Info Lokasi, Keindahan, dan Daya Tarik Bukit Senyum Cipada

Sesuai dengan namanya, Bukit Senyum di Cipada juga akan membuat pengunjung tersenyum. Merupakan salah satu destinasi wisata alam Bandung yang wilayahnya di kelilingi oleh pegunungan. Menariknya untuk mencapai ke puncak bukit ini, kamu tidak perlu melakukan pendakian. Keindahan alam di sana tentu tidak perlu di ragukan lagi. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa banyak pengunjung datang setiap harinya.

Jika kamu penasaran, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa penjelasan mengenai Bukit Senyum untuk bisa menjadi referensi wisata.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Bukit Senyum beralamatkan di Kp. Pasir Manggu, Desa Cipada, Cikalong Wetan, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40556. Tepatnya berjarak sekitar 40 KM dari pusat kota Bandung dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai kesana.

Adapun untuk tarif tiket yang berlaku terbilang cukup terjangkau dengan rincian sebagai berikut :

  • Tiket masuk Rp 10 ribu
  • Tiket camping Rp 15 ribu
  • Flying Fox, Istana Balon, Mini Trail, dan Odong-odong Rp 10 ribu
  • Taman bermain Rp 5 ribu

Selain itu harga tarif masuk di atas belum termasuk biaya parkir kendaraan yakni Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Jam operasional wisata Bukit Senyum Cipada di buka setiap hari mulai dari jam 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Namun jika ingin melakukan aktivitas camping, maka jam operasional berjalan selama 24 jam.

Sejarah Penamaan Bukit Senyum Cipada

Memiliki nama yang cenderung unik, bukit ini berada di lereng gunung Burangrang. Adapun di beri nama senyum tentunya bukan tanpa alasan. Di mana menurut cerita masyarakat, penamaannya berasal dari perkataan spontan dari seseorang yang bernama Sugondo. Sugondo sendiri tidak lain adalah anggota kelompok tani Hutan Rimba Sejahtera.

Pada saat itu, Sugondo selalu melihat orang yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Hutan tersenyum saat tiba di atas bukit. Terlebih karena keindahan alam di sekitarnya, hal itulah yang menyebabkan Sugondo menyebut dengan spontan Bukit Senyum.

Daya tarik dan keindahan Wisata Bukit Senyum Cipada

Bukit Senyum terkesan menjadi tempat yang tersembunyi. Hal ini di karenakan lokasinya yang di selimuti pepohonan rindang dan membutuhkan jiwa petualangan untuk bisa sampai kesana. Lokasinya sendiri berada di ketinggan 1.300 Mdpl, yang memungkinkan pengunjung untuk melihat keindahan kota Bandung dari atas.

Selain itu kamu bisa melihat keindahan gunung yang menjulan dengan tinggi dan danau yang begitu luas. Udara disekitar bukit juga cenderung sejuk karena berada di lereng gunung dan di lengkapi dengan pepohonan hutan pinus.

1. Jejeran spot foto kekinian

Karena sangat mudah untuk kamu menemukan pemandangan eksotis di sana, jejeran spot foto juga bisa menjadi salah satu aktivitas menarik. Terlebih kontuk alam di sana masih berliku sehingga cocok untuk dijadikan sebagai background gambar. Tidak hanya itu saja, pengelola juga menyediakan gardu pandang yang terbuat dari kayu lengkap dengan pagarnya sebagai pengaman.

Adapun spot foto menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah jembatan buntu dan terbuat dari bambu.

2. Hammock untuk bersantai

Jika ingin bersantai, pihak pengelola juga tidak ketinggalan menyiapkan hammock bahkan hingga saung. Tidak jauh dari jembatan bambu, kamu bisa menemukan hammock yang berwarna warni diantara pohon pinus. Sebagai informasi tambahan, adapun hammock yang tersedia untuk disewakan namun dengan harga yang relatif terjangkau.

Jika tidak ingin menggunakan hammock, kamu bisa memilih di saung bambu yang menampung hingga 10 orang.

Fasilitas wisata Bukit Senyum Cipada

Pengelola Bukit Senyum Cipada melengkapi berbagai fasilitas sebagai penujang. Hal ini dilakukannya agar pengunjung merasa betah berlama-lama disana. Adapun beberapa fasilitas diantaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Jejeran warung makan
  • Toilet

Nah itulah ulasan mengenai wisata Bukit Senyum Cipada yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Dapatkan informasi menarik lainnya mengenai wisata dan liburan di situs Cityawesome. Selamat berlibur !

Baca Juga :

***