8 Makanan Khas Indramayu yang Lezat dan Populer

Indramayu merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Barat. Selain banyaknya destinasi wisata, Indramayu juga terkenal akan makanan khasnya yang menggugah selera. Oleh karena itu jika kamu berkunjung ke Indramayu, pastikan agar tidak kelewatan untuk mencicipi beragam makanan khas seperti di antaranya adalah :

1. Bubur Glintir

Jika di lihat dari segi tampilan, Bubur Glintir khas Indramayu serupa dengan bubur candil. Hanya saja yang membuatnya lebih berbeda adalah bahan dasar yang di gunakan. Bubur Glintir menggunakan tepung beras yang di campur dengan air hingga kalis. Sedangkan untuk penggunaan kuahnya serupa dengan bubur candil yakni gula merah dan santan. Menariknya makanan khas Indramayu satu ini biasa di sajikan saat panen padi dan di lakukan oleh para petani sebagai bentuk rasa syukur.

2. Burbacek

Untuk kamu yang belum tahu, Burbacek sendiri adalah singkatan dari Bubur, Rumah, Becek. Di mana ini adalah salah satu makanan khas Indramayu yang memiliki citarasa unik. Burbacek adalah bubur yang di tambah dengan rumbah dan cecek atau kikil sapi. Namun sebelum itu kikil di masak terlebih dahulu menggunakan parutan kelapa dan di tambah dengan bumbu cabai merah. Untuk rasanya sendiri berpadu menjadi satu antara asam, pedas dan gurih. Selain itu kamu juga tidak akan merasakan kesulitan untuk menemukan makanan ini karena banyak di jajakan di hampir setiap kawasan.

3. Mie Ragit

Mie Ragit menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk kamu coba saat mengunjungi Indramayu. Meskipun secara tampilan, Mie Ragit tidak berbeda dengan menu Mie pada umumnya, namun kuliner ini menggunakan kuah yang berbeda. Mie Ragit sendiri menggunakan kuah yang terbuat dari santan dan udang. Kemudian sebagai pelengkap, tidak lupa di berikan irisan telur. Selain itu biasanya masyarakat Indramayu sendiri mengkonsumsi makanan ini saat buka puasa. Terlebih dari segi harganya juga terbilang cukup terjangkau dan mudah di temui.

4. Nasi Lenko

Nasi Lenko adalah salah satu makanan khas Indramayu yang terbilang cukup terkenal. Di mana makanan ini tidak lain adalah menu nasi biasa dengan tambahan berbagai jenis sayur. Selain itu biasanya Nasi Lengko di sajikan sebagai menu sarapan. Kemudian untuk bahan pelengkap, Nasi Lengko di berikan tahu goreng, tempe goreng, mentimun mentah, rujak atau pecel. Yang membuat Nasi Lengko berbeda dengan lainnya adalah penggunaan bumbu atau saus berupa kuah kacang yang serupa dengan pecel.

5. Orog-Orog

Makanan orog-orog ini sebenarnya adalah kudapan. Di mana terbuat dari tepung beras dengan tambahan gula merah dan parutan kelapa. Di karenakan citarasanya yang lezat, tidak heran jika Orog-Orog di jadikan sebagai salah satu makanan yang di sukai oleh masyarakat Indramayu. Seiring perkembangan zaman, kamu akan lebih mudah menemukan Orog-Orog di berbagai toko oleh-oleh di Indramayu.

6. Pedesan Entog

Rekomendasi makanan khas Indramayu lainnya adalah Pedesan Entog. Di mana makanan ini menggunakan bebek sebagai bahan utamanya. Selain itu bumbu yang di gunakan untuk mengolah Pedesan Entog juga cukup beragam sehingga menghasilkan citarasa yang kaya dan nikmat saat di santap. Adapun beberapa bahan di antaranya adalah tomat, serai, daun jeruk, kecap, bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, garam, kunyit, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Pindang Gombyang Manyung

Merupakan makanan khas Indramayu yang menggunakan ikan manyung sebagai bahan utamanya. Nah untuk kamu yang belum tahu, Ikan Manyung sendiri merupakan salah satu ikan yang berasal dari Laut. Selain itu jika di lihat dari tampilannya, Pindang Gombang Manyung serupa dengan gulai. Di mana beberapa bahan masakan yang di butuhkan adalah kunyit, jahe, kemiri, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menciptakan rasa segar dan gurih, tidak ketinggalan juga penggunaan belimbing wuluh sebagai opsional.

8. Rumbah

Hampir mirip dengan gado-gado ala Jakarta, Rumbah adalah salah satu rekomendasi makanan khas Indramayu yang tidak kalah populer. Bahan pembuatannya terdiri dari beberapa jenis sayuran yang sudah dikukus atau direbus untuk kemudian diberi bumbu kacang. Adapun jenis sayuran yang biasa digunakan tidak lain adalah kacang panjang, tauge, kol, timun, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun yang membuat Rumbah lebih menarik adalah tambahan kuah yang digunakan. Dimana terdapat sambal asam yang dicampur dengan kuah petis dan tambah dengan gula merah.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan khas Indramayu yang bisa dinikmati. Dari beberapa makanan diatas, mana saja yang pernah kamu cicipi?

Baca Juga :

***