8 Oleh-Oleh Khas Wonogiri yang Sayang untuk Dilewatkan

Oleh-Oleh khas Wonogiri. Berlibur ke luar kota atau ke luar daerah tempat tinggal kita, biasanya akan memberikan kesan yang sulit untuk dilupakan. Selain itu tidak ketinggalan juga membawa oleh-oleh khas untuk diberikan kepada orang terkasih. Nah berbicara mengenai oleh-oleh, saat berlibur ke Wonogiri pastikan agar tidak melewatkannya. Di mana Wonogiri sendiri tidak lain adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah.

Lalu apa saja yang menjadi oleh-oleh khas Wonogiri? Simak ulasan berikut untuk informasi lebih lanjut !

1. Brem

Wonogiri memiliki brem yang khas dan berbeda. Di mana secara umum di kenal sebagai Beureum dengan bentuk lingkaran. Selain itu jika brem pada umumnya memiliki rasa yang asam, namun berbeda dengan brem khas Wonogiri karena rasanya cenderung manis. Kamu bisa dengan mudah menemukan brem khas Wonogiri ini di berbagai toko oleh-oleh.

2. Emping Melinjo

Merupakan salah satu makanan yang terbilang cukup populer. Sebenarnya kamu bisa menemukann emping melinjo dengan mudah di berbagai daerah seperti salah satunya adalah Wonogiri. Sesuai dengan namanya, emping melinjo terbuat dari bahan utama biji melinjo yang di pipihkan kemudian di jemur hingga kering.

3. Geti Biji Wijen

Merupakan salah satu oleh-oleh khas Wonogiri yang direkomendasikan. Geti Biji Wijen tidak lain adalah makanan olahan yang menggunakan wijen sebagai bahan utamanya. Selain itu bahan lain yang menjadi pelengkap citarasa adalah jahe dan gula jawa. Menariknya Geti Biji Wijen sendiri memiliki rasa yang unik yakni perpaduan antara gurih dan pedas. Selain harganya yang terjangkau, geti biji wijen mudah di temukan di berbagai toko oleh-oleh khas sekitar Wonogiri.

4. Kacang Mede

Adapun makanan khas Wonogiri lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah kacang mede. Memiliki citarasa yang khas dan menggugah selera, kacang mede sering kali di buru untuk di bawa pulang oleh wisatawan. Selain itu kacang mede khas Wonogiri memiliki citarasa yang gurih dan mampu membuat siapapun menjadi ketagihan. Hanya saja untuk harga jualnya masih cenderung tinggi.

5. Keripik Tempe Benguk

Rekomendasi oleh-oleh khas Wonogiri lainnya yang bisa di bawa pulang adalah keripik tempe benguk. Terbilang ciukup unik dan khas, berbeda dengan keripik tempe pada umumnya. Keripik tempe benguk di buat menggunakan bahan kara benguk dengan campuran kedelai. Selain itu pengerajin tempe benguk juga menggunakan cara khusus agar tempe yang di hasilkan tidak pahit. Oleh karenanya oleh-oleh khas Wonogiri yang satu ini banyak di minati bahkan tidak hanya oleh wisatawan melainkan masyarakat sekitar.

6. Roti Gaplek

Untuk kamu yang belum tahu, roti gaplek merupakan sebutan dari ketela pohon yang tidak lain di gunakan sebagai bahan pembuatannya. Roti gaplek khas Wonogiri memiliki beragam varian rasa mulai dari coklat, kayu manis, jahe, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu pengemasan roti gaplek sendiri cenderung praktis sehingga aman jika di bawa saat perjalanan jauh.

7. Sambal Cabuk Wijen

Sambal Cabuk Wijen menjadi salah satu oleh-oleh khas Wonogiri yang banyak di buru oleh wisatawan. Di mana ini adalah olahan sambal yang memiliki tampilan serupa dengan pepes. Selain itu biasanya sambal cabuk wijen di bungkus menggunakan daun pisang kemudian di bakar hingga mengeluarkan aroma yang khas. Di jual dengan harga yang relatif terjangkau, sambal cabuk wijen sangat cocok di nikmati bersamaan dengan nasi panas.

8. Tiwul

Tiwul merupakan salah satu makanan tradisional. Selain itu tiwul juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Wonogiri yang bisa di bawa pulang. Memiliki citarasa yang unik, tidak heran jika banyak wisatawan yang memburu makanan khas satu ini. Sebagai informasi tambahan, tiwul terbuat dari bahan utama singkong yang diolah dengan cara di keringkan kemudian di tumbuk hingga halus. Untuk meningkatkan citarasa, biasanya tiwul disajikan bersamaan dengan parutan kelapa dan irisan gula jawa.

Nah itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Wonogiri yang menarik untuk dibawa pulang. Dari beberapa rekomendasi yang sudah disebutkan, manakah yang paling membuatmu tertarik untuk membelinya?

Baca Juga :

***