7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kediri yang Terkenal

Cityawesome.com – Oleh-oleh khas Kediri. Kota Kediri yang di kenal sebagai kota Tahu, nyatanya memiliki banyak rekomendasi tempat wisata menarik dan sering di kunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Nah jika kamu menghabiskan waktu di Kediri, sangat di sayangkan jika tidak membawa oleh-oleh khas di sana.

Langsung saja pada pembahasan utama. Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas Kediri yang bisa di beli untuk orang tersayang.

1. Gelang Jinetri

Untuk kamu yang belum tahu, Jinetri adalah salah satu pohon atau tanaman di mana sangat banyak tersebar di Kediri. Nah salah satu rekomendasi oleh-oleh yang cukup terkenal adalah Gelang Jinetri. Termasuk dalam kerajinan tangan, Gelang Jinetri sendiri terbuat dari biji Jinetri.

Bahkan tidak hanya gelang saja, pengrajin juga memanfaatkan biji Jinetri untuk membuat kalung, tali tas, gantungan kunci, dan berbagai hiasan menarik lainnya.

2. Gethuk Pisang

Jika biasanya gethuk terbuat dari singkong, oleh-oleh khas Kediri yang satu ini sedikit berbeda. Gethuk di buat dari campuran pisang, gula, dan garam. Sedangkan untuk pengolahannya dengan cara di kukus dan dibungkus menggunakan daun pisang.

Selain itu makanan khas satu ini bisa bertahan hingga 4 hari sehingga masih direkomendasikan sebagai oleh-oleh.

3. Keripik Bekicot

Mungkin kedengarannya sedikit aneh. Namun siapa sangka jika keripik bekicot bisa menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh saat menghabiskan waktu di Kediri. Memiliki citarasa yang gurih dan manis, pengolahannya sendiri terbilang cukup bersih dan terjamin.

Bekicot yang sudah di bersihkan nantinya akan di potong kecil-kecil untuk kemudian di goreng. Terlebih untuk produk seperti keripik ini terbilang cukup awet sehingga akan aman di bawa pulang.

4. Kopi Brotoseno

Merupakan salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Kediri. Kopi Brotoseno tidak lain adalah merek dagang yang sudah cukup terkenal bahkan sejak 1956. Ada berbagai variasi produk dari Kopi Brotoseno ini mulai dari kopi bubuk sachet, kopi botol, kopi gelas, bahkan hingga kopi kue.

Adapun kelebihan dari Kopi Brotoseno sendiri adalah ampas kopinya yang cenderung halus.

5. Sambel Tumpang

Orang Indonesia memang tidak bisa ketinggalan dengan yang namanya sambal. Nah jika berlibur ke Kediri, sebaiknya untuk tidak melewatkan sambal Tumpang sebagai salah satu rekomendasi oleh-oleh. Terbuat dari tempe semangit sebagai bahan utamanya yang kemudian di campurkan dengan santan dan gula.

Sambal Tumpang sangat lezat jika di sajikan bersamaan dengan nasi panas. Citarasanya sangat khas dan membuat siapapun ketagihan.

6. Tahu Takwa

Rekomendasi oleh-oleh khas Kediri lainnya yang menarik dan sayang untuk dilewatkan adalah Tahu Takwa. Merupakan tahu khas Kediri yang lebih padat di bandingkan dengan tahu pada umumnya. Selain itu saat di goreng, tahu ini cenderung lebih krispi.

Untuk warna kuning dari tahu takwa sendiri berasal dari campuran kunyit saat proses pengolahannya.

7. Tenun Ikat Bandar

Tidak hanya berupa aneka kuliner, rekomendasi oleh-oleh khas Kediri lainnya adalah Tenun Ikat Bandar. Bandar sendiri adalah sebuah daerah yang menjadi pusat pengrajin tenun ikat. Oleh karenanya pengunjung tidak akan merasa kesulitan untuk menemukan tenun ikat Bandar di sana.

Menariknya lagi Tenun Ikat Bandar memiliki beragam motif yang menarik seperti Kawung, Ceplok, Es lilin, Kali brantas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Kediri yang bisa di beli untuk di bawa pulang. Dari beberapa rekomendasi diatas, mana saja yang membuatmu tertarik?

Baca Juga :

***