Waduk Kedung Ombo : Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik Wisata

Cityawesome.com – Wisata Waduk Kedung Ombo. Grobogan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Meskipun terkesan jarang di bicarakan, namun siapa sangka bahwa Grobogan menyimpan banyak destinasi wisata menarik seperti salah satunya adalah Waduk Kedung Ombo.

Terbilang cukup populer, Waduk Kedung Ombo juga di manfaatkan sebagai pembangkit listrik sekaligus pengairan di Kabupaten Grobogan dan sekitarnya. Oleh karena itu, waduk ini memiliki peranan penting sehingga kelestarian alamnya selalu terjaga.

Waduk Kedung Ombo sendiri berada di lereng perbukitan yang bisa di katakan jauh dari pusat kota. Memungkinkan pengunjung yang datang untuk merasakan suasana sejuk dan asri lengkap dengan bukit dan pepohonan hijau.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata satu ini berada di Jalan Solo-Purwodadi, Ngawen, Rambat, Geyer, Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia, 57272. Tepatnya berjarak sekitar 30 KM dari pusat kota Grobogan dan membutuhkan waktu 1 jam untuk bisa sampai kesana.

Sedangkan tarif masuknya, wisata Waduk Kedung Ombo mengharuskan pengunjung untuk membayar tarif sekitar Rp 5 ribu saat weekday dan Rp 7 ribu saat weekend. Selain itu kamu bisa menyewa perahu dengan biaya Rp 10 saja perorang.

Jam operasional Waduk Kedung Ombo di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Daya tarik dan aktivitas wisata Kedung Ombo Grobogan

Mengenal tentang sejarahnya, Waduk Kedung Ombo ssendiri merupakan waduk terbesar yang pernah di bangun oleh Pemerintah Indonesia. Bahkan untuk proses pembangunannya di mulai dari tahun 1989 sampai dengan 1991.

Selain itu kawasan objek wisata ini masih terasa asri dengan banyaknya pohon tinggi nan rimbun. Bahkan tidak sedikit wilayah ini masih terlihat seperti hutan.

Menariknya dari Waduk ini adalah air yang jernih dan terlihat dari permukaan. Di mana hamparan air tawar ini merupakan sumber pengairan bagi warga di sekitarnya. Waduk Kedung Ombo juga menjadi habitat bagi ikan air tawar.

1. Menjelajah area waduk

Pengunjung bisa menjelajah area waduk dengan berlayar menggunakan perahu tradisional. Bahkan perahu yang di sewakan tidak hanya bisa di gunakan untuk berkeliling waduk melainkan juga kamu bisa sekedar mampir ke keramba milih nelayan.

2. Memancing

Nah untuk kamu yang menyukai aktivitas memancing, di sana tersedia spot memancing dan menjaring ikan. Menariknya adalah ikan yang tersedia memang di pelihara oleh pemilih tambak. Bahkan tersedia juga rumah makan yang siap memasak hidangan lezat dari ikan yang berhasil kamu tangkap.

Fasilitas Waduk Kedung Ombo

Meskipun tarif tiket yang di kenakan cukup murah alias terjangkau, namun fasilitas di dalamnya tidak kalah dengan wisata pada umumnya. Hal ini di lakukan oleh pihak pengelola agar pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di sana. Berikut adalah beberapa fasilitas wisata Waduk Kedung Ombo :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Jejeran tempat duduk
  • Warung makan dengan harga makanan yang relatif terjangkau

Demikian informasi tentang Waduk Kedung Ombo yang menarik untuk dikunjungi. Jika kamu sedang berada di wilayah Grobogan, pastikan untuk tidak melewatkan objek wisata yang satu ini.

Baca Juga :

***