Cityawesome.com – Wisata Bukit Sikunir. Berlibur adalah hal yang paling di tunggu oleh kebanyakan wisatawan. Siapapun tentu ingin berlibur di tempat terindah agar mendapatkan pengalaman berbeda. Wonosobo bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Bukit Sikunir merupakan destinasi wisata Wonosobo yang lokasinya berada di daerah Dieng.

Terbilang cukup populer, kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit yang menakjubkan saat berkunjung kesana.

Selain itu ada berbagai aktivitas alam yang bisa di lakukan mulai dari camping, hiking, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah untuk kamu yang penasaran ingin berkunjung ke bukit Sikunir, pada artikel kali ini akan di berikan ulasan agar bisa menjadi sumber referensi.

wisata bukit sikunir

Info lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Alamat Bukit Sikunir berada di Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Tepatnya berjarak sekitar 22 KM dari pusat kota dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai kesana. Menariknya lagi, akses kendaraan menuju Bukit Sikunir sudah terbilang baik sehingga kamu bisa mengendarai kendaraan pribadi dengan lebih mudah.

Tarif tiket yang harus di bayarkan terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 15 ribu perorang. Namun tarif tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5 ribu untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil. Selain itu jika ingin mendirikan tenda, maka kamu akan di kenakan tarif tambahan sebesar Rp 10 ribu pertenda.

wisata bukit sikunir

Sedangkan untuk jam operasional wisata Bukit Sikunir di buka setiap hari mulai dari jam 02.00 dini hari sampai dengan 18.00 WIB.

Sebagai informasi tambahan, saat malam hari terlebih jika musim kemarau, suhu di sekitar bukit Sikunir bisa mencapai 0 derajat celcius. Oleh karena itu pastikan kamu membawa pakaian tebal dan alat keamanan yang lengkap.

Baca Juga:  Heha Sky View Jogja : Daya Tarik dan Wahana Seru Didalamnya !

Daya tarik dan aktivitas wisata Bukit Sikunir

Sesuai dengan namanya, destinasi yang satu ini tidak lain adalah bukit yang berada di ketinggian kurang dari 2.463 Mdpl. Hanya saja meskipun lokasinya berada di ketinggian, namun treknya tidak terlalu panjang karena masih dekat dengan desa Sembungan.

wisata bukit sikunir

Lalu apa saja daya tarik yang ada di wisata Bukit Sikunir? Berikut beberapa di antaranya :

1. Keindahan matahari terbit

Bukit Sikunir merupakan salah satu destinasi yang populer untuk melihat keindahan matahari terbit. Panorama yang sangat menawan menjadi alasan banyak pengunjung menginap dan menghabiskan waktu fajar di sana. Lebih dari itu, pemandangan lain yang bisa di saksikan saat berada di puncak adalah Gunung tinggi populer yang ada di Jawa.

Memungkinkan kamu untuk bisa sekaligus melihat keindahan Gunung Sumbing, Sindoro, Prau, Merapi, bahkan hingga Merbabu.

Jika cuaca sedang mendukung, biasanya akan ada kabut tipis yang menyelimuti puncak Sikunir. Menambah keindahan matahari yang baru muncul, kamu bisa mengabadikannya dengan jepretan kamera.

2. Trekking Santai

Aktivitas lainnya yang menarik untuk dilakukan adalah trekking. Tentu saja untuk bisa sampai ke puncak, maka kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu sekitar 30 menit. Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir karena jalan yang akan di lalui tidak terlalu berat dengan tangga yang terbuat dari tanah.

Namun jika musim penghujan maka kamu harus lebih berhati-hati. Hal ini di karenakan jalur akan menjadi licin.

3. Berkemah

Jika ingin bermalam di Bukit Sikunir, maka berkemah bisa menjadi pilihan terbaik untuk dilakukan. Kamu bisa mendirikan tenda di camping ground tepatnya di tepi Telaga Cebong. Namun yang harus diperhatikan adalah saat memilih untuk berkemah, maka pastikan agar menyiapkan semua peralatan keamanan seperti Jaket, Flysheet tenda, sleeping bag, dan beberapa yang lainnya.

Baca Juga:  Lokasi dan Harga Tiket Terbaru Wisata Bukit Waruwangi Serang

4. Memancing

Di Telaga Cebong, kamu bisa memancing ikan dan membawanya pulang. Ada beragam jenis ikan yang bisa di temukan di telaga ini seperti ikan Mas, Graskap, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu ikan di sana juga memang sengaja di lestarikan oleh penduduk dan pemerintah untuk menjaga ekosistem telaga agar tidak rusak. Oleh karena itu pengunjung dilarang memancing menggunakan jaring, pukat dan barang berbahaya lainnya.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai destinasi wisata Bukit Sikunir yang menarik untuk dikunjungi. Jika lelah bermain, kamu bisa mampir ke jejeran penjual makanan disana. Selain harga yang terjangkau, menu makanan yang tersedia juga sangat menggugah selera.

Baca Juga :

***