Daya Tarik Edupark Alaska, Suasana Seperti Kota Suci Makkah !

Daya Tarik Edupark Alaska – Wisata edukasi Edupark Alaska memiliki suasana seperti Kota Suci Makkah. Semua orang sering menghabiskan waktu di tempat ini untuk berlatih manasik haji dan umrah. mulai dari bayi hingga orang dewasa. Wisatawan akan belajar tentang cara melakukan haji dan umrah.

Pemerintah telah membuat beberapa replika bangunan seperti yang ada di Kota Makkah, seperti Ka’bah, Masjid Nabawi, Padang Arafah, dan Muzdalifah. Setiap replika memiliki desain yang hampir identik. Namun, ukurannya berbeda dari bentuk bangunan aslinya.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Wisata Edupark Alaska beralamatkan di Jalan Karanganyar, Sukorejo, Pendem, Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57752. Harga tiket masuk ke Edupark Alaska adalah hanya Rp30.000, dan dapat dibayar di loket dekat pintu masuk. Setelah membayar, petugas akan memberikan tiket berbentuk buku paspor dan lembar kuitansi. Kawasan wisata ini tetap buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Edupark Alaska

Untuk belajar manasik haji dan umrah, Edupark Alaska adalah tempat terbaik. Ini karena suasana di tempat ini mirip dengan Kota Makkah Al Mukaromah. Ada banyak replika yang tersedia, termasuk Jabal Rahmah, Ka’bah, Masjid Nabawi, dan Sa’i. Jam Makkah, Masjid Bir Ali, Jamarot, Muzdalifah, Terowongan Mina, dan Padang Arafah juga ada.

1. Terowongan Mina

Para jamaah haji biasanya menggunakan Terowongan Mina untuk menghubungkan Kota Makkah dengan Mina. Di sebelah kanan replika Jamarot, Wisata Edupark Alaska juga memiliki replika Terowongan Mina.

2. Jam Mekah

Pengelola juga membangun Zam Zam Tower, sebuah gedung pencakar langit dengan jam di bagian atasnya, untuk membuatnya lebih mirip Kota Makkah. Tempatnya di sebelah kiri replika bangunan Ka’bah, tetapi ukurannya jauh lebih kecil di sini dibandingkan dengan bangunan aslinya.

3. Replika Jamarot

Tempat replika Jamarot berada di sebelah replika terowongan Mina. Kawasan Mina terdiri dari tiga dinding berwarna abu-abu yang berdekatan yang akan dilempari batu oleh jamaah haji atau umrah.

4. Replika Sa’i

Replika Sa’i berada di depan replika Padang Arafah, di sisi kanan Ka’bah. Bangunan didominasi warna abu-abu tua. Di sini, pengunjung diminta untuk melakukan Sa’i dengan berlari dari Safa ke Marwa.

5. Replika Masjid Nabawi

Selain itu, Edupark Alaska memiliki replika Masjid Nabawi Kota Madinah, yang berada di sebelah kanan replika Muzdalifah. Pihak pengelola berusaha mendesain masjid serapat mungkin. salah satunya dengan menyediakan dua payung elektrik, mirip dengan yang ada di Masjid Nabawi.

6. Replika Ka’bah

Replika Ka’bah adalah wahana paling populer di Edupark Alaska. Bentuknya sangat mirip dengan Kota Makkah. di mana kain kiswah berwarna hitam menutupi setiap sisi bangunan. Memang, ukuran bangunan awalnya lebih kecil.

7. Replika Jabal Rahmah

Selain Ka’bah, ada replika Jabal Rahmah, bukit tempat Nabi Adam dan Siti Hawa bertemu. Ada banyak anak tangga untuk naik ke bukit ini. Sampai di puncak, Anda akan melihat sebuah tugu besar dengan ujung runcing.

8. Muzdalifah

Dalam bahasa Indonesia, Muzdalifah adalah area terbuka antara Makkah dan Mina di mana para jamaah haji harus menginap hingga fajar. Replika Muzdalifah di Edupark Alaska kurang luas daripada Kota Makkah. Lapangannya sangat kecil, dengan batuan berwarna putih menutupi permukaannya.

Baca Juga :

***