Pantai Boom Tuban: Lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas Wisata !

Pantai Boom Tuban – Kabupaten Tuban memiliki banyak lokasi pantai yang menarik di pesisir utara Jawa Timur. Pantai Boom, yang terletak di Desa Kutorejo, adalah tempat yang harus dikunjungi. Alun-Alun Tuban hanya berjarak sekitar lima menit berjalan kaki dari Pantai Boom. Ketika Anda tiba di Pantai Utara, keindahan khasnya langsung terasa. Ombak kecil dengan angin sepoi-sepoi adalah sesuatu yang menyenangkan.

Pantai Boom memiliki sejarah lama. Kawasan pantai dulunya merupakan pelabuhan penting bagi Kerajaan Majapahit. Kerajaan Singasari dan Majapahit menggunakan pelabuhan ini sebagai rute perdagangan dan pelayaran utama. Tak heran banyak peninggalan sejarah seperti guci dan keramik kuno ditemukan di tempat tersebut. Ada juga sumur air tawar di sini.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Pantai Boom beralamatkan di Kutorejo, Tuban, Tuban, Jawa Timur, Indonesia, 62311. Wisatawan dapat menemukan harga tiket masuk Pantai Boom yang sangat murah mulai dari Rp4.000 hingga Rp8.000, berbeda antara hari biasa dan hari libur nasional. Harga untuk anak-anak juga berbeda.

Tempat ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 21.00, jadi wisatawan dapat datang kapan saja. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore menjelang matahari terbenam.

Daya Tarik dan keindahan Pantai Boom Tuban

Pantai Boom adalah salah satu tempat wisata terbaik di Kabupaten Tuban karena berada di jalur utama. Di sini ada sesuatu yang agak berbeda dari pantai umum, dengan hamparan pasirnya. Pada dasarnya, pantai ini adalah tanjung dengan bebatuan di tepinya. Hal ini membuat pantai ini tidak sesuai untuk bermain air. Namun, ada banyak aktivitas menarik lainnya yang dapat Anda lakukan di lokasi ini.

Tempat-tempat di sekitar pantai memiliki banyak nilai sejarah karena dulunya merupakan pelabuhan dagang di masa kerajaan Majapahit. Tempat wisata ini juga penuh dengan gaya arsitektur kuno. Bangunan gerbang masuk memiliki relief yang menceritakan sejarah Tuban.

1. Ombak yang Tenang menjadi Tempat Bersantai

Meskipun ombak tenang khas Pantai Utara Jawa, wisatawan dapat bersantai dan menikmati keindahan lepas pantai yang menyejukkan mata. Ada banyak tempat yang nyaman untuk bersantai, seperti gazebo di sekitar pantai. Barisan pohon cemara membuat tempat ini rindang dan membuatnya lebih nyaman di siang hari.

Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan sambil duduk di bebatuan. Rasa romantis yang menenangkan diberikan oleh sensasi angin berhembus dan ombak berayun di bawah kaki. Saat sore hari adalah saat terbaik untuk bersantai di bebatuan. Karena area tersebut tidak tertutup oleh pepohonan cemara, suhunya akan sangat tinggi di siang hari.

2. Taman Bermain untuk Anak

Pantai Boom juga ramah anak. Itu karena ada taman bermain di lokasi tersebut yang menawarkan banyak wahana permainan untuk anak-anak, seperti ayunan, perosotan, komidi putar, hingga bianglala mini. Karena anak-anak tidak bisa bermain air di pantai, ada juga kolam renang anak. Dengan fasilitas yang beragama, tentu saja si kecil akan senang dan betah selama liburan mereka di tempat ini.

3. Spot Foto Kekinian

Beberapa lokasi yang disukai pengunjung Pantai Boom untuk swafoto adalah tempat dengan bentuk sayap burung, jembatan merah, delman, dan perahu. Pemandangan matahari tenggelam dari Pantai Boom saat sore hari dengan langit cerah juga sangat menawan dan layak untuk diabadikan.

Fasilitas Wisata Pantai Boom Tuban

Fasilitas yang tersedia juga lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Selain area parkir yang luas untuk mobil roda dua dan empat, ada juga toilet, mushola, gazebo, dan restoran.

Baca Juga :

***