Pesona dan Daya Tarik Bukit Matang Kaladan di Kalimantan

Cityawesome.comDi Kalimantan Selatan, terdapat salah satu objek wisata alam yang menarik dan selalu ramai pengunjung. Bukit Matang Kaladan merupakan area perbukitan yang di lengkapi dengan keindahan panorama alam. Meskipun trek jalan menuju puncak cukup menantang, namun semuanya akan terbayar jika sudah mencapai puncak karena keindahannya sulit untuk dilupakan.

Di buka pertama kali pada tahun 2015, berikut adalah ulasan mengenai daya tarik dan aktivitas yang bisa di lakukan saat kamu berkunjung ke Bukit Matang Kaladan.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata Bukit Malang Kaladan beralamatkan di Desa Tiwingan Lama, Aranio, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia, 70671. Tepatnya berjarak sekitar 25 KM dari pusat kota Banjar dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk bisa sampai kesana.

Sedangkan tarif tiket yang harus di bayarkan sangat terjangkau yakni hanya Rp 5 ribu perorang. Hanya saja tarif tersebut belum termasuk spot foto sebesar Rp 5 ribu dan parkir kendaraan sebesar Rp 5 ribu untuk motor, Rp 10 ribu untuk mobil.

Sedangkan jam operasional wisata Bukit Matang Kaladan di buka setiap hari mulai dari jam 06.00 sampai dengan 18.00 WIB. Di sarankan agar datang hanya saat cuaca sedang cerah, hal ini di karenakan akses jalan menjadi licin jika kamu datang di musim hujan.

Daya tarik dan keindahan wisata Bukit Matang Kaladan

Merupakan area perbukitan, kamu akan menemukan danau cantik di bawah bukit Matang Kaladan. Oleh karena itu tidak heran jika wisata ini di samakan dengan Raja Ampat. Hanya saja yang membedakan adalah Raja Ampat dengan laut, namun Bukit Malang Kaladang dengan danau. Terlebih lagi keindahan alamnya cukup membuat siapapun menjadi kagum.

Dengan nuansa yang masih alami, Bukit Matang Kaladan di selimuti oleh hujaunya hutan yang bisa terlihat dari kejauhan.

Menariknya lagi, kamu bisa menaiki gardu pandang untuk bisa lebih puas melihat keindahannya dari ketinggian.

Hal yang harus di ketahui saat mengunjungi wisata Bukit Matang Kaladan adalah treknya yang cukup menantang. Di mana nantinya kamu harus menapaki hingga ribuan anak tangga menanjak dan curam. Selain itu ada 2 pilihan jalur yang bisa di pilih yakni jalur cepat tapi curam, atau jalur lambat tanpa tidak terlalu curam.

Namun jika kamu malas untuk berjalan kaki, di sana tersedia jasa ojek yang akan melewati jalur kedua. Di mana dengan menggunakan kendaraan bermotor, maka perjalanan akan menjadi lebih singkat yakni sekitar 15 hingga 20 menit saja.

1. Menikmati keindahan alam di Puncak Bukit

Jika sudah sampai di puncak bukit, maka semua lelahmu akan terbayar karena keindahan alamnya. Terlebih lagi suasana yang sejuk dengan angin berhembus kencang membuat badan menjadi lebih rileks. Selain itu dari atas bukit, kamu bisa melihat danau dengan gugusan bukit kecil yang bahkan terlihat sangat jelas. Jangan khawatir juga karena di puncak terdapat warung yang menjual makanan serta minuman.

2. Swafoto

Mengunjungi Bukit Matang Kaladan sangat di sayangkan jika tidak mengambil gambar apapun. Bagaimana tidak, saat mencapai puncak, maka kamu akan menemukan berbagai spot foto yang kekinian dan isntagramable. Adapun beberapa spot foto populer yang tersedia adalah rumah jamur, sarang burung raksasa, perahu, rumah terbalik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fasilitas wisata Bukit Matang Kaladan

Berbicara mengenai fasilitas wisata, tidak berbeda dengan destinasi pada umumnya. Ada beragam fasilitas penunjang yang bisa di manfaatkan oleh pengunjung seperti diantaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Jejeran warung makan

Nah itulah beberapa ulasan mengenai wisata Bukit Matang Kaladan yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur.

Baca Juga :

***