Cityawesome.comBerkunjung ke wisata edukasi bersama keluarga tentu akan memberikan pengalaman yang cukup mengesankan. Bale Tani Jombang merupakan salahh satu rekomendasi wisata edukasi yang mengusung tema pertanian. Dengan begitu saat berkunjung kesana memungkinkan kamu belajar mengenai apa saja yang ada dalam ruang lingkup pertanian.

Menariknya lagi tidak hanya pertanian saja melainkan juga kamu bisa sekaligus belajar tentang budidaya ikan air tawar dan peternakan lainnya. Berikut adalah ulasan mengenai Bale Tani yang ada di Jombang untuk bisa di jadikan referensi wisata.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Bale Tani Jombang berlokasi di Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Bareng, Jombang, Jawa Timur, Indonesia, 61474. Di mana untuk harga tiketnya sendiri terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 10 ribu saja perorang.

Note : Harga tiket berlaku untuk pengunjung minimal 2 tahun.

Sedangkan jam operasional yang ada di wisata Bale Tani Jombang ini di buka setiap hari mulai jam 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

wisata bale tani

Sejarah berdirinya Bale Tani di Jombang

Menurut sejarahnya, Bale Tani ini dulunya hanya pusat pelatihan pertanian, kebun, peternakan, dan penggilingan beras. Di mana tepatnya perlatihan tersebut di mulai sejak tahun 2006. Kemudian saat 2017, melihat potensi yang cukup bagus dari pusat pelatihan ini, Bale Tani di ubah menjadi agrowisata. Hanya saja masih ada pelatihan di dalamnya.

Daya tarik wisata Bale Tani

Saat berkunjung ke Bale Tani ini, kamu akan menemukan banyak Bale di dalamnya dengan nama yang berbeda-beda. Selain itu setiap Bale yang ada juga memiliki keunikannya tersendiri hingga membuat pengunjung tertarik untuk datang sesuai kebutuhan.

wisata bale tani

Adapun beberapa Bale yang tersedia di Bale Tani ini di antaranya adalah :

Baca Juga:  Berkunjung ke Wisata Keluarga De Wisdom Garut, Serasa di Bali !

1. Bale Ageng

Merupakan balai besar yang berbentuk seperti pendopo. Biasanya Bale Ageng ini di gunakan untuk acara outdoor dengan tampilan acara musik terutama saat weekend. Pada area samping Bale Ageng ini terdapat beberapa meja kursi dan payung taman untuk sekedar bersantai atau melihat aksi panggung. Sebagai informasi tambahan, Bale Ageng bisa di sewakan untuk umum dengan kapasitas 100 orang.

2. Bale Kempal

Bale Kempal sendiri memiliki arti yakni Bale Kumpul. Bersifat indoor, Bale Kempal sering di gunakan untuk seminar maupun workshop. Selain itu Bale Kempal sendiri di sewakan untuk umum dengan kapasitas 30 orang dan biaya sekitar Rp 600 ribu per 3 jam pemakaian.

Di mana untuk pelatiahan mengenai pertanian lebih sering di selenggarakan di bale ini. Lokasi dari Bale Kempal sendiri berada di samping pintu masuk pembayaran tiket.

3. Bale Alit

Merupakan bale kecil yang berbentuk rumah pohon dan berada di atas batang pohon buatan. Menariknya lagi pada batang pohon bagian bawah terdapat pintu tiruan yang berukuran kecil. Sesuai dengan namanya, Bale Alit di tujukan untuk area bermain anak. Terdapat jembatan penghubung antara rumah dan ayunan di bawahnya.

4. Bale Bengo

Di Bale ini tersedia fasilitas karaoke untuk bernyanyi bersama hingga berteriak. Jika Bale Alit merupakan fasilitas untuk anak, Bale Bengo ini fasilitas yang bisa di manfaatkan untuk orang tua. Lokasinya berada di samping Bale Alit sehingga nantinya orang tua bisa bernyanyi sekaligus tetap mengawasi pergerakan anak di Bale Alit.

5. Bale Bengong

Bengong memiliki arti melamun. Sesuai dengan namanya, berkunjung ke Bale Bengo kamu bisa melamun atau menyendiri. Di Bale ini terdapat kolam dan beberapa gazebo. Suasana tenang di pinggir kolam dengan angin yang berhembus sangat cocok untuk kamu yang ingin menyendiri.

wisata bale tani

Aktivitas wisata Bale Tani

Ada beragam aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di Bale Tani Jombang ini. Pihak pengelola sendiri menyediakan paket edukasi untuk umum dengan materi tentang cara penanaman, memberi makan ikan dan kelinci. Untuk waktu pembelajaran sendiri biasanya berlangsung selama 2 jam. Selain itu yang lebih menarik adalah kegiatan outbond dan berswa foto di spot menarik dan instagramable.

Baca Juga:  Info Lokasi dan Harga Tiket Terbaru Wisata Kuntum Farmfield

Fasilitas wisata Bale Tani

Bale Tani Jombang merupakan objek wisata edukasi yang tentunya di lengkapi dengan beragam fasilitas penunjang yang menarik. Berikut ini beberapa fasilitas penunjang dari wisata Bale Tani :

  • Area parkir yang cukup luas
  • Tempat makan
  • Toilet
  • Mushola
  • Kolam renang

Demikian penjelasan mengenai Bale Tani Jombang yang menjadi wisata edukasi favorit masyarakat sekitar. Jika kamu berdomisili di wilayah kota santri ini, pastikan untuk tidak melewatkan Bale Tani sebagai salah satu objek wisata menarik.

Baca Juga :

***