8 Rekomendasi Makanan Khas Bima yang Menggugah Selera

Cityawesome.com – Makanan khas Bima. Bima merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terkenal akan keindahan pantainya, Bima menjadi rekomendasi kunjungan untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur.

Menariknya, Bima tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata alam yang memukau. Ada beberapa makanan khas Bima yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu simak artikel kali ini yang akan membahas tentang makanan khas Bima. Berikut ulasannya !

Rekomendasi Makanan Khas Bima

1. Bingka Dolu

Merupakan kue tradisional yang terbuat dari beberapa bahan seperti tepung terigu, santan, telur, baking powder, gula pasir, garam, dan daun pandan. Bingka Bolu sendiri memiliki tekstur yang serupa dengan kue lumpur. Bahkan ada beberapa varian rasa yang bisa di nikmati seperti gula merah dan rasa pandan. Nantinya pengunjung akan menemukan Bingka Dolu dengan mudah di pasar-pasar tradisional terdekat.

2. Kahangga

Makanan khas Bima yang satu ini terbuat dari bahan tepung beras dan gula. Termasuk dalam kue tradisional, Kahangga memiliki citarasa yang manis dan gurih. Selain itu dulunya makanan ini sering di hidangkan saat ada acara hajatan.

Memiliki bentuk unik dengan tekstur yang seperti retak. Kahangga sendiri di olah dengan cara di goreng dengan cetakan yang terbuat dari batok kelapa.

3. Kue Mata Pisang

Jika di lihat dari namanya mungkin terdengar sedikit asing. Kue Mata Pisang merupakan salah satu makanan khas Bima yang tidak boleh di lewatkan begitu saja. Terbuat dari potongan ubi kayu dan pisang yang ada di tengahnya. Selain itu dalam proses pembuatannya, di tambahkan beberapa bahan untuk menciptakan cita rasa yang menggugah selera seperti gula putih, kelapa parut, garam, dan pewarna makanan.

4. Pangaha Sinci

Pangaha Sinci merupakan kue yang memiliki bentuk seperti cincin. Makanan ini sekaligus menjadi makanan tradisional yang cukup terkenal di Bima. Selain itu Pangaha Sinci juga dibedakan dari segi ukuran di mana kamu bisa menemukan yang besar dan kecil.

Makanan khas satu ini terbuat dari beberapa campuran bahan seperti gula merah, tepung terigu, garam, dan telur. Adapun untuk adonannya harus di rebus terlebih dahulu sebeum akhirnya di goreng dengan campuran telur dan tepung.

5. Sayur Sambi

Termasuk dalam salah satu makanan khas Bima. Sayur Sambi menggunakan bahan utama yakni Daun Kosambi yang di masak dengan beberapa campuran bahan lain seperti tulang, dan daging sapi atau kerbau. Selain itu Sayur Sambi inni memiliki citarasa yang terbilang cukup unik dan dipercaya kaya akan manfaat.

6. Uta Londe Puru

Makanan khas Bima lainnya yang tidak kalah terkenal adalah Uta Londe Puru. Terbuat dari bahan utama ikan Bandeng yang diolah dengan cara dibakar. Namun sebelum itu, ikan bandeng akan diberi garam. Seringkali dihidangkan bersamaan dengan nasi panas dan sambal kecap.

7. Uta Maju Puru

Merupakan dendeng yang terbuat dari daging rusa. Uta Maju Puru di olah dengan bahan utama daging rusa yang di dendeng dan di bakar. Untuk menambahkan citarasa yang lezat, tidak lupa di campurkan beberapa bumbu hingga menghasilkan rasa gurih.

8. Uta Sepi Tumis

Merupakan salah satu rekomendasi makanan khas Bima yang tidak boleh di lewatkan begitu saja. Uta Sepi Tumis sendiri terbuat dari bahan udang kecil atau rebon yang di temus dengan beberapa campuran seperti tomat, cabai, asam, dan kemangi. Terbilang cukup populer, Uta Sepi Tumis memiliki citarasa yang gurih dan membuat siapapun menjadi ketagihan.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan khas Bima yang bisa menjadi referensi dan sayang untuk dilewatkan. Dari beberapa rekomendasi di atas, manakah yang membuatmu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga :

***