Fakta Pulau Heard dan Kepulauan McDonald yang Tersembunyi

Cityawesome.com – Pulau Heard dan Kepulauan McDonald. Pernahkah kamu mendengar istilah Pulau Heard atau Pulau McDonald? Pulau tersebut tidak lain adalah pulau terpencil dan bisa di katakan tersembunyi. Bahkan keberadaannya sendiri sulit di temukan dari sisi laut dan sering bersembunyi di balik awan tebal.

Kecanggian teknologi saat ini membantu kita semua untuk belajar tentang penemuan baru seperti salah satunya adalah Puau Heard. Penasaran tentang pulau Heard atau Pulau McDonald? Mari kita bahas bersama !

Sejarah penemuan Pulau Heard

Berdasarkan sejarahnya, Pulau Heard sendiri pertama kali di temukan oleh pelaut asal Amerika yang sedang berlayar yakni John Heard. Di mana dulunya ia menggunakan kapal Oriental tepatnya pada tahun 1853 saat perjalanan dari Boston menuju Melbourne.

Selanjutnya ia melaporkan penemuan pulau tersebut sekitar 1 bulan sejak pertama kali melihatnya. Oleh karena itu dia menamai pulau misterius tersebut dengan nama belakangnya yakni Heard.

Kemudian setelah 6 minggu setelah penemuan Pulau Heard tepatnya pada tahun 1854, William McDonald menemukan kepulauan McDonald saat sedang berlayar menggunakan kapal Semarang.

Daerah Teritori Australia

Pulau Heard dan Kepulauan McDonald sendiri termasuk dalam kepulauan Vulkanik Sub-Antartika yang berada di Samudera Hindia. Selain itu kemunculannya berada di atas dataran tinggi vulkanik bawah laut Kerguelen.

Adapun kepulauan tersebut berjarak sekitar 1.600 KM dari Antartika, 4.000 KM dari barat daya Australia dan mencakup luas area sekitar 660 ribu hektar yakni 37 ribu hektarnya adalah daratan.

Tepatnya pada tahun 1910, Inggris mengklaim secara resmi kedua pulau tersebut. Namun pada tahun 1947, Inggris memberikan wilayah tersebut kepada Australia. Sehingga pulau Heard dan McDonald saat ini berada di bawah pemerintah Australia.

Gunung Api Aktif

Pulau Heard sendiri menjadi rumah bagi salah satu gunung berapi aktif di Australia. Di mana gunung tersebut memiliki ketinggian sekitar 2,745 Mdpl dan di tutupi dengan salju. Bahkan sekitar 80 persen dari keseluruhan pulau Heard juga di tutupi oleh es. Hal ini di karenakan pada area Big Ben tepatnya di tengah pulau Heard terdapat 14 sungai es dengan nama yang berbeda-beda.

Selain itu menurut catatan resmi, pendaratan di pulau ini terjadi pertama kali pada tahun 1855. Tepatnya oleh kelompok pemburu anjing laut yang berasal dari Korintus dan di pimpin oleh Erasmus Darwin Rogers.

Pada masa pelayarannya sejak tahun 1855 hingga 1880, sejumlah pemburu anjing laut dari Amerika tinggal di pulau tersebut selama 1 tahun tepatnya di Oil Barrel Point.

Hingga tahun 2000, setidaknya ada sekitar 5 ekspedisi di pulau Heard ini. Seperti salah satunya beberapa operator radio amatir yang sering di kaitkan dengan ekspedisi ilmiah.

Penghuni Pulau

Menjadi pulau terpencil yang ada di dunia, Pulau Heard sendiri di sebut sebagai area Furious Fifties yang merupakan istilah maritim untuk tempat yang memiliki hembusan angin barat yang kencang.

Adapun penghuni dari pulau Heard dan McDonald adalah tumbuhan dan hewan yang hidup secara alami. Setidaknya ada sekitar 19 spesies burung yang hidup di sana, kemudian ada penguin, ikan, dan berbagai satwa liar lainnya seperti anjing laut dan gajah.

Pulau Heard dan kepulauan McDonald saat ini sudah terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO tepatnya pada tahun 1997. Selain itu pulau tersebut juga sangat di lindungi dan siapapun yang ingin mengunjungi harus mendapatkan izin dari Divisi Antartika Australia.

Demikian penjelasan tentang pulau misterius di dunia yakni Pulau Heard dan McDonald. Meskipun tertarik pergi kesana, namun kemungkinannya sangat kecil untuk kamu mendapatkan kesempatan tersebut. Hal ini dikarenakan pulau tersebut tidak di buka untuk umum apalagi sebagai destinasi wisata.

Baca Juga :

***