Daya Tarik dan Keindahan Wisata Taman Tirta Gangga Bali

Cityawesome.comWisata di Bali memang tidak pernah ada habisnya. Seperti salah satunya adalah wisata Taman Tirta Gangga yang tidak lain adalah situs bersejarah. Lokasinya berada di Karangasem Bali, Taman Gangga di bangun pertaa kali oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem tepatnya pada tahun 1946. Adapun fungsi dari Taman Tirta Gangga ini adalah sebagai pemandian sekaligus tempat ibadah.

Sesuai dengan namanya, Taman Tirta Gangga terinspirasi dari Sungai Gangga yang di anggap suci bagi umat Hindu. Sama halnya dengan Taman Tirta Gangga yang juga di anggap suci karena merupakan sumber mata air alami dari tanah.

Tertarik untuk berkunjung ke Taman Tirta Gangga? Berikut adalah informasinya untuk menjadi referensi kunjungan !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Taman Tirta Gangga berlokasi di Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Karangasem, Bali, Indonesia, 80852. Tepatnya hanya berjarak sekitar 6 KM saja dari pusat kota Amlapura.

Untuk tarif masuk wisata Taman Tirta Gangga sendiri terbilang cukup bervariasi namun masih bisa di katakan terjangkau. Berikut adalah rinciannya :

  • Tiket masuk wisatawan Domestik Rp 15 ribu untuk anak-anak dan Rp 25 ribu untuk dewasa
  • Tiket masuk wisatawan asing Rp 50 ribu
  • Jukung atau boat tradisional Rp 20 ribu
  • Tiket masuk kolam renang Rp 10 ribu

Sedangkan jam operasional dari wisata Taman Tirta Gangga di buka setiap hari mulai dari jam 07.30 sampai dengan 18.30.

Wahana dan aktivitas wisata Taman Tirta Gangga

Jangan heran jika kamu berjumpa dengan banyak wisatawan asing saat berkunjung ke Taman Tirta Gangga. Bagaimana tidak, di dalamnya terdapat beragam wahana sekaligus aktivitas menarik yang sayang untuk di lewatkan.

Gerbang masuk dari istana ini di sebut dengan the heaven gate. Fungsinya adalah sebagai tempat ibadah, sehingga jika melewati gerbang pastikan kamu untuk menjaga etika.

Lalu apa saja yang bisa di lakukan di Taman Tirta Gangga? Berikut beberapa di antaranya :

1. Keindahan panorama alam

Taman satu ini berada di tengah sawah dan perbukitan hijau. Keindahan penorama alam terbilang masih sangat asri. Karena lokasinya berada di ketinggian, udara di sana terasa sangat dingin dan sejuk. Kemudian saat mulai memasuki gerbang utama, maka wisatawan akan di sambut dengan tempat pemandian yang indah.

Menariknya lagi kamu akan melihat pemandangan gunung agung yang memanjakan mata. Terlebih dalam kondisi aktif, Memungkinkan pengunjung untuk melihat percikan lava dan abu secara langsung.

2. Kompleks Taman Pertirtaan

Sebagai informasi tambahan, Taman Tirta Gangga di bangun dengan bentuk memanjang seluas 1,2 hektar. Memiliki setidaknya 3 tingkatan, Kompleks taman ini meliputi tempat suci, mata air, bangunan pelindung mata air, dan menara air.

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga akan menemukan beberapa kolam, arca, tempat pemeliharaan ikan hias, dan tanaman.

3. Sucinya air Tirta Gangga

Seperti pada penjelasan sebelumnya, air di wisata Tirta Gangga ini dianggap suci karena berasal dari sumber mata air alami. Selain itu kondisi airnya sendiri cenderung bersih dan jernih sehingga isa digunakan untuk minum. Hal tersebut jugalah yang menjadikan air Tirta Gangga ini disakralkan oleh masyarakat Hindu Bali.

4. Wisata air

Untuk kamu yang menyukai aktivitas air, pastikan untuk tidak ketinggalan bermain di Taman Tirta Gangga ini. Di sana terdapat taman rekreasi berupa kolam renang. Menariknya lagi kolam di sana tidak hanya di tujukan untuk anak-anak saja melainkan juga orang dewasa.

Selain kolam renang, aktivitas air lainnya yang bisa di lakukan adalah berkeliling kolam menggunakan perahu.

Dengan kapasitas 3 hingga 5 orang, perahu di sana akan membawamu berkeliling menelusuri area perairan yang serupa dengan sungai.

Fasilitas wisata Taman Tirta Gangga

Termasuk dalam salah satu objek wisata yang selalu ramai pengunjung, Taman Tirta Gangga memiliki beragam fasilitas yang cukup lengkap. Hal ini tidak lain adalah sebagai penunjang untuk membuat wisatawan menjadi betah. Adapun beberapa fasilitas diantaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Area penginapan
  • Jejeran restoran

Nah itulah beberapa informasi mengenai wisata Taman Tirta Gangga yang menarik untuk dikunjungi. Semoga saja informasi ini bisa membantu kamu yang merasa bingung untuk memilih objek wisata saat berada di Bali. Selamat berlibur !

Baca Juga :

***