Wisata Bukit Mongkrang: Lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas !

Wisata Bukit Mongkrang – Untuk kamu yang menyukai aktivitas pendakian, bukit Mongkrang adalah salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Terlebih lagi bukit Mongkrang sendiri tidak akan membuat kamu menjadi lelah. Lokasinya berada di kawasan pegunungan Lawu yang berupa dataran tinggi dengan pemandangan eksotis lengkap dengan spot foto kekinian.

Penasaran untuk datang ke bukit Mongkrang? Nah pada artikel kali ini akan di berikan ulasannya untuk bisa menjadi sumber referensi wisata.

Lokasi, harga tiket, dan daya tarik

Bukit Mongkrang beralamatkan di Area Hutan,Tlogo, Dringo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57792. Harga tiket yang di kenakan untuk masuk ke kawasan wisata ini terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 10 ribu perorang. Namun jika ingin ngecamp, maka pengunjung akan di kenakan biaya tambahan yakni Rp 15 ribu perorang.

Adapun jam operasional wisata bukit Mongkrang di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu nantinya kamu bisa datang kapan saja sesuai keinginan.

Daya tarik dan keindahan bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang adalah bukit sabana yang lokasinya berada di ketinggian 2.197 Mdpl. Menariknya, bukit Mongkrang sendiri masih dalam 1 kawasan gunung Lawu yang mendekati perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu dari kondisi geografisnya, bukit Mongkrang di dominasi oleh hamparan rumput yang penuh dengan ilalang. Oleh karena itu tidak heran jika wisata bukit Mongkrang memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Sebenarnya kawasan bukit Mongkrang sendiri terdiri dari 2 puncak yakni Mongkrang 1 dan Mongkrang 2. Namun secara umum, pengunjung hanya naik hingga puncak candi Mongkrang 1 saja. Hal ini di karenakan jika mendaki lebih tinggi, maka kontur jalannya semakin landai dan membutuhkan lebih banyak tenaga.

1. Pilihan untuk pendaki pemula

Bukit Mongkrang merupakan salah satu alternatif bagi pendaki pemula untuk menambah pengalaman sekaligus beradaptasi. Untuk menuju ke area puncak, maka kamu harus berjalan kaki dari area lokasi parkir. Selain itu kontur bukit juga cenderung landai dari tidak ada halangan. Bahkan jalan setapak yang di sediakan juga terbilang cukup lebar sehingga membuat nyaman.

Jika kamu memiliki kondisi tubuh yang fit, maka hanya di butuhkan kurang dari 1 jam saja untuk bisa sampai ke puncak.

2. Keindahan padang ilalang

Seperti pada penjelasan sebelumnya, wisata bukit Mongkrang sendiri di penuhi padang ilalang dan hamparan rumput. Di sana banyak pengunjung yang berbondong-bondong untuk mengambil gambar. Selain itu saat musim hujan, pemandangannya menjadi lebih indah dan terkesan dramatis.

3. Berkemah

Tidak lengkap rasanya jika kamu tidak menghabiskan waktu di sana dengan menginap. Bukit Mongkrang seringkali di jadikan sebagai spot untuk mendirikan tenda. Selain itu kamu juga berkesempatan untuk melihat keindahan pemandangan berupa matahari terbit di puncak.

Fasilitas wisata bukit Mongkrang

Mengenai fasilitas wisata, sebenarnya kamu tidak bisa berharap terlalu banyak. Meskipun begitu, tetap ada beberapa fasilitas yang bisa di manfaatkan. Adapun beberapa fasilitas di antaranya adalah :

  • Area parkir yang menempati lapangan Tlogodringo
  • Jejeran penjual makanan dan minuman

Demikian ulasan mengenai wisata bukit Mongkrang yang bisa menjadi referensi kunjungan. Saat kamu memilih untuk berkunjung ke Lawu, maka bukit Mongkrang bisa menjadi pilihan untuk sekedar mampir. Selamat berlibur !

Baca Juga :

***