Lokasi, Daya Tarik, dan Keindahan Bukit Holbung Samosir

Bukit Holbung berada di Huta Holbung, Samosir, dan terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihat alam Toba. Banyak orang juga berkemah di bukit ini.

Desa Huta Holbung berada di Kabupaten Samosir. Desa Holbung sangat tenang dan nyaman. Jumlah penduduknya juga tidak terlalu besar, hanya sekitar lima ratus orang. Banyak pengunjung datang untuk melepas penat, dan perbukitan hijau ini adalah tempat yang paling di sukai.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Bukit Holbung beralamatkan di Dolok Raja, Harian, Samosir, Sumatera Utara, Indonesia. Biaya masuk ke tempat wisata ini sangat murah, hanya Rp5.000, dan biaya tenda adalah untuk keamanan berkemah. Namun harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5 ribu untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil. Bukit Holbung buka 24 jam sehari, seperti kebanyakan objek wisata alam.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Bukit Holbung

Kunjungan ke perbukitan hijau ini tidak hanya memiliki kesempatan untuk menyaksikan fenomena alam, tetapi mereka juga dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa hal menarik yang dapat di lakukan selama berada di sana.

1. Berkemah

Banyak pendaki datang ke sini secara tidak sengaja untuk berkemah. Menyaksikan keindahan alam sekitar dari ketinggian bukit dan menikmati udara malam. Puncak-puncak terdekat dari pintu masuk adalah tempat yang paling sering di gunakan untuk berkemah. Meskipun ada kemungkinan pendaki akan membangun tendanya di puncak tertinggi.

Orang-orang yang ingin berkemah di objek wisata ini harus menyiapkan dan membawa tenda mereka sendiri, karena belum ada penyewaan tenda di sana. Menggunakan sepatu juga sangat di sarankan agar pendaki merasa nyaman saat mendaki. Dalam hal keamanan, situasi di malam hari cukup aman dan nyaman.

2. Keindahan Alam Bukit Holbung

Bukit Holbung disebut sebagai saudara kembar dari Bukit Padar di Labuan Bajo. Keindahannya di alam hampir sama, meskipun tidak identik. Bukit rumput yang panjang dengan jurang yang curam di sisinya mengingatkan pada Bukit Padar.

Kecantikan yang ditawarkan oleh alam sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak sedikit wisatawan yang mengambil foto saat itu. Foto ini sangat menarik dengan rumput ilalang hijau di sekitar Danau Toba. Bukit Teletubbies tetap indah meskipun musim kemarau tiba. Padang rumput dan ilalang akan berubah menjadi cokelat keemasan yang semakin memukau.

3. Menenangkan Diri Di Puncak Bukit

Wisatawan paling menyukai aktivitas ini. Di Puncak Bukit Holbung, pengunjung dapat melihat Danau Toba dan gunung-gunung di sekitarnya. Anda dapat menjadi lebih tenang dengan menghirup udara yang sejuk dan berada jauh dari kebisingan.

Perjalanan melewati jalan setapak yang dihiasi pemandangan ilalang di sisi-sisinya menuju puncak bukit memakan waktu sepuluh hingga lima belas menit. Menyaksikan matahari terbit atau terbenam adalah kegiatan menarik lainnya saat berada di puncak.

Fasilitas Wisata Bukit Holbung

Bukit Holbung menawarkan banyak kemudahan untuk menjadi objek wisata alam terbuka. Tempat parkir, toilet di dekat pintu masuk, dan toko makanan dan minuman di sekitar pintu masuk adalah beberapa fasilitas. Tempat ibadah berjarak sepuluh hingga lima belas menit dari lokasi.

Baca Juga :

***