Wisata Pulau Kalimantung: Biaya Penyebrangan dan Fasilitas !

Wisata Pulau Kalimantung – Di Tapanuli Tengah, ada sebuah pulau yang menjadi salah satu destinasi wisata menarik. Namanya adalah Pulau Kalimatung di mana terdapat keindahan bawah laut yang menakjubkan. Selain itu pulaunya juga terkenal cukup tenang lengkap dengan lautan biru dan pasir yang putih. Tentu lokasi ini sekaligus menjadi tempat terbaik jika kamu ingin snorkeling.

Untuk kamu yang belum tahu, Pulau Kalimantung sendiri berada di kawasan kepulauan Mursala Sumatera Utara. Tidak hanya ramah bagi pengunjung berasa, laut di sana juga memiliki spot yang dangkal sehingga aman untuk anak-anak.

Tertarik berkunjung ke Pulau Kalimantung, pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai bagaimana cara bisa sampai kesana sekaligus biaya apa saja yang di butuhkan.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Pulau Kalimantung beralamatkan di Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Indonesia, 22618. Tepatnya berjarak sekitar 30 KM dari Pantai kota Sibolga. Adapun biaya trip yang harus di bayarkan sudah termasuk kapal, snorkeling, konsumsi, dan p3k adalah mulai dari Rp 300 ribu perorang. Sedangkan biaya masuk pulau sekaligus restribusi kebersihan perrombongan adalah Rp 50 ribu. Selain itu start keberangkatan di mulai dari Pantai Kota Sibolga.

Jam operasional wisata Pulau Kalimantung di buka setiap hari selama 24 jam. Bahkan open jasa trip juga melayani hingga tengah malam jika ada pengunjung yang ingin nyebrang.

Daya tarik dan keindahan wisata Pulau Kalimantung

Pulau Kalimantung adalah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Mesipun begitu, pengelola selalu menjaga kebersihan area pulau sehingga tidak heran jika banyak pengunjung yang datang untuk menghabiskan waktu di sana.

1. Keindahan Pulau

Keindahan pulau Kalimatung memang terbilang eksotis dan seperti tidak pernah di jamah manusia. Hal ini di karenakan area pantai yang sangat tenang dan alamnya yang cukup asri. Tidak hanya itu saja, pasir pantai di pulau Kalimatung juga sangat putih, cerah dan lembut. Kemudian di tengah area pulau terdapat gundukan bukit yang di tumbuhi pepohonan.

2. Piknik

Salah satu aktivitas seru yang bisa di lakukan di sana adalah piknik. Di mana pengunjung bisa berekreasi sekaligus piknik di area bawah pohon tepi pantai. Selain itu kamu bisa sekaligus memanggang ikan yang di bawa dari kota. Namun di karenakan Pulau Kalimantung tidak ada orang berjualan, maka pengunjung di sarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri sebelum melakukan perjalanan.

3. Berenang

Jika sudah datang ke pantai, sangat di sayangkan jika kamu tidak sekaligus berenang. Air laut di Pulau Kalimantung ini sangat jernih terlebih airnya berwarna biru. Kamu juga bisa membawa ban pelampung agar bisa lebih bersantai. Menariknya lagi seperti pada penjelasan sebelumnya, pantai di Pulau Kalimantung ini aman untuk anak-anak karena kedalaman air yang cukup dangkal dan ombak yang tidak besar.

4. Snorkeling

Di karenakan keindahan laut yang cukup menakjubkan, tidak heran jika banyak aktivitas snorkeling di lakukan di Pulau Kalimantung. Memungkinkan kamu untuk melihat kehidupan bawah laut, bahkan ada beberapa paket open trip yang di lengkapi dengan fasilitas snorkeling.

5. Air terjun Pulau Mursala

Sebagai informasi tambahan, Pulau Kalimantung sendiri bersebelahan dengan Pulau Mursala yakni tepatnya hanya sekitar 3 KM saja. Nah di sana terdapat air terjun pinggir laut yang cukup diandalkan sebagai destinasi wisata Pulau Mursala. Jika kamu berkunjung ke Pulau Kalimantung, tidak ada salahnya jika mampir ke air terjun wisata ini.

Fasilitas wisata Pulau Kalimantung

Di Pulau Kalimantung, pengunjung bisa menemukan beragam fasilitas penunjang yang disediakan oleh pihak pengelola. Hal tersebut tentu akan membuat pengunjung merasa betah saat berlama-lama disana. Adapun salah satu fasilitasnya adalah jejeran pondok sekaligus tempat beristirahat.

Selain itu setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan agar sampai ke pulau ini. Dimana pengunjung bisa menggunakan trasnportasi laut seperti speed boat dari pantai Sibolga atau bisa dari pantai Pandan.

Demikian ulasan mengenai Pulau Kalimantung yang bisa menjadi referensi kunjungan wisata. Jika kamu tertarik dan ingin mendapatkan pengalaman seru di Pulau Kalimantung, pastikan agar datang saat ada waktu libur.

Baca Juga :

***