Info Lokasi, Daya Tarik, dan Keindahan Wisata Situ Cihaniwung

Wisata Situ Cihaniwung bisa menjadi salah satu opsi liburan menarik di Bandung. Merupakan danau buatan yang kelilingi oleh perkebunan teh. Salah satu alasan yang membuat wisata ini selalu ramai adalah keindahan pemandangan sekitar terbilang cukup memanjakan mata. Hijaunya perkebunan membuat udara sekitar menjadi sejuk sehingga pengunjung bisa merasa nyaman dan betah berlama-lama di sana.

Lebih dari itu, tidak hanya keindahan alam yang tersedia melainkan pihak pengelola juga menyediakan beberapa wahana permainan seperti perahu bebek dan flying fox.

Penasaran ingin berkunjung ke Situ Cihaniwung? Berikut adalah ulasannya yang perlu di ketahui !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Situ Cihaniwung beralamatkan di Desa Santosa, Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40386. Tepatnya berjarak sekitar 59 KM dari pusat kota Bandung dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai kesana.

Tarif tiket untuk menghabiskan waktu di Situ Cihaniwung sendiri terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 10 ribu perorang. Namun penyewaan Perahu Bebek, Flying Fox dan ATV akan di kenakan tarif tambahan dengan rincian :

  • Wahana Flying Fox dan Perahu Bebek Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu
  • Penyewaan ATV Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu

Selain itu tarif tiket di atas belum termasuk biaya parkir kendaraan yakni Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Adapun jam operasional wisata satu ini di buka setiap hari selama 24 jam. Namun jam terbaik untuk mengunjunginya adalah saat pagi hari sebelum jam 12 siang atau sore hari menjelang sunset.

Daya tarik dan aktivitas wisata Situ Cihaniwung

Keindahan pemandangan Situ Cihaniwung yang eksotis membuat siapapun merasa betah. Terlebih untuk sekedar bersantai, wisata ini terbilang jauh dari keramaian sehingga kamu bisa healing dan melepaskan beban sejenak untuk menenangkan fikiran.

Selain itu ada beberapa daya tarik sekaligus aktivitas yang bisa di lakukan di wisata Situ Cihaniwung seperti di antaranya adalah :

1. Jalur Tea Walk

Merupakan salah satu daya tarik yang ada di Situ Cihaniwung. Untuk bisa memasuki area danau, maka pengunjung akan melewati perkebunan teh dan berjalan di atas jembatan kayu. Menariknya lagi dari atas jembatan tersebut nantinya kamu akan melihat hamparan kebun teh yang berada tepat di bawah jembatan.

Meskipun terbuat dari kayu dan terbilang cukup panjang, namun jalur di jembatan tersebut terbilang landai dan lurus. Dengan begitu tidak akan membuat pengunjung mudah lelah saat melewatinya.

2. Saung dan Menara untuk bersantai

Jika ingin sekedar bersantai, di sana tersedia beberapa saung yang bisa di manfaatkan. Di sana kamu bisa beristirahat sekaligus memandangi keindahan danau. Akan lebih menyenangkan jika kamu membawa perbekalan dari rumah. Rasanya seperti piknik melihat pemandangan dan menikmati kelezatan makanan.

Selain saung, kamu juga akan menemukan menara bambu yang memungkinkan pengunjung melihat pemandangan dari ketinggian. Adapun menara bambu tersebut memiliki 3 tingkatan di mana pengunjung bisa naik menggunakan tangga.

3. Wahana permainan

Jika ingin melakukan beberapa aktivitas, jangan khawatir karena Situ Cihaniwung ini menyediakan beberapa wahana permainan yang tidak kalah seru dan menyenangkan. Namun seperti pada penjelasan sebelumnya, untuk bisa menikmati wahana yang tersedia maka pengunjung harus membayar tiket dengan tarif yang berbeda.

Adapun beberapa wahana yakni perahu bebek yang bisa berjalan dengan mengayuh pedalnya menggunakan kaki. Kemudian ada Flying Fox yang cukup mengacu adrenalin dan penyewaan ATV untuk kamu berkeliling kebun sekitar Situ Cihaniwung.

4. Jembatan Penyebrangan

Di atas danau terdapat jembatan penyebrangan yang cukup panjang dan seringkali di manfaatkan sebagai spot foto kekinian dan Instagramable. Adapun jembatan tersebut berfungsi untuk menyebrang ke sisi danau yang lain. Selain itu di jembatan tersebut juga terdapat 1 saung sebagai tempat untuk berteduh.

Fasilitas wisata Situ Cihaniwung

Bicara mengenai fasilitas, pengelola Situ Cihaniwung sendiri menyediakan beberapa fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung. Adapun beberapa fasilitas di antaranya adalah :

  • Area perkir yang luas
  • Toilet
  • Jejeran saung
  • Spot foto kekinian

Demikian informasi seputar Situ Cihaniwung yang sayang untuk dilewatkan. Meskipun tidak terlalu dekat dari pusat kota Bandung, namun mengunjungi Situ Cihaniwung memberikan pengalaman berlibur yang sulit untuk dilupakan.

Baca Juga :

***