Cityawesome.com – Makam bung Karno. Apakah kita bisa berkunjung ke makam Bung Karno? Jawabannya adalah Iya! Bahkan Makam Bung Karno sendiri saat ini sekaligus di jadikan tempat wisata untuk mengenal akan sejarah kemerdekaan Indonesia. Berlokasi di Blitar, kamu akan merasakan nuansa nasionalisme saat masuk ke area makam.

Berkunjung ke makam Bung Karno memungkinkan kamu untuk melakukan ziarah sekaligus berlibur di museum dan perpustakaan yang tersedia.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Untuk kamu yang belum tahu, Makam Bung Karno berlokasi di Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Sananwetan, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66133. Di mana untuk lokasinya sangat mudah di jangkau yakni bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

makam bung karno

Hal lain yang membuat makam Bung Karno ini menarik adalah harga tiketnya sangat murah dan terjangkau. Di mana dengan Rp 3 ribu kamu sudah bisa menikmati keindahan sejarah yang ada disana.

Jam operasional dari makam sang proklamator ini di buka setiap hari mulai dari jam 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Jangan heran jika kamu menemukan ramai berkunjung setiap harinya untuk berziarah.

Daya tarik dan aktivitas wisata

Saat baru berkunjung ke makam Ir Soekarno, kamu akan menemukan gapura agung yang menjadi penanda masuknya di area makam ayah dan ibu Soekarno. Selain itu gapuranya sendiri menghadap ke selatan dan memiliki bentuk yang serupa dengan bangunan khas Bali.

Kemudian setelah melewati gapura, maka kamu akan melihat langsung makam Ir Soekarno yang berada di dalam pendopo.

makam bung karno

Menurut sejarahnya, makam Ir Soekarno sempat di beri dinding kaca untuk di jadikan sekat antara ruangan dan peziarah. Namun seiring berjalannya waktu, sekat kaca yang di bangun akhirnya di bongkar hingga peziarah bisa berdiri lebih dekat dengan makam dan menabur bunga.

Baca Juga:  6 Fakta Menarik Tentang Desa Budaya Mampang di Kalimantan

Untuk nisan makam Ir Soekarno terbuat dari batu alam besar berwarna hitam. Lalu pada bagian permukaan nisan bertuliskan ” Disini Dimakamkan Bung Karno”. “Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Penyambung Lidah Rakyat.”

Di sebelah kanan batu nisan terdapat bendera Merah Putih dan sebelah kirinnya terdapat bendera Kuning.

makam bung karno

Apa saja aktivitas yang bisa di lakukan di makam Bung Karno? Berikut beberapa aktivitas wisatanya :

1. Belajar sejarah di Museum Bung Karno

Di makam Ir Soekarno terdapat museum yang memungkinkan kamu untuk belajar sejarah di dalamnya. Ada banyak benda bersejarah bung Karno dan mulai dari koleksi foto, lembaran uang rupiah kuno, koper tua milik bung Karno, hingga beragam lukisan yang memukau.

2. Menyaksikan film dokumenter

Tidak hanya museum, nyatanya makam bung Karno juga di lengkapi dengan perpustakaan dengan banyak koleksi buku bersejarah mengenai perjuangan bung Karno. Selain itu untuk arsitektur bangunannya juga sangat minimalis sehingga membuat siapapun betah berlama-lama di dalamnya. Menariknya lagi, di perpustakaan tersebut nantinya kamu akan bisa menyaksikan film dokumenter. Namun film dokumenter diputar di hari tertentu saja.

3. Gong perdamaian

Pada bagian belakang museum dan perpustakaan, kamu akan melihat gong di pelataran kompleks. Di mana gong tersebut adalah gong perdamaian atau World Peace Gong dengan diameter 2,5 meter. Selain itu gong tersebut di dapat dari sumbangan The World Peace Committee yang bertujuan untuk mengingatkan perdamaian dunia sehingga tidak ada perang dan konflik lagi.

Kemudian pada permukaan gong, ada sekitar 9 simbol agama dan bendera dari 202 negara. Bahkan tidak hanya di makam Bung Karno saja, gong tersebut juga ada di Bali, Ambon, dan Palu.

Baca Juga:  6 Masjid Terbesar dan Termegah di Asia Tenggara

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai daya tarik dan aktivitas makam Bung Karno yang bisa di kunjungi. Lebih dari itu nantinya kamu akan bisa berburu oleh-oleh di deretan toko pada kawasan makam. Ada berbagai macam item yang dijual dengan harga terjangkau mulai dari gantungan kunci, gelang, lukisan, foto, kaos, bahkan hingga patung bung Karno.

Baca Juga :

***