Info Lokasi, Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Air Terjun Batu Tilam

Cityawesome.comAir Terjun Batu Tilam merupakan salah satu rekomendasi wisata pilihan yang ada di Riau. Terbilang cukup populer, menjadikan wisata satu ini selalu ramai pengunjung setiap harinya. Air terjun satu ini memiliki beberapa tingkatan air yang bervariasi lengkap dengan pemandangan alam yang menawan.

Selain itu airnya sangat jernih sehingga tidak sedikit pengunjung yang melakukan aktivitas berenang. Pihak pengelola sendiri selalu menjaga kebersihan area wisata agar tidak mencemari lingkungan

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata air terjun ini beralamatkan di Lubuk Bigau, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau 28471. Tepatnya berada di tengah desa dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam jika di tempuh dari pusat kota Riau.

Sedangkan untuk tarif tiket masuknya terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 5 ribu perorang untuk pengunjung domestik dan Rp 15 ribu perorang untuk pengunjung asing. Selain itu tarif tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3 ribu untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil.

Menariknya wisata air terjun Batu Tilam ini di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu nantinya kamu akan bisa bebas berkunjung kesana kapanpun sesuai dengan keinginan.

Daya tarik dan aktivitas wisata

Air terjun Batu Tilam memiliki daya tarik yang menjadikannya selalu ramai pengunjung. Setidaknya di sana terdapat beberapa tingkatan air dengan ukuran yang berbeda-beda mulai dari 10 hingga 150 meter. Selain itu sumber air terjun ini berasal dari resapan hujan dan pegunungan yang ada di sekitar.

Menariknya lagi di area air terjun terdapat tebing dengan ketinggian sekitar 7 meter. Tidak jarang pengunjung menjadikan tebing ini sebagai tempat untuk olahraga panjat tebing.

Selain daya tarik yang tersedia, berikut ini beberapa aktivitas yang bisa di lakukan di area wisata air terjun Batu Tilam :

  1. Camping
    Terlebih saat hari libur, banyak pengunjung yang menjadikan wisata ini sebagai tempat untuk camping. Hal ini di karenakan pihak pengelola menyediakan lahan yang cukup luas untuk sekedar di dirikan tenda.
  2. Berenang
    Kurang lengkap rasanya jika datang ke air terjun Batu Tilam namun tidak melakukan aktivitas bermain air seperti berenang. Hanya saja kamu harus lebih berhati-hati karena di dalam air terdapat batu-batuan yang licin.
  3. Piknik
    Piknik bisa menjadi pilihan seru yang bisa di lakukan bersama teman dan keluarga. Terlebih lagi udara sekitar sangat terasa sejuk lengkap dengan tanaman hijau yang mengelilingi area wisata.
  4. Berswafoto
    Keindahan alam di sana bisa menjadi background terbaik untuk kamu mendapatkan gambar yang instagramable. Oleh karena itu tidak heran jika banyak anak muda yang sengaja datang hanya untuk mengambil gambar.

Fasilitas wisata air terjun Batu Tilam

Meskipun harga tiketnya cenderung murah, namun fasilitas di dalamnya cukup menjanjikan. Hal ini di lakukan oleh pihak pengelola agar pengunjung bisa merasa betah berlama-lama di sana. Berikut adalah beberapa fasilitas wisata Air Terjun Batu Tilam :

  • Area parkir yang luas
  • Jejeran gazebo untuk bersantai
  • Kamar mandi
  • Jejeran penjual makanan

Demikian penjelasan mengenai wisata air terjun yang populer di Riau ini. Jika memilih Riau sebagai tempat untuk berlibur, pastikan agar tidak melewatkan objek wisata alam terindah ini.

Baca Juga :

***