Info Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas Wisata Kalikuning Park

Cityawesome.com – Wisata Kalikuning Park. Berlibur di Jogja tentunya tidak perlu bingung untuk memilih destinasi wisata. Ada banyak tempat yang bisa di pilih seperti salah satunya adalah Kalikuning Park. Lokasinya berada di Sleman dan masih 1 kawasan dengan Plunyon Kalikuning. Memungkinkan kamu untuk bisa menikmati panorama hijau yang terbentang luas. Terlebih suasananya masih sangat asri dan membuat siapapun yang datang menjadi betah.

Sebagai informasi tambahan, wisata Kalikuning Park ini sempat terkena dampa erupsi Gunung Merapi beberapa tahun yang lalu. Namun saat ini semuanya kembali tumbuh dengan subur dan semakin menakjubkan.

Penasaran ingin mengunjunginya? Simak ulasan di bawah ini tentang harga tiket dan daya tarik didalamnya.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Kalikuning Park berlokasi di Jl. Bebeng, Pangukrejo, ngrangkah, RT.01/RW.04, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta , Indonesia, 55583. Tepatnya berjarak sekitar 27 KM dari pusat kota Yogyakarta dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai kesana.

Untuk tarif tiket masuk Kalikuning Park sendiri terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 12 ribu saja perorang.

Sedangkan jam operasionalnya di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 17.00 WIB.

Daya tarik dan aktivitas wisata Kalikuning Park

Merupakan salah satu objek wisata yang berada di Taman Nasional Gunung Merapi. Kalikuning Park menyuguhkan keindahan alam asri dengan berbagai aktivitas yang bisa di lakukan di sana. Di bawah ini adalah beberapa daya tarik dan aktivitas wisata Kalikuning Park :

1. Trekking

Nah untuk kamu yang suka melakukan aktivitas olahraga, Trekking bisa menjadi pilihan karena memiliki lahan luas di dalamnya. Selain itu dengan trekking juga memungkinkan kamu untuk bisa mengenal lebih jauh kekayaan alam yang ada di Kalikuning Park.

Terdapat beragam aneka flora dan fauna yang tumbuh di sana seperti salah satunya adalah tanaman balsem dan elang Jawa yang di lindungi.

Kemudian di bagian selatan, kamu akan menemukan jalan setapak yang menghubungkan antara Kalikuning Park dan Plunyon. Bahkan nantinya pengunjung bisa menyusuri sungai yang mengalir di area taman.

2. Menjadi sumber mata air

Salah satu daya tarik yang ada di Kalikuning Park yakni menjadi sumber mata air bagi Umbul Lanang dan Umbul Wadon. Pada area bawah dari taman ini terdapat sungai kecil yang di jadikan sumber mata air. Di mana untuk menuju kesana, kamu harus menuruni anak tangga yang sedikit curam.

Oleh karena itu di harapkan untuk pengunjung agar lebih berhati-hati. Meskipun begitu, saat sudah sampai di bawah maka kamu akan merasakan air jernih yang segar dan dingin. Hanya saja, Umbul Lanang dan Wadon tidak boleh di gunakan untuk mandi.

3. Jejeran spot foto menarik

Kurang lengkap rasanya jika berlibur ke Jogja namun tidak mengambil gambar apapun. Nah jangan khawatir karena di Kalikuning Park nantinya kamu akan menemukan banyak spot foto terbaik. Bagaimana tidak, lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi ini akan menampakan keindahan gunung untuk dijadikan background.

Selain itu pemandangan hutan hijau juga tidak bisa di lewatkan begitu saja. Bahkan jika masih kurang, pihak pengelola sendiri menyediakan beberapa spot foto instagramable seperti panggung kayu di pinggir tebing, kursi gantung, sangkar burung raksasa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Berkemah

Kalikuning Park seringkali di jadikan sebagai lokasi untuk berkemah. Selain itu di sana juga terdapat rumah kayu yang berbentuk segitiga dan sering digunakan sebagai tenda family. Adapun tenda tersebut biasanya di sewakan dengan kapasitas maksimal 4 orang. Kemudian disekitarnya terdapat ayunan kayu dan api unggun.

Fasilitas wisata Kalikuning Park

Meskipun tarif tiket masuknya masih terbilang cukup terjangkau, namun pihak pengelola sendiri menyediakan fasilitas penunjang yang lengkap. Berikut adalah beberapa diantarnya :

  • Area parkir yang cukup luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Jejeran bangku taman
  • Pendopo Joglo

Nah itulah ulasan tentang Kalikuning Park di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. Dapatkan pengalaman seru bersama teman dan keluarga disana. Selamat berlibur !

Baca Juga :

***