Site icon City Awesome

11 Makanan Khas Arab Yang Banyak Ditemui Di Indonesia

Cityawesome.com – 11 Makanan Khas Arab Yang Banyak Ditemui Di Indonesia. Makanan khas memang tidak pernah tertinggal dari suatu daerah. Tentunya setiap daerah memiliki makanan khas yang menjadi kebanggaannya. Selain itu, makanan juga selalu di kait – kaitkan dengan identitas dan budaya dari daerah tersebut.

Seperti halnya Arab Saudi, terkenal memiliki makanan khas yang kaya akan rempah. Bahkan tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang menyukai makanan khas Arab Saudi ini.

Itulah sebabnya kita sering melihat beberapa makanan khas Arab yang di jual di Indonesia dan sangat ramai pengunjung. Inilah 11 makanan khas Arab yang banyak di jumpai di Indonesia dan terkenal dengan rasanya yang menggugah selera.

1. Nasi Kebuli

Jika berbicara tentang makanan khas Arab, gak lengkap kalau tidak menyebutkan Nasi Kebuli di dalamnya. Rasanya yang lezat dan menggugah selera, membuat Nasi Kebuli banyak di minati oleh masyarakat Indonesia.

Nasi Kebuli sendiri merupakan nasi yang di olah dengan campuran daging dan kaldu kambing. Yang membuat rasanya sangat menggoda adalah bumbunya yang sangat kuat dengan campuran rempah. Lebih nikmat lagi jika Nasi Kebuli di sajikan bersamaan dengan kismis, acar, dan sambal.

2. Baba Ganouj

Makanan khas Arab lainnya yang gak boleh ketinggalan adalah Baba Ganouj. Terbuat dari terung panggang, bawang putih dan rempah – rempah khusus. Menjadikan Baba Ganouj sangat di minati oleh banyak kalangan.

Biasanya Baba Ganouj sendiri di sajikan bersamaan dengan hummus yang semakin menambah selera siapapun yang melihatnya.

3. Bourekas

Makanan khas Arab biasanya memanag selalu berkaitan dengan pastry. Bourekas menjadi salah satu hidangan pastry khas Arab yang banyak di nikmati oleh berbagai kalangan termasuk di Indonesia.

Bourekas sendiri memiliki isian yang sangat beragam mulai dari sayuran hingga daging. Kamu akan bisa menemukan Bourekas dengan mudah di toko roti khas Arab yang ada di Indonesia.

4. Falafel

Makanan khas arab yang satu ini terbuat dari kacang arab yang di campur dengan tepung terigu. Tidak ketinggalan juga bumbu khas Arab yang memiliki aroma rempah yang kuat.

Cara pembuatan Falafel adalah dengan di giling, kemudian di padatkan untuk dibentuk seperti bola lalu di goreng. Untuk penyajiannya sendiri, biasanya Falafel di hidangkan dengan di bungkus lafa atau roti yang berbentuk pipih.

Selain itu, Falefel juga biasa di nikmati dengan campuran selada, asinan, acar sayuran, saus yoghurt, atau bahkan saus pedas.

5. Hummus

Makanan khas Arab Saudi lainnya yang bisa kamu temukan di Indonesia adalah Hummus. Terbuat dari tepung roti yang di campur dengan kacang dan biji wijen yang sudah di haluskan.

Roti Hummus biasa di nikmati bersamaan dengan kentang panggang sebagai pelengkap. Tak hanya itu saja, yang membuat rasa dari makanan ini sulit di lupakan adalah campuran minyak zaitun, bawang putih, garam dan air lemon yang menghasilkan paduan rasa yang pas sehingga di terima oleh lidah Indonesia.

6. Kunafeh

Selanjutnya yang sangat menggugah selera adalah Kunafeh. Biasanya makanan ini di jadikan sebagai makanan penutup. Kunafeh sendiri terlihat seperti kue keju yang menggugah selera bagi siapapun yang melihatnya.

Namun makanan ini tidak sepenuhnya terbuat dari keju melainkan terbuat dari semolina dan juga pastry yang tipis seperti mie. Kemudian Kunafeh di isikan dengan keju putih yang bertekstur sangat lembut. Kunafeh biasa di hidangkan dengan cara di rendam sirup terlebih dahulu.

7. Malabari Paratha

Makanan yang satu ini biasa di sebut sebagai roti canai atau roti maryam. Kamu akan mudah menemukan makanan yang satu ini di Indonesia khususnya restoran timur tengah.

Roti yang satu ini sangat nikmat di sajikan dengan kari kambing yang bercita rasa gurih. Biasanya Malabari Paratha memiliki bentuk yang pipih, hal ini di karenakan proses pembuatannya dengan cara di putar hingga tipis dan di lipat untuk kemudian di panggang dengan minyak.

8. Martabak Arab

Makanan yang satu ini pastinya sudah banyak kamu temui di Indonesia. Arab juga memiliki makanan khas seperti martabak dengan nama lain yaitu Mutabbaq. Sama seperti di Indonesia. Martabak Arab juga memiliki isian yang cukup variasi mulai dari daging giling, telur, bawang putih, paprika dan bawang bombay.

9. Samosa

Menjadi salah satu makanan khas Arab yang menjadi favorit di Indonesia. Samosa terbuat dari daging cincang yang di tumis dengan campuran bumbu rempah yang menjadi ciri makanan Arab.

Selain itu, Samosa juga biasa di nikmati dengan pelengkap seperti sayuran, kentang, hingga kacang polong. Dan tak lupa juga dengan taburan bawang bombay dan ketumbar di atasnya.

10. Shawarma

Makanan khas Arab yang satu ini terbuat dari bahan dasar daging, mulai dari kambing, ayam, sapi, atau bahkan campuran berbagai daging. Proses memasak Shawarma juga terbilang lumayan lama karena membutuhkan waktu hingga berjam – jam.

Selain itu, sebelum proses memasak, daging harus di rendang dalam waktu 1 sampai 2 hari. Tidak ketinggalan juga dengan rempahnya yang di jadikan bumbu dasar seperti kapulaga, cengkeh, kayumanis, lada hitam dan bumbu rempah lainnya.

Biasanya makanan yang satu ini di nikmati bersamaan dengan roti pipih. Serupa makanan ini mirip dengan kebab turki, hanya saja garnish dan bumbu dari Shawarma lebih banyak dan rasanya lebih pekat.

11. Tabbouleh

Sebenarnya makanan ini tidak berbada dengan salad sayur pada umumnya. Taboouleh juga menjadi makanan khas Arab yang banyak di jumpai di Indonesia. Tentunya Tabbouleh sangat cocok untuk dinikmati setiap hari.

Tabbouleh terbuat dari sayuran yang terdiri dari tomat, gandum, daun bawang, daun mint, dan juga bawang putih. Makanan yang satu ini sangat nikmat di hidangkan bersamaan dengan makanan lain yang terbuat dari roti.

Nah, itulah 11 makanan khas Arab yang biasa di temui di Indonesia. Jika kamu penasaran dengan rasanya, akan sangat mudah menemukannya di tempat makan khusus timur tengah, atau kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.***

Exit mobile version