7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jember, Mudah Dibawa Pulang !

Cityawesome.com – Oleh-oleh khas Jember. Saat berlibur, rasanya sayang sekali jika tidak membawa oleh-oleh. Seperti saat kamu berkunjung ke kota Karnaval atau Jember. Tidak hanya keindahan wisata saja, nyatanya Jember memiliki banyak oleh-oleh khas yang sayang untuk dilewatkan.

Lalu apa saja oleh-oleh khas Jember yang populer? Nah pada artikel kali ini akan di berikan beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Jember untuk di bawa pulang setelah berlibur. Simak ulasan berikut !

Oleh-oleh khas Jember

1. Brownies Tape

Sesuai dengan namanya, brownies Tape tentu akan terbuat dari bahan tape. Memiliki tekstur yang lembut, kamu bisa menjadikan brownies tape sebagai salah satu oleh-oleh khas Jember.

Bahkan untuk harganya juga terbilang sangat murah yakni di banderol dengan harga mulai dari Rp 20 ribuan. Jika berbicara rasa tentu tidak perlu di ragukan lagi. Bahkan brownies tape tersedia dengan berbagai varian rasa yang bisa di pilih.

2. Edamame

Merupakan salah satu makanan yang terbuat dari kedelai Jepang. Edamame sendiri seringkali di jadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang menghabiskan waktu di Jember. Memiliki citarasa yang lezat dan membuat siapapun ketagihan, Edamame banyak di jual di berbagai toko oleh-oleh Jember dengan harga yang terjangkau.

3. Jenang Waluh

Oleh-oleh khas Jember lainnya yang tidak kalah populer adalah Jenang Waluh. Sesuai dengan namanya, jenang satu ini di buat dengan campuran waluh atau labu kuning, ketan, dan santan.

Jenang waluh menjadi salah satu favorit kebanyakan wisatawan yang datang ke Jember. Bagaimana tidak, jenang waluh terkenal memiliki citarasa yang menggugah selera dan membuat siapapun ketagihan.

4. Pao Tape

Merupakan bapao yang terbilang cukup populer di Jember. Memiliki cita rasa yang berbeda, sesuai namanya bapao ini memiliki rasa dan aroma tape yang dominan. Namun jika tidak suka dengan rasa tape, maka kamu bisa mencoba aneka rasa lainnya mulai dari coklat, matcha, bahkan hingga kacang.

Selain itu untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal yakni di banderol sekitar Rp 6 ribuan saja per pcs.

5. Permen Suwar Suwir

Meskipun namanya sendiri terkesan unik, namun permen ini cukup populer dan sering di jadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan. Memiliki bentuk kotak memanjang, jika di lihat permen suwar suwir hampir serupa dengan dodol khas Jawa. Hanya saja yang membuatnya berbeda adalah bahan baku pembuatannya.

Permen Suwar Suwir memiliki tekstur yang renyah dan ada campuran asam. Menariknya lagi kamu bisa menemukan berbagai varian rasa yang menarik seperti rasa buah, kacang, susu, coklat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Pia Tape

Jember memang terkenal dengan olahan tape. Oleh karena itu tidak heran jika banyak oleh-oleh khas di sana yang terbuat dari bahan tape. Seperti salah satunya adalah pia tape ini yang tidak boleh di lewatkan begitu saja. Jika pia pada umumnya berisikan kacang hijau, berbeda dengan pia tape yang berisikan tape.

Selain itu untuk proses pembuatannya juga tidak jauh berbeda yakni dengan perpaduan beberapa bahan seperti tepung, gula, garam, dan metega. Menariknya lagi harga dari pia tape tidak terlalu mahal yakni hanya sekitar Rp 15 ribuan saja.

7. Prol Tape

Rekomendasi oleh-oleh khas Jember lainnya yang gampang dibawa pulang adalah Prol Tape. Terbuat dari campuran beberapa bahan seperti tape singkong, tepung, susu, gula, dan mentega hingga menghasilkan rasa prol yang susah untuk dilupakan.

Untuk harganya sekitar Rp 20 ribuan dan dilengkapi berbagai varian rasa terbaru yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Nah itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Jember yang mudah untuk dibawa pulang. Kamu bisa membagikan oleh-oleh tersebut kepada keluarga dan orang tersayang. Selamat berlibur !

Baca Juga :

***