Cityawesome.com – Wisata Situ Rawa Kalong. Jabodetabek tidak hanya terkenal sebagai kota metropolitan saja. Melainkan ada banyak objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Seperti pada Situ Rawa Kalong yang berlokasi di Depok, kamu bisa melakukan beragam aktivitas menarik sehingga memberikan pengalaman berlibur yang sulit di lupakan.

Situ Rawa Kalong di lengkapi dengan pemandangan alam berupa panorama danau dengan di kelilingi pepohonan yang rindang. Lebih dari itu, udara sekitar danau juga sangat sejuk dengan kondisi alam yang masih asri.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan objek wisata ini, berikut uraiannya untuk bisa menjadi referensi !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Situ Rawa Kalong berlokasi di Kelurahan Curug, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Indonesia, 16453. Tepatnya hanya berjarak sekitar 3 KM dari Jalan Margonda Raya dan tidak jauh dari kantor walikota Depok. Menariknya lagi, tiket yang di kenakan untuk bisa menikmati pemandangan alam di sana gratis. Sehingga Situ Rawa Kalong menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak menguras kantong.

wisata situ rawa kalong

Jam operasional dari objek wisata ini di buka setiap hari selama 24 jam. Kamu bisa mengunjunginya kapanpun sesuai dengan keinginan. Namun pastikan untuk tetap menjaga kebersihan area sekitar danau.


Aktivitas wisata Situ Rawa Kalong

Jika berbicara mengenai sejarahnya, Situ Rawa Kalong tidak lain adalah danau biasa yang tidak terawat. Namun pemerintah melakukan revitalisasi besar-besaran hingga menjadi salah satu objek wisata menarik di Depok.

wisata situ rawa kalong

Selain itu ada beragam aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung kesana. Adapun beberapa aktivitas tersebut adalah :

1. Olahraga

Tidak jarang Situ Rawa Kalong di jadikan sebagai tempat untuk berolahraga. Terlebih lagi di dekat kawasan danau terdapat banyak pepohonan hijau yang cocok untuk jogging dan bersepeda. Selain itu kondisi jalannya juga sangat halus dan banyak di lalui oleh pejalan kaki. Selanjutnya jika ingin beristirahat, maka kamu bisa sekedar duduk dan bersantai di beton yang tersebar di sekitar area danau.

Baca Juga:  Berkunjung ke Wisata Keluarga De Wisdom Garut, Serasa di Bali !

2. Sekedar bersantai dan menghabiskan waktu

Aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan saat berkunjungi ke Situ Rawa Kalong adalah menghabiskan waktu untuk sekedar bersantai. Saat menjelang sore hari, keindahan danau memungkinkan kamu untuk bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam.

3. Memancing

Jika kamu memiliki hobi memancing, kamu bisa melakukan aktivitas ini saat berkunjung ke Situ Rawa Kalong. Terutama di salah satu titik yang berada di sisi kiri jembatan apung pintu masuk, kamu akan melihat banyak pengunjung yang melakukan aktivitas memancing. Selain suasananya yang sepi, jumlah ikan di sana juga cukup banyak. Dengan begitu akan lebih mudah untuk kamu mendapatkan hasil pancingan dalam waktu singkat.

4. Bermain air

Bermain air menjadi salah satu aktivitas wisata yang sayang untuk dilewatkan. Pihak pengelola Situ Rawa Kalong sendiri menyediakan wahana permainan air seperti Kano dan perahu kayuh berbentuk mobil. Namun untuk bisa menikmatinya, tentu kamu di haruskan membayar tiket terlebih dahulu.

5. Swafoto kekinian

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Situ Rawa Kalong namun tidak mengambil gambar sebanyak-banyaknya. Objek wisata ini memiliki salah satu spot yang selalu ramai yakni Jembatan Apung. Sesuai dengan namanya, jembatan ini terkesan unik karena mengapung di atas air sehingga membuat pengunjung banyak yang tertarik.

Namun sayangnya, Jembatan Apung ini tidak beroperasi setiap hari melainkan hanya weekend saja. Terlebih lagi operasionalnya di bagi menjadi 2 sesi yakni pada sesi pertama jam 08.00 sampai 10.00 WIB dan sesi kedua pada jam 15.00 sampai dengan 17.00 WIB.


Fasilitas wisata Situ Rawa Kalong

Meskipun tiket masuknya gratis, namun fasilitas wisata Rawa Kalong terbilang cukup memadai. Nantinya saat berkunjung kesana maka kamu akan menemukan beragam fasilitas seperti :

wisata situ rawa kalong
  • Tempat parkir yang cukup luas
  • Toilet
  • Beragam warung makan
  • Taman mural berbentuk karakter disepanjang jalan
Baca Juga:  Alam Wisata Cimahi : Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik !

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai wisata Situ Rawa Kalong yang menarik untuk dikunjungi. Karena lokasinya juga yang tidak begitu jauh dari pusat kota, Situ Rawa Kalong bisa menjadi rekomendasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga :

***