Cityawesome.com – Museum Wayang Jakarta. Di Indonesia tepatnya di Jakarta, ada banyak Museum yang bisa di jadikan sebagai tempat wisata edukasi. Terlebih setiap museum memiliki sejarah panjang hingga bisa berdiri dan di kenal oleh banyak orang. Nah berbicara tentang museum, kamu bisa berkunjung ke Museum Wayang yang cukup populer di Jakarta.

Di dalamnya terdapat berbagai karya seni perwayangan dan tidak jarang juga tersedia berbagai pertunjukan wayang oleh para dalang yang sudah terlatih dan profesional.

Menarik untuk berkunjung? Simak beberapa ulasan mengenai Museum Wayang ini !

Sejarah Museum Wayang

Berbicara mengenai sejarah Museum Wayang, siapa sangka bahwa bangunan ini sebelumnya adalah bekas gereja milik Belanda. Selain itu bangunannya pertama kali di bangun pada tahun 1640 dan di dirikan oleh kelompok kolonial Belanda VOC. Pada awalnya bangunan tersebut di beri nama De Oude Hollandsche Kerk.

Hingga kemudian pada tahun 1733, bangunan ini di lakukan perbaikan sekaligus perubahan nama menjadi De Nieuwe Hollandsche Kerk. Seiring berjalannya waktu, bangunan yang di bangun oleh Belanda ini di alih fungsikan menjadi gudang dan di miliki oleh perusahaan Geo Wehry & Co tepatnya pada tahun 1912.

museum wayang jakarta

Pada tahun 1936, tepatnya pada tanggal 14 agustus, bangunan ini di jadikan monumen. Namun tidak berapa lama kemudian di beli oleh lembaga penelitian seni dan ilmu pengetahuan yakni Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen.

Selanjutnya pada tahun 1937, bangunan tersebut di ubah namanya menjadi Museum Batavia Lama. Hingga di serahkan kepada Lembaga Kebudayaan Indonesia tepatnya pada tahun 1957 dan namanya berubah kembali menjadi Museum Jakarta Lama.

museum wayang jakarta

Tidak lama setelahnya, LKI atau Lembaga Kebudayaan Indonesia menyerahkan museum tersebut ke Department Pendidikan dan Kebudayaan hingga di serahkan kepada Pemerintah DKI Jakarta pada tahun 1968.

Baca Juga:  Menguak Keindahan Wisata Lumpur Lapindo yang Mempesona

Tepatnya pada tanggal 13 Agustus 1975, Museum Jakarta Lama di alih fungsikan menjadi museum Wayang dan di resmikan oleh Gubernur DKI Jakarta kala itu yakni Ali Sadikin.

Tiket masuk dan Jam operasional

Berkunjung ke museum Wayang terbilang menjadi wisata edukasi dengan tarif tiket yang terjangkau. Selain itu harga tiketnya juga cukup bervariasi. Berikut rinciannya :

Rp 5 ribu untuk pengunjung dewasa dan Rp 2 ribu untuk anak-anak. Kemudian tarif tiket khusus pelajar dan mahasiswa yakni sebesar Rp 3 ribu untuk mahasiswa dan Rp 2 ribu untuk pelajar. Namun jika pengunjung datang dengan membawa rombongan minimal 30 orang, maka tarif tiket berubah menjadi Rp 3.750 (Dewasa), Rp 2.250 (Mahasiswa), Rp 1.500 (Pelajar dan anak-anak).

museum wayang jakarta

Ada beragam koleksi yang bisa di temukan oleh pengunjung saat datang ke museum wayang yakni mulai dari Wayang Kulit, Wayang Golek, Wayang Kardus, Wayang Rumput, Wayang Janur, Topeng, Boneka, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jam operasional yang berlaku di Museum Wayang yakni buka setiap hari Selasa hingga Minggu tepatnya pada pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Lokasi museum Wayang

Untuk kamu yang masih bingung atau berasal dari luar kota, Museum Wayang berlokasi di Kawasan Kota Tua Jakarta tepatnya di Jalan Pintu Besar Utama No. 27, Pinangsia, Kota Tua, Jakarta Barat.

Demikian informasi mengenai Museum Wayang Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Dapatkan informasi lengkap mengenai sejarah seni yang ada di Museum Wayang ini. Kamu bisa datang dengan membawa anak dan keluarga.

Baca Juga :

Baca Juga:  8 Kampung Adat di Indonesia yang Populer Hingga Mendunia

***