Lokasi, Daya Tarik, dan Keindahan Situ Rawa Gede

Selain air terjunnya yang terkenal, Bogor juga memiliki tempat wisata alam lain yang menarik. Salah satunya adalah Situ Rawa Gede, danau alami yang terletak di Kecamatan Sukamakmur, yang belakangan ini semakin populer. Menawarkan banyak hiburan dengan harga terjangkau. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di sini, mulai dari berlayar di danau hingga berkemah dan bermain di air terjun kecil.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Situ Rawa Gede berlokasi di Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16830. Tiket masuk Situ Rawa Gede adalah Rp20.000, dan ada biaya parkir dan biaya tambahan untuk menaiki wahana atau berkemah. Untuk pengunjung berkemah, area wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

Aktivitas Wisata Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Dengan bantuan pemerintah, organisasi pemuda dan warga setempat bekerja sama untuk mengelolanya.

Wisata danau ini terus dikembangkan untuk meningkatkan potensinya sebagai tujuan wisata. Namun, saat ini ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di sini, seperti berwisata di danau, berkemah, atau berendam di bawah air terjun alami.

1. Berlayar dan Memancing

Situ Rawa Gede terletak di belakang Puncak Mountain. Segera setelah tiba, pengunjung akan melihat danau yang indah dengan latar bukit, sawah, dan beberapa air terjun kecil di sekitarnya. Sangat menyenangkan untuk mendengarkan suara alam seperti kicauan burung, berbagai jenis serangga, dan embusan angin yang membuat dedaunan di pohon bergemerisik.

Setelah menikmati keindahan alamnya, pengunjung dapat memilih untuk menikmati danau secara langsung. Mereka yang ingin mengarungi danau dengan perahu atau sepeda air dapat merasakan angin sejuk Situ Rawa Gede secara langsung. Sepeda air adalah pilihan yang baik untuk mereka yang datang sendiri, berpasangan, atau bersama keluarga kecil, tetapi perahu lebih cocok untuk rombongan besar.

Sering memancing? Anda juga bisa memancing di danau ini. Tidak ada yang menyewakan pancing, jadi Anda harus membawa peralatan Anda sendiri. Ikan mujair dan nila adalah beberapa spesies ikan yang hidup di danau ini. Makanan yang dapat dibeli di kios di sekitar danau juga dapat digunakan untuk memberi makan ikan secara langsung.

Mengarungi danau melalui jembatan apungnya adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin bersantai sambil melakukan sesuatu yang tidak terlalu menyenangkan. Tempat yang sering difoto adalah jembatan bambu yang ditopang oleh tong berwarna-warni ini. Tidak perlu khawatir akan kelelahan karena jarak itu tidak terlalu jauh.

2. Berkemah 

Situ Rawa Gede juga memiliki lahannya untuk pecinta alam yang ingin bermalam di sana. Pengunjung dapat membawa dan mendirikan tenda di sekitar danau tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Pastikan untuk membawa peralatan Anda sendiri karena penyewaan tenda dan peralatannya belum tersedia.

Rasakan sensasi bermalam di tempat yang tenang dengan langit malam yang penuh dengan bintang. Suara angin malam dan makhluk hidup akan membuat pengunjung tidur. Jangan lupa untuk membawa penghangat tambahan, seperti selimut dan jaket, karena suhu udara di tempat tersebut akan turun, terutama setelah hujan.

Jangan lupa untuk mengambil foto di Situ Rawa Gede juga. Selain latar belakang yang indah, ada beberapa air terjun alami yang bisa menjadi lokasi yang menarik untuk foto selfie atau swafoto. Ada juga banyak tempat menarik yang dirancang khusus untuk foto, seperti Taman Love dan air mancur.

3. Santai di Kolam Renang

Anda ingin mencoba hal-hal lain yang menarik? Coba salah satu dari kolam renang, kolam rendam, atau kolam ikan terapi yang tersedia di sana. Meskipun telaga Situ Rawa Gede tidak memungkinkan pengunjung berenang, pengelola telah menyediakan kolam renang di mana pengunjung dapat berenang sesuka hati.

Selain kolam renang, ada kolam terapi ikan yang dapat membantu Anda merasa lelah. Pengunjung dapat bersantai dan menikmati udara danau yang sejuk sambil membiarkan kaki mereka digelitiki oleh mulut ikan.

Selain itu, ada kolam rendam yang dapat Anda gunakan untuk bersantai. Kolam ini terletak tepat di bawah sebuah air terjun kecil, yang menjadikannya unik. Anda tidak bisa membayangkan kesegaran air di dalamnya, bukan?

Baca Juga :

***