketumbar dan juga garam. Di karenakan proses pembuatannya yang tidak menggunakan santan, maka kuah gulai yang di hasilkan lebih ke kuning kecoklatan.

3. Gulai Tepek Ikan

Merupakan makanan khas Jambi yang berpadu antara sagu tani dan ikan gabus atau tenggiri. Untuk cara pengolahannya dengan cara di rebus terlebih dahulu kemudian di gulai. Sesuai dengan namanya yakni gulai tepek ikan, makanan ini di bentuk dengan cara di tepek atau di pipihkan.

Memiliki tekstur yang empuk dan kenyal, gulai tepek ikan memiliki citarasa yang khas akan rempah pilihan. Hanya saja makanan ini hanya di sajikan pada waktu tertentu saja seperti pernikahan atau kenduri. Oleh karena itu kamu mungkin agak sedikit kesulitan untuk menemukan gulai tepek di berbagai warung makan.

4. Kerutup Ikan

Saat berada di Jambi, pastikan kamu tidak melewatkan makanan khas Jambi yang satu ini. Kerutup Ikan sangat cocok untuk kamu yang menyukai makanan berbahan dasar ikan. Selain itu biasanya jenis ikan yang di pakai adalah ikan nila, mas, atau bisa juga dengan ikan lainnya yang sesuai dengan selera.

Untuk proses pembuatannya, ikan akan dicampur dengan rempah segar yang dihaluskan dan dibungkus dengan daun pisang.

5. Lakso Jambi

Menjadi makanan warisan khas Melayu yang bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai wilayah di Sumatera. Lakso Jambi biasanya memiliki bentuk yang serupa dengan mie dan terbuat dari tepung sagu.

Selain itu Lakso Jambi memiliki 2 jenis yang menjadi favorit warga Jambi sendiri yakni Lakso kuah kunyit, dan lakso goreng.

Lakso Jambi memiliki tekstur yang tebal dan lembut serta rasanya yang berpadu antara rempah dan campuran bawang goreng.

6. Nasi Gemuk

Sebenarnya makanan ini tidak lain hampir serupa dengan nasi uduk. Dimana proses pembuatannya dan bahannya juga sama yakni beras yang dicampur dengan santan, daun salam, daun jeruk, dan juga daun pandan.

Nantinya nasi gemuk di sajikan dengan berbagai toping seperti teri goreng, kacang tanah goreng, dan orek tempe. Selain itu tidak jarang juga di berikan tambahan seperti telur dan emping melinjo.

Kamu bisa menemukan makanan nasi gemuk ini dengan mudah saat pagi hari sebelum melakukan aktifitas harian.

7. Rendang Cempedak

Sesuai dengan namanya, rendang cempedak tidak menggunakan daging melainkan menggunakan buah Cempedak. Terlebih lagi Jambi menjadi salah satu daerah penghasil buah cempedak. Namun untuk bahan rempah yang di gunakan tidak jauh berbeda dengan rendang pada umumnya.

Di karenakan bahan dasarnya yang berasal dari cembedak, tentu proses memasaknya akan lebih singkat dan cepat.

8. Sate Ikan

Rekomendasi makanan khas Jambi lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah sate ikan. Namun tidak serupa dengan sate pada umumnya, sate ikan biasanya di olah dengan cara di haluskan terlebih dahulu untuk kemudian di bungkus daun pisang dan di rebus.

Selain itu ikan yang digunakan adalah ikan gabus karenna dagingnya yang terkenal tebal dan empuk. Kamu bisa menemukan sate ikan dengan mudah diberbagai warung makan sekitar Jambi.

9. Tempoyak Ikan Patin

Rekomendasi makanan khas Jambi lainnya yang menarik untuk kamu coba adalah Tempoyak Ikan Patin. Dimana makanan ini terbilang cukup populer sekaligus menjadi warisan dari leluhur Melayu. Sebagai informasi tambahan, tempoyak merupakan hasil fermentasi dari buah durian.

Untuk cara pengolahannya Ikan Patin di olah dengan tempoyak yang dicampur dengan rempah seperti kunyit, cabai, bawang, dan lainnya. Untuk citarasa makanan ini tidak perlu di ragukan. Siapapun yang mencoba pasti akan merasa ketagihan.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan khas Jambi yang enak dan menggugah selera. Saat berkunjung ke provinsi ini, pastikan untuk tidak melewatkan beberapa sajian makanan khas yang telah di sebutkan.

Baca Juga :

***

Exit mobile version