Lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas Wisata Gunung Bunder Bogor

Gunung Bunder Bogor – Gunung Bunder terletak di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Kawasan ini terdiri dari dua desa dan memiliki puluhan tempat wisata alam. Lokasinya di kaki Gunung Salak membuatnya kaya akan keindahan alam yang masih asri. Jika Anda adalah penggemar alam, kawasan pegunungan ini adalah tempat terbaik untuk liburan selain Puncak.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Gunung Bunder beralamatkan di Jalan Gunung Bunder Desa Cimudal, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Untuk memasuki kawasan wisata Gunung Bunder, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp15.000, yang berbeda dari tiket untuk setiap spot wisata di dalamnya. Namun, harga tiket umumnya masih terjangkau bagi semua orang.

Wisata Gunung Salak Endah paling ramai di masa liburan akhir tahun, tetapi tempat ini tetap terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Gunung Bunder

Istilah “Gunung Bunder” mengacu pada area wisata yang terdiri dari beberapa desa, termasuk Desa Gunung Bunder 1, Gunung Bunder 2, dan Gunung Picung. Desa-desa ini menawarkan suasana pedesaan yang tenang dengan pemandangan Gunung Salak sebagai latar belakangnya.

Area wisata Gunung Salak Endah (GSE) juga mencakup Gunung Bunder. Kawasan ini terkenal sebagai pilihan liburan yang lebih baik daripada Puncak karena daya tariknya yang hampir sama. Pegunungan memiliki udara segar, pemandangan alam yang menyejukkan mata, dan banyak tempat wisata yang ramah keluarga. Karena banyaknya air terjun alami di daerah ini, berkemah menjadi pilihan yang paling populer, tetapi trekking juga sangat disukai. Banyak aktivitas rekreasi lainnya yang dapat dijajal selain dua ini. Berikut adalah daftar aktivitas dan tempat wisata di sekitarnya.

1. Berkemah

Tidak sulit untuk menemukan tempat berkemah di kawasan Gunung Bunder. Yang sulit adalah memilih dari banyak campground yang tersedia. Wisatawan hanya perlu menyusuri Jalan Gunung Bunder-GSE dan memilih lokasi berkemah yang mereka inginkan. Camping Ground Gunung Bunder adalah lokasi terdekat dari gerbang masuk. Selain itu, ada bumi perkemahan di luar area wisata, seperti D’bunder View dan Alun-Alun Kuta Genggelang.

Banyak tempat lain untuk berkemah di sekitar GSE. Wisatawan dapat berhenti di Curug Cihurang jika ingin lebih dekat dengan air terjun. Panorama Alam Camping Ground terletak di daerah yang lebih ramai dan sebagian besar terdiri dari tanah lapang atau hutan pinus yang sejuk.

Memiliki keinginan untuk suasana yang berbeda? Camping Ground Villa Pink Curug Seribu memiliki danau yang indah. Selain itu, ada tempat glamping di sekitar kawasan wisata. Camp Hills Eco Stay di Desa Gunung Sari adalah salah satunya.

2. Wisata Air Terjun

Kaki Gunung Salak memiliki banyak air terjun alami yang indah, yang menjadikan trekking sebagai aktivitas rekreasi populer. Banyak dari air terjun ini memiliki tempat berkemah, dan salah satunya adalah Curug Cihurang.


Selain itu, ada Curug Goa Lumut dan Curug Batu Ngampar. Ada juga Curug Ngumpet, yang agak tersembunyi. Jika Anda ingin melihat air terjun tertinggi di Gunung Salak, kunjungilah Curug Seribu. Selain itu, ada Curug Lembah Tepus, yang menawarkan pemandangan air terjun yang indah dan cocok untuk Instagram. Air terjun di daerah ini termasuk Curug Pangeran, Curug Kondang, dan Curug Nangka, yang masing-masing memiliki tiket masuk yang mahal, sekitar lima hingga sepuluh ribu rupiah.

Fasilitas Wisata Gunung Bunder

Gunung Bunder memiliki banyak pilihan rekreasi. Campground, air terjun, penginapan, kolam renang, dan lokasi lainnya tersedia. Setiap lokasi biasanya memiliki area parkir, toilet, musala, dan toko. Selain itu, banyak yang menyediakan perlengkapan untuk berkemah dan aktivitas trekking dan hiking.

Baca Juga :

***