Cityawesome.com – Wisata Candi Penataran di Blitar. Mengunjungi wisata sejarah akan memberikan pelajaran dan pengalaman baru tentang kehidupan di masa lalu. Seperti yang ada di Jawa Timur, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan Candi Penataran. Di mana tidak lain adalah kompleks candi Hindu terluas yang ada di provinsi ini.

Pada artikel kali ini akan di berikan informasi mengenai sejarah dan daya tarik Candi Penataran untuk kamu yang ingin mengenal tentang situs sejarah yang cukup terkenal akan cerita mistis di dalamnya.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Candi Penataran berlokasi di Desa Penataran Nglegok, Blitar, Jawa Timur, Indonesia 66181. Tepatnya berada di tengah pemukiman warga dan berjarak sekitar 12 KM dari pusat kota Blitar. Untuk mencapai lokasi, kamu akan membutuhkan waktu sekitar 25 menit.

wisata candi penataran di blitar

Untuk harga tiket wisata yang satu ini, pihak pengelola Candi Penataran menerapkan tarif sukarela bagi semua pengunjung yang tertarik datang dan belajar mengenai situs sejarah di sana.

Jam operasional dari wisata Candi Penataran ini di buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Sejarah dan daya tarik wisata Candi Penataran

Candi Penataran memiliki nama asli yakni Candi Palah. Di katakan menjadi kompleks candi terluas di Jawa Timur, Candi Penataran berdiri diatas lahan dengan luas 12.946 KM persegi. Sedangkan keindahan wisatanya mampu membuat siapapun menjadi terpukau. Bagaimana tidak kamu akan melihat keindahan pohon dan bunga di sekitar area candi.

wisata candi penataran di blitar

Kompleks Candi Penataran terbagi menjadi 3 area yakni halaman depan, tengah, dan belakang. Di mana setiap masing-masih halaman memiliki bangunan candi sekaligus arca yang ada di sekitarnya. Selain itu nantinya saat awal masuk di halaman depan, maka kamu akan di sambut dengan dua arca Dwarapala yang mempesona.

Baca Juga:  8 Negara Wisata dengan Tingkat Kriminalitas yang Tinggi

Komple Candi Penataran di lengkapi dengan berbagai candi dengan ukiran yang cantik dan bentuk yang berbeda-beda. Adapun beberapa bangunannya yang cukup terkenal yakni :

1. Candi Candra Sengkala di Halaman Tengah

Bangunan candi yang satu ini menjulang lebih tinggi di bandingkan dengan candi lainnya. Posisinya ada di halaman tegah dan menjadi yang paling populer sebagai Candi Brawijaya dan Ganesha. Hal ini di karenakan terdapat arca Ganesha tepat didalam bangunan candi Candra Sengkala.

2. Candi Naga

Beralih ke halaman tengah, kamu akan menemukan Candi Naga yang berbentuk persegi lengkap dengan relief naga di dinding candi. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini Candi Naga hanya tersisa di bagian kaki dan badan candi saja.

3. Candi Utama di halaman belakang

Setelah masuk pada halaman tengah, selanjutnya menuju ke area halaman belakang kompleks. Di mana teedapat bangunan utama dari Candi Penataran. Untuk posisinya sendiri berada di area tanah yang lebih tinggi. Selain itu bangunan utama candi ini terdiri dari 3 teras yang tersusun ke atas. Ketinggiannya mencapai 7 meter, di mana relief dindingnya menceritakan tentang legenda Ramayana.


Aktifitas wisata

Tidak hanya memungkinkan pengunjung untuk belajar mengenai situs sejarah, nyatanya kamu juga bisa melakukan berbagai aktifitas yang seru dan menyenangkan. Di karenakan lokasi Candi Penataran berada di lereng barat daya Gunung Kelud dengan ketinggian 450 Mdpl, kamu akan bisa merasakan sensasi sejuk diarea kaki gunung.

wisata candi penataran di blitar

Terlebih lagi di sana sudah tersedia bangku untuk kamu sekedar beristirahat dan bersantai. Lebih dari itu, di dekat kompleks candi terdapat kolam pemandian yang bisa di kunjungi. Untuk bisa menikmati kesegaran air yang jernih, pastikan kamu membawa pakaian ganti sebelum berangkat.

Baca Juga:  7 Skatepark Terbaik Dan Paling Menakjubkan Di Dunia : Penuh Fasilitas !

Fasilitas wisata Candi Penataran

Meskipun kamu hanya perlu membayar sukarela untuk masuk ke area candi, namun fasilitas yang tersedia di sana terbilang cukup lengkap. Adapun beberapa fasilitas penunjang yang bisa kamu nikmati adalah Toilet, Mushola, Area parkir yang cukup luas, bahkan hingga pusat kuliner dan oleh-oleh khas Blitar.

Demikian informasi mengenai wisata situs sejarah Candi Penataran di Blitar yang menarik untuk dikunjungi. Selamat Berlibur !

Baca Juga :

***