Keindahan Wisata Salar de Uyuni, Danau Cermin di Bolivia

Cityawesome.com – Wisata Salar de Uyuni. Di Amerika Selatan tepatnya di negara Bolivia, terdapat salah satu danau garam terbesar di dunia yang menyimpan beragam daya tariknya tersendiri. Bernama Salar de Uyuni, memiliki luas sekitar 4.086 km persegi sekaligus menjadi penghasil garam terbanyak di dunia.

Menariknya lagi, danau ini berada pada ketinggian puncak Pegunungan Andes yang merupakan salah satu puncak tertinggi di dunia.

Jika berkesempatan untuk datang ke Salar de Uyuni, tentu akan menjadi pengalaman paling mengesankan dan sulit untuk dilupakan. Simak ulasan sekaligus daya tarik dari wisata Salar de Uyuni berikut ini !

1. Berada di dataran tinggi

Mungkin sebagian dari kamu mengetahui bahwa garam di produksi dari lautan. Namun siapa sangka, garam juga berasal dari danau yang berada di dataran tinggi. Bahkan ketinggiannya sendiri mencapai hingga 3.656 Mdpl atau setara dengan 11.995 kaki.

Sebagai informasi tambahan, Salar de Uyuni menjadi bagian dari altiplano atau dataran tinggi yang terbentuk saat pegunungan andes terbentuk.

Adapun dataran tinggi ini terbentuk dari transformasi danau yang besar sekitar 30 ribu tahun yang lalu. Bahkan ada study yang melaporkan pada masa tersebut radiokarbon membentuk karang dari endapan dan terumbu karang karbonat yang muncul ke permukaan bumi.

2. Penghasil garam terbesar di dunia

Seperti pada penjelasan sebelumnya, Salar de Uyuni sendiri merupakan penghasil garam terbesar di dunia. Bagaimana tidak, danau ini terbentuk dari kerak garam dan memiliki permukaan datar dengan ketebalan sekitar 1 km yang menyelimuti seluruh permukaan danau.

Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya 25 ribu ton garam di hasilkan di danau ini setiap tahunnya.

Lebih dari itu, bahkan tidak hanya garam saja, danau ini juga menyimpan cadangan lithium yang mencapai hingga 50 persen dari total cadangan lithium yang ada di dunia. Lithium sendiri adalah komponen utama dalam baterai baik untuk ponsel, laptop, bahkan hingga mobil listrik.

3. Menjadi habitat spesies unik

Fakta menarik lainnya yang ada di Salar de Uyuni adalah menjadi habitat bagi spesies unik. Di mana setidaknya terdapat sekitar 80 spesies burung yang tinggal di Uyuni mulai dari Andean Goose dan Andean Hillstar.

Selain itu terdapat juga flamingo Amerika Selatan yang memiliki corak warna merah jambu.

Tidak jarang juga datarannya Uyuni dijadikan sebagai tempat observasi satelit yang ada di bumi. Hal ini di karenakan permukaannya yang luas, datar, dan bening.

4. Terdapat pulau di tengah daratan

Terdapat pulau yang berada di tengah dataran garam ini, namanya adalah Isla Incahuasi atau pulau Incahuasi. Pulau tersebut memiliki luas sekitar 24,62 hektar dan menjadi tempat bagi kaktus raksasa tumbuh.

Jika tertarik untuk berkunjung kesana, kamu bisa datang baik saat musim hujau maupun musim panas. Hanya saja jika curah hujan sedang tinggi maka kamu harus lebih berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

Namun jika ingin berkunjung saat musim kemarau, maka keuntungan yang bisa didapatkan adalah datarannya yang lebih keras sehingga wisatawan bisa menjangkau setiap bagian daratan yang ada di Salar de Uyuni.

Demikian informasi mengenai Salar de Uyuni. Jika kamu ingin berkunjung ke negara Bolivia, akankah kamu mampir ke danau terbesar yang satu ini?

Baca Juga :

***