Pantai Balongan Indah: Lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas Wisata

Nama “Bali 2” sering di sebut sebagai Pantai Balongan Indah, dengan “Bali” merupakan singkatan dari nama Balongan Indah, dan “Bali 2” di maksudkan sebagai pantai yang indah seperti Bali dan yang pertama ada di Bali. Selain itu, pantai ini di penuhi dengan berbagai hiasan Bali yang khas. Pantai ini dianggap paling bersih di antara pantai lain di Indramayu, tetapi juga di anggap paling kecil. Berjalan-jalan di tepi pantai tidak terhalang oleh sampah. Selain itu, ada area permainan untuk anak-anak yang dapat di nikmati secara gratis.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Pantai Balongan Indah beralamatkan di Jalan Raya Balongan, Balongan, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Indonesia, 45217. Wisatawan harus membayar tarif masuk mulai dari Rp7.500 hingga Rp12.500, dengan harga yang berbeda untuk pengunjung dewasa dan anak-anak. Tarif parkir juga harus di bayar sesuai dengan kendaraan yang di parkir. Meskipun demikian, biaya tetap terjangkau dan sesuai dengan keindahan pantai ini.

Tempat wisata ini buka dari pagi hingga sore hari, tetapi waktu terbaik untuk menikmati pantai adalah di pagi hari atau sore hari.

1. Keindahan Pantai Balongan Indah

Saat Anda memasuki pantai, pasir cokelat kehitaman akan menyambut Anda. Setiap orang yang melangkah di atasnya merasa nyaman karena butirannya yang halus seperti lada. Ombak bergulung-gulung menciptakan suara yang terdengar di seluruh dunia. Kesan eksotis yang unik di berikan oleh air laut yang berwarna biru kecokelatan. Bebatuan berjajar tak jauh dari pesisir berfungsi sebagai pemecah ombak. Ini membantu menghentikan ombak besar dari abrasi dan masuk ke pantai. Pemecah ombak di bangun karena abrasi yang sering terjadi. Namun, justru keberadaannya menambah keindahan tepi pantai yang unik.

Ada pemecah ombak dan dermaga beton yang menjorok ke laut. Dari dermaga ini, pengunjung dapat melihat lebih dekat ke lautan. Perahu wisata dan perahu nelayan bersandar di dermaga ini, yang membuatnya menjadi pemandangan menarik di kawasan pantai.

2. Berenang dan Bermain Air

Pantai Balongan Indah cukup aman untuk berenang karena ombaknya tenang dan hanya kadang-kadang tinggi ketika pasang. Karena kedalaman air masih dangkal di tempat ini, pengunjung dapat berenang langsung di sekitar pantai. Wisatawan juga sering menggunakan pelampung untuk bermain-main; anak-anak seringkali bermain dengan pelampung dengan orang tua mereka.

Wisatawan juga dapat bermain di area berpasir tepian pantai. Pasir yang lembut sangat seru untuk di mainkan. apalagi jika di ubah menjadi istana pasir. Permainan yang paling di sukai anak-anak saat berada di pantai

3. Ornamen Khas Bali

Meskipun berada jauh dari Pulau Bali, tempat ini memiliki sedikit Bali. Tempat di mana pantai di hiasi dengan hiasan khas Pulau Dewata. Dengan cara yang mirip dengan payung bersusun, kain poleng kotak melilit pohon hingga gapura batu bata. Di Bali, memiliki sentuhan pantai sangat terasa. Selain itu, ada sebuah lokasi yang tidak dapat dilupakan di pintu masuk ke pantai, di mana tulisan “Bali” dan “Balongan Indah” ditulis dengan warna-warni. Tempat ini sering menjadi tempat favorit untuk foto wisatawan. untuk menunjukkan bahwa Anda telah mengunjungi tempat wisata ini sebelumnya.

4. Taman Bermain Anak

Wisatawan juga dapat bermain di arena permainan anak di pantai secara gratis. Jungkat jungkit, ayunan, dan papan luncur adalah beberapa permainan yang tersedia. Taman bermain juga sangat nyaman karena dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun.

Fasilitas wisata Pantai Balongan Indah

Ini memiliki fasilitas umum yang memadai. Warung-warung di sini menggunakan bangunan semi permanen dan menjual makanan minuman dan cenderamata. Ada juga musala, kamar bilas, area parkir, dan toilet.

Baca Juga :

***