Cityawesome.com – Masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Muslim. Selain itu masjid juga bisa di jadikan sebagai tujuan destinasi wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi. Terutama saat ramadan, semua masjid di seluruh dunia selalu dalam keadaan ramai. Oleh karenanya kamu bisa menjadikan masjid sebagai pilihan terbaik untuk dikunjungi saat ramadan.

Kali ini akan di bahas mengenai beberapa masjid terbesar di Asia Tenggara yang bisa kamu kunjungi. Dengan begitu nantinya kamu bisa mendapatkan pengalaman wisata religi yang berbeda.

1. Masjid Istiqlal

1. Masjid Istiqlal

Menjadi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara, masjid Istiqlal berada di Indonesia tepatnya di Jakarta. Masjid ini jugalah yang menjadi salah satu ikon ibukota Indonesia ini. Selain itu masjid Istiqlal di bangun pertama kali pada masa pemerintahan presiden Soekarno yang di lengkapi dengan kubah berdiameter 45 meter.

Tidak hanya itu saja, masjid yang satu ini bahkan memiliki 12 tiang besar dengan tinggi mencapai 96 meter. Sangking besarnya, masjid Istiqlal mampu menampung jamaah hingga 120ribu orang.

2. Masjid Al-Akbar

2. Masjid Al-Akbar

Di Indonesia terdapat beberapa masjid yang sekaligus menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Kali ini kita beralih ke Surabaya, di mana di sana terdapat masjid Al-Akbar yang mampu menampung jamaah hingga 59ribu orang.

Masjid ini di lengkapi dengan 4 kubah kecil dan 1 menara dengan tinggi yang mencapai 99 meter. Bahkan masjid yang di bangun pertama kali pada tahun 1995 ini membutuhkan waktu hingga 10 tahun hingga semuanya selesai.

3. Masjid Islamic Center Samarinda

masjid terbesar di asia tenggara. Masjid Islamic Center Samarinda

Di Samarinda, Indonesia. Terdapat Masjid Islamic Center Samarinda yang juga termasuk salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Selain itu masjid ini juga di lengkapi dengan kubah besar yang berada di tengahnya.

Baca Juga:  9 Negara dengan Puasa Terlama di Dunia

Saat berkunjung kesana nantinya kamu akan melihat 7 menara dengaan 15 lantai yang tiap lantainya memiliki tinggi sekitar 6 meter. Tidak hanya itu saja, bahkan menara utamanya memiliki tinggi mencapai 99 meter. Oleh karena itu masjid ini mampu menampun jamaah hingga 45 ribu orang.

4. Masjid Sultan Hassanal Bolkiah Cotabato

masjid terbesar di asia tenggara Masjid Sultan Hassanal Bolkiah Cotabato

Berada di Filipina, masjid Sultan Hassanal Bolkiah Cotabato menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Selain itu masjid ini juga merupakan masjid bersejarah karena menjadi tempat penyebaran Islam di Filipina tepatnya pada abad ke 14.

Masjid Sultan Hassanal Bolkiah Cotabato menampung setidaknya 1200 jamaah.

5. Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin

masjid terbesar di asia tenggara Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin

Beralih ke Malaysia, di mana terdapat salah satu tempat ibadah umat Muslim terbesar di Asia Tenggara. Mampu menampung hingga 24ribu jamaah, masjid Tuanku Mirzan Zainal Abidin di bangun pertama kali pada tahun 2004. Selain itu masjid ini di lengkapi dengan kipas udara yang khusus di dalamnya sehingga membuat siapapun yang datang menjadi betah.

Selain itu masjid ini juga memiliki kubah yang terbua dari besi anti karat dengan cermin yang mengelilingi masjid ini.

6. Masjid Raya Baiturrahman

masjid terbesar di asia tenggara Masjid Raya Baiturrahman

Tidak hanya menjadi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Baiturahman terbilang cukup populer karena selamat dari tragedi Tsunami aceh pada tahun 2004. Di mana masjid ini di bangun oleh Sultan Alauddin Mahmud Syah tepatnya pada tahun 1292 Masehi.

Baru kemudian pembangunannya di lanjutkan oleh Sultan Iskandar Muda dengan tambahan beberapa menara di sekitarnya.

Demikian beberapa rekomendasi masjid terbesar di Asia tenggara yang bisa kamu kunjungi. Dari beberapa yang telah di sebutkan di atas, manakah yang membuatmu tertarik untuk mengunjunginya?***