Makanan khas bugis

Bagi para pelancong dan wisatawan yang berlibur ke Sulawesi Selatan, jangan lupa cicipi makanan khas Bugis yang populer. Hidangan makanan dari suku Bugis ini memiliki perbedaan cita rasa dengan hidangan makanan suku Jawa. 

Selain karena faktor bumbu, faktor cara memasaknya pun berbeda dengan cara masak dan bumbu yang ada di masakan Jawa. Lalu, apakah makanannya cukup enak? Untuk membuktikannya, coba cicipi rekomendasi makanan asli Bugis berikut ini: 

Makanan Khas Bugis, Pallubasa

Pallubasa

Kalau kamu tipe orang yang suka dengan makanan berlemak, maka Pallubasa bisa menjadi salah satu menu makanan favorit kamu. Pallubasa terbuat dari bahan baku jeroan sapi atau jeroan kerbau. Makanya, makanan ini termasuk berlemak dan mengandung kolesterol tinggi. 

Buat kamu yang memiliki penyakit darah tinggi atau jantung nggak disarankan untuk mengkonsumsi Pallubasa. Sebab, hidangan ini bisa membuat kolesterol kamu naik dan penyakitmu kambuh. 

Konro khas Bugis 

Makanan khas bugis konro

Suka mencicipi makanan khas Bugis? Maka jangan lewatkan makanan yang satu ini. Konro merupakan salah satu hidangan khas Bugis yang terkenal di Indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan baku daging sapi, terutama di bagian iganya. 

Untuk membuat makanan ini, kamu perlu merebus iga sapi bersama dengan rempah-rempah. Mulai dari kayu manis, asam jawa, dan sebagainya. Karena itu, nggak heran kalau Konro memiliki cita rasa rempah-rempah yang cukup kuat. 

Sementara itu, untuk membuat kuahnya yang kental dan berwarna hitam, kamu perlu menambahkan rempah lainnya. Mulai dari merica, pala, kluwek, dan kacang merah sebagai bahan baku utamanya. Dari seluruh bahan itulah, kamu akan mendapatkan warna kuah berwarna hitam pekat. 

Barongko

Makanan khas bugis, barongko

Salah satu makanan penutup khas Kota Bugis adalah Barongko. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis dan tekstur legit. Makanya, Barongko seringkali disuguhkan sebagai hidangan setiap kali hari raya lebaran tiba. 

Baca Juga:  7 Rekomendasi Minuman Khas Perancis Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Barongko memiliki aroma yang sangat khas dan harum. Selain karena aroma pisang sebagai bahan dasar makanannya, Barongko juga dibungkus oleh daun pisang yang wangi. Karena aromanya, banyak orang yang suka dengan makanan ini. 

Proses pembuatan Barongko ternyata cukup mudah. Kamu hanya memerlukan bahan baku pisang dan telur sebagai bahan utamanya. Lalu, jangan lupa sediakan beberapa lembar daun pisang untuk membungkus adonannya. 

Makanan Khas Bugis, Coto Makassar

Coto makassar

Inilah makanan khas Bugis yang paling terkenal dan banyak peminatnya, apa lagi kalau bukan Coto Makassar. Hidangan Bugis yang satu ini memang memiliki cita rasa yang enak dan gurih kadena kuahnya terbuat dari kaldu sapi. 

Cara makan Coto Makassar cukup unik. Sebab, kamu harus memakan makanan ini menggunakan lontong, ketupat, atau buras. Cita rasa legit dari lontong dan buras akan berpadu dengan cita rasa otentik bumbu rempah khas Bugis. 

Makanan Khas Suku Minang yang Enak dan Populer di Indonesia

Pallu Mara

Pallu mara

Ingin mencoba makanan khas Bugis yang terbuat dari bahan baku ikan? Maka kamu bisa mencicipi Pallu Mara. Makanan ini terbuat dari daging ikan atau kepala kakap merah sebagai bahan dasar utamanya. Lalu, makanan ini disajikan dengan kuah kental berwarna kuning yang terdiri dari rempah-rempah. 

Karena itulah, cita rasa makanan ini sangat nikmat dan lezat. Kamu bisa menemukan berbagai macam rasa seperti asam, gurih, dan pedas dalam olahan makanan ini. Namun, jika kamu nggak suka dengan cita rasa rempah-rempah yang kuat, makanan ini bukan pilihan yang tepat. 

Baca Juga :

Baca Juga:  8 Jenis Pizza Khas Italia yang Lezat dan Populer

***