Info Lokasi, Daya Tarik, dan Keindahan Wisata Umbul Pengging

Umbul Pengging merupakan salah satu tempat rekomendasi wisata yang ada di wilayah Boyolali. Di mana kamu bisa sekedar membuat tubuh menjadi rileks dan healing bersama keluarga. Selain itu Umbul Pengging sendiri terbilang cukup populer dan selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Jika kamu menyukai aktivitas wisata air, maka kamu bisa menikmati kesegaran air di sana dan untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang berbeda.

Pada artikel kali ini akan di berikan ulasan seputar Umbul Pengging untuk bisa menjadi salah satu referensi tujuan berlibur. Simak ulasan berikut !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Objek wisata Umbul Pengging beralamatkan di Umbulsari, Bendan, Kec. Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Tepatnya jaraknya hanya sekitar 10 KM dari pusat kota Boyolali. Sedangkan untuk harga tiket wisata ini juga sangat murah yakni sekitar Rp 5 ribu perorang. Dengan begitu nantinya kamu bisa datang bersama dengan rombongan untuk menikmati kesegaran air di sana.

Sedangkan jam operasional Umbul Pengging di buka setiap hari mulai dari jam 05.30 sampai dengan 17.00 WIB. Selain itu sebagai informasi tambahan, tarif masuk wisata ini belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Sejarah wisata Umbul Pengging

Berdasarkan sejarahnya, Umbul Pengging adalah salah satu Pesanggrahan dari Ngeksi Purna yang meliputi masjid Ciptomulyo dan Kompleks makam Astana Luhur. Lokasinya sendiri berada di sekitar pemukiman masyarakat sehingga aksesnya terbilang mudah. Adapun nama Pengging sudah ada sejak kerajaan Majapahir hingga akhirnya muncul kembali di zaman kerajaan Mataram Islam di masa Pemerintahan Paku Buwono III.

Selain itu kompleks makam Astana Luhur terbilang cukup sering di kunjungi oleh Paku Buwono IX dan Paku Buwono X.

Bertujuan untuk keperluan ziarah, maka Paku Buwono X mendirikan pesanggarahan yang bernama Ngeksi Purna lengkap dengan 3 umbul di dalamnya. Bahkan lebih dari itu, Umbul Pengging sendiri hingga kini masih di gunakan untuk melakukan permohonan tertentu dengan melakukan ritual khusus bagi orang yang mempercayainya.

Spot wisata Umbul Pengging

Menjadi salah satu destinasi wisata yang populer, nyatanya Umbul Pengging memang memiliki daya tariknya tersendiri. Memungkinkan pengunjung untuk bisa berendam dan menikmati kesegaran air di sana. Menariknya kamu juga bisa berswafoto dengan sensasi menyelam di pemandian ini. Selain itu Umbul Pengging juga di lengkapi dengan landmark pemandian kerajaan di masa lalu yang sekaligus menjadi spot dan panorama menarik di wisata ini.

Usahakan untuk membawa baju ganti dan datang saat pagi hari untuk meminimalisir keramaian pengunjung terutama saat siang dan sore hari.

Fasilitas wisata Umbul Pengging

Meskipun tarif tiketnya cenderung murah, namun fasilitas yang tersedia tidak perlu di pertanyakan. Di mana pihak pengelola sendiri memberikan berbagai fasilitas untuk membuat semua pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di sana. Berikut adalah beberapa fasilitas Umbul Pengging :

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Pusat informasi
  • Jejerang warung makanan
  • Kamar bilas
  • Toilet
  • Mushola
  • Jejeran gazebo

Demikian ulasan mengenai Umbul Pengging yang menarik untuk dikunjungi. Jika kamu berada di wilayah Boyolali dan sekitarnya, pastikan agar tidak melewatkan destinasi wisata yang satu ini.

Baca Juga :

***