Cityawesome.com – Wisata Gunung Pancar. Objek wisata alam tentunya tidak akan membuat bosan siapapun yang mengunjunginya. Terlebih lagi di Indonesia ada banyak sekali objek wisata alam yang bisa kamu pilih.

Seperti di Bogor salah satunya, di sana terdapat salah satu wisata alam yang menyimpan sejuta keindahan. Gunung Pancar bisa menjadi rekomendasi wisata alam terbaik untuk kamu menghilangkan penat dan stress akibat pekerjaan serta aktifitas sehari-hari.

Jika penasaran apa saja daya tarik yang ada di Gunung Pancar, berikut beberapa ulasannya !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Penasaran dengan wisata Gunung Pancar? Lokasinya berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Tepatnya hanya berjarak sekitar 45 KM saja dari pusat kota Jakarta.

wisata gunung pancar

Selain itu untuk harga tiket masuknya, wisata alam ini menetapkan tarif tiket yang sangat terjangkau yakni hanya Rp 5 ribu perorang saat Weekday dan Rp 7,5 ribu untuk Weekend. Tarif tiket ini hanya berlaku untuk WNI saja, sehingga untuk WNA akan di kenakan tarif berbeda yakni Rp 100 ribu untuk Weekday dan Rp 150 ribu untuk Weekend.

Namun jika kamu membawa kendaraan maka akan di kenakan tarif parkir yang berbeda yakni Rp 5 ribu untuk motor, dan Rp 10 ribu untuk mobil.

Wisata Gunung Pancar di buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Daya Tarik wisata Gunung Pancar

Ada beberapa objek di sana yang sekaligus menjadikan daya tarik wisata Gunung Pancar. Saat kamu memilih untuk menghabiskan waktu di sana, berikut beberapa daya tarik yang bisa kamu nikmati :

wisata gunung pancar

1. Hutan pinus hijau yang terhampar luas

Keindahan hutan Pinus nyatanya membuat siapapun yang datang ke wisata Gunung Pancar menjadi betah. Bagaimana tidak, udaranya yang sejuk serta pemandangannya yang menarik terbukti mampu menghilangkan lelah dan penat dari sibuknya aktifitas sehari-hari.

Baca Juga:  Fasilitas Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang Lengkap

Bahkkan tidak hanya pinus saja, nantinya kamu akan bisa menemukan jenis tanaman lain mulai dari Jamuju, Rasamala, Puspa, Rotan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Habitat hewan dan tumbuhan yang beraneka ragam

Daya tarik lainnya yang menjadikan Gunung Pancar banyak di pilih adalah koleksi dari berbagai habitat hewan dan aneka tumbuhan yang ada di sekitar.

Saat berkunjung kesana, kamu akan bisa menemukan berbagai hewan seperti ayam hutan, babi hutan, burung Kutilang, bahkan hingga Elang.

Untuk itu, pastikan kamu bisa menjaga kelestarian lingkungan agar flora dan fauna yang ada di sana menjadi berkembang dengan baik.

3. Pemandangan Alam sekitar

Gunung Pancar akan membawa kamu berada di ketinggian 300 hingga 800 Mdpl. Oleh karena itu bukan tidak mungkin kamu akan bisa melihat keindahan wisata sekitarnya. Pannorama alam baik sunset maupun sunrise bisa kamu nikmati di waktu yang tepat.

Tentu hal ini nantinya akan memberikan pengalaman berlibur yang berbeda dan menyenangkan.

4. Tempat upacara

Dalam beberapa waktu, mungkin kamu akan melihat tokoh keagaaman yang melakukan upacara keagamaan di sana. Hal ini di karenakan Gunung Pancar di percaya menjadi tempat untuk mencari wangsit dan sejenisnya.

Menariknya lagi, pengunjung juga di perbolehkan untuk mengikuti acara tersebut. Hanya saja kamu harus mendapatkan izin terlebih dahulu dan berhati-hati saat berkunjung ke area makam.

Aktifitas wisata Gunung Pancar

Selain daya tariknya yang menjadikan Gunung Pancar banyak di kunjungi. Kamu juga akan bisa melakukan berbagai aktifitas seru dan menyenangkan di dalamnya. Berikut ini beberapa aktifitas wisata yang ada di Gunung Pancar :

wisata gunung pancar
  • Camping
    Aktifitas berkemah yang biasanya di lakukan oleh para pendaki. Namun kamu juga bisa memilih paket wisata camping yang di sediakan oleh pihak pengelola. Dengan begitu nantinya kamu tidak perlu membawa perlengkapan camping sendiri.
  • Outbond
    Tidak hanya camping, pihak pengelola juga menyediakan paket Outbond yang bisa diikuti oleh semua kalangan baik anak sekolah maupun perusahaan.
  • Glamping
    Terdapat berbagai fasilitas yeng lengkap yang terbilang lebih mewah jika dibandingkan dengan camping. Kamu bisa memilih paket Glamping yang disediakan oleh pihak pengelola untuk menikmati suasana malam dengan perasaan aman dan terang.
Baca Juga:  Daya Tarik Wisata Tumurun Private Museum, Tiket Masuk Gratis !

Nah itulah beberapa informasi mengenai wisata Gunung Pancar yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu berada di area Jabodetabek, pastikan untuk mencoba menghabiskan waktu di tempat wisata ini.

Baca juga :

***