Cityawesome.com – Taman Nasional Way Kambas. Taman Nasional merupakan salah satu rekomendasi wisata yang bisa kamu kunjungi untuk sekaligus belajar mengenai alam. Salah satu taman nasional yang cukup populer adalah Way Kambas. Lokasinya berada di Lampung, di mana kamu bisa belajar ekosistem alami sekaligus gajah yang tinggal di sana.

Bahkan tidak hanya populer akan gajahnya saja, Taman Nasional Way Kambas di lengkapi dengan beragam flora dan fauna yang tumbuh dengan sempurna.

Nah untuk kamu yang tertarik berkunjung ke Taman Nasional ini, simak ulasan berikut untuk bisa di jadikan referensi.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Taman Nasional ini berlokasi di Jl. Taman Nasional Way Kambas, Labuhan Ratu, Lampung Timur, Lampung, Indonesia, 34194. Berjarak sekitar 90 KM dari pusat kota Bandar Lampung dan kamu membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk bisa sampai kesana.

taman nasional way kambas

Untuk tarif tiketnya sendiri, pihak pengelola Taman Nasional Way Kambas menetapkan tarif yang cukup bervariasi. Adapun rincian tiketnya adalah :

  • Pengunjung umum
    • Wisatawan Domestik Rp 5 ribu saat weekday, dan Rp 7 ribu saat weekend.
    • Wisatawan Asing Rp 150 ribu saat weekday, dan Rp 225 ribu saat weekend.
  • Rombongan Pelajar
    • Wisatawan Domestik Rp 3 ribu dan wisatawan asing RP 100 ribu.
  • Kegiatan wisatawan
    • Berkemah dan penulusuran hutan Rp 5 ribu untuk umum, dan Rp 2,5 ribu untuk pelajar.
    • Pengamatan kehidupan liar Rp 10 ribu untuk umum, dan Rp 5 ribu untuk pelajar.
    • Outbound Rp 150 ribu untuk umum, dan Rp 75 ribu untuk pelajar.
  • Kegiatan penelitian
    • Kurang dari 1 bulan Rp 100 ribu untuk wisatawan domestik, dan Rp 5 juta untuk wisatawan asing.
    • 1 sampai 6 bulan Rp 150 ribu untuk wisatawan domestik, dan Rp 10 juta untuk wisatawan asing.
    • 6 sampai 12 bulan Rp 250 ribu untuk wisatawan domestik, dan Rp 15 juta untuk wisatawan asing.
Baca Juga:  Info Lokasi, Jam Buka, dan Wahana Terbaru Ricastro Waterzone

Jam operasional dari Taman Nasional Way Kambas yakni di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Daya tarik dan aktivitas wisata Taman Nasional Way Kambas

Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang tertarik untuk berkunjung ke Way Kambas. Hal ini di karenakan daya tarik wisatanya sehingga kamu bisa melakukan beragam aktivitas menarik. Saat berkunjung kesana, nantinya kamu bisa melakukan beragam aktivitas seperti :

taman nasional way kambas

1. Melakukan aktivitas Trekking

Way Kambas berdiri di atas lahan yang cukup luas yakni mencapai sekitar 125 hektar. Di dalamnya terdapat beragam flora dan fauna yang terkenal akan alamnya yang masih asri. Lebih dari itu, Way Kambas menjadi kawasan pelestarian alam untuk melindungi berbagai satwa liar.

Lokasinya yang berada di kawasan Lembah dengan area savana, hutan, dan sungai. Nantinya kamu bisa melakukan aktivitas trekking sekaligus melihat gajah yang sedang mandi.

taman nasional way kambas

2. Sebagai pusat konservasi Gajah

Jika berbicara mengenai Way Kambas, sudah tidak asing lagi objek wisata ini dengan hewan gajahnya. Lebih dari itu, Way Kambas juga di jadikan sebagai pusat konservasi gajah yang di tempatkan dalam Pusat Latihan Gajah. Hal ini bertujuan agar gajah menjadi lebih terlatih dan tidak menyerang manusia.

Gajah yang ada di sana, dilatih dengan berbagai latihan mulai dari menangkap, atraksi, bahkan hingga melakukan pekerjaan lain. Menariknya lagi, pengunjung juga bisa melihat langsung atraksi yang di lakukan oleh gajah.

Nah itulah informasi sekilas mengenai Taman Nasional Way Kambas yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu memilih Lampung sebagai provinsi tujuan wisata, sempatkan untuk mampir di kawasan Taman Nasional yang satu ini.

Baca Juga :

Baca Juga:  8 Festival Jepang Paling Populer Sepanjang Tahun

***