Taman Alam Lumbini: Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas Wisata !

Wisata Taman Alam Lumbini terletak di dataran tinggi Karo di dekat Gunung Sibayak. Taman tersebut menampilkan replika “Pagoda Shwedagon”, pagoda tertinggi kedua di Myanmar. Pagoda tertinggi di Indonesia adalah Pagoda Emas Taman Lumbini, yang memiliki tinggi 42 meter.

Nama Lumbini berasal dari tempat lahir Sidharta Gautama, pendiri agama Buddha. Taman seluas 3 ha ini resmi di dirikan pada tahun 2010. Berjarak sekitar lima puluh kilometer, atau satu jam dan setengah dari Kota Medan.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Taman Alam Lumbini berlokasi di Barus Jahe, Brastagi, Dolat Raya, Kaban Jahe, Karo, Sumatra Utara, Indonesia, 22171. Wisatawan tidak perlu membayar untuk masuk ke kuil atau parkir. Mereka hanya perlu memberikan donasi, yang bergantung pada kerelaan hati masing-masing pengunjung.

Kuil Budha ini buka setiap hari untuk wisatawan untuk menikmati keindahan. Di sisi lain, perlu di perhatikan bahwa kuil ini masih digunakan sebagai tempat beribadah. Jika ada ritual keagamaan, mungkin akan ada beberapa pembatasan.

Daya tarik dan keindahan wisata alam Lumbini

Bangunan Pagoda Emas, yang merupakan replika dari Pagoda Shwedagon Myanmar, adalah daya tarik utama Taman Lumbini. Karena lokasinya di dataran tinggi, taman ini memiliki suasana yang sejuk. Ini di dukung oleh taman yang indah dan alami.

1. Kemegahan dan Keindahan Pagoda

Taman Alam Lumbini memiliki Pagoda tertinggi dan terindah di Indonesia. Keindahan Pagoda di taman ini terlihat dari jauh karena letaknya di atas bukit. Pagoda dua lantai ini panjangnya 69 meter dan tingginya 46,8 meter. Stupa berwarna emas, serta beberapa relief dan patung di tembok dan taman, adalah simbol utamanya. Di antaranya 108 relik suci, 2.598 rupang Buddha, 30 rupang Arhat, dan objek lainya.

Uniknya, tempat wisata ini lebih di kenal sebagai Pagoda Emas daripada Taman Alam Lumbini. Rekor MURI menunjukkan stupa tertinggi di Indonesia. Selain itu, struktur ini merupakan replika tertinggi kedua di Asia Tenggara yang mengalami kerusakan. Pembangunan Komplek TAL dengan replika pagoda ini merupakan sumbangan dari berbagai kelompok Buddhis dari berbagai negara

2. Wisata Religi

Salah satu tempat wisata religius adalah Taman Alam Lumbini. Begitu memasuki komplek taman, sudah terasa atmosfer religius. Pada peresmiannya tahun 2010 silam, Puja Bakti/Pemberkahan ini memiliki 1.250 anggota Sangha terbanyak, memecahkan rekor MURI. Ada 100 bhikkhu dari Indonesia, 650 dari Myanmar, 400 dari Thailand, dan dari 17 negara lainnya.

Pusat ibadah umat Buddha adalah pagoda emas Berastagi ini. Wisatawan dapat berdoa dengan dupa dan lilin di dalam gedung. Tempat ini adalah tempat pelatihan diri bagi umat Budha, termasuk meditasi dan aktivitas Budha lainnya.

Untuk masuk ke Pagoda Emas, pengunjung harus melepas sepatu dan menghindari suara keras. Saat upacara keagamaan Buddha berlangsung, bagian dalam Pagoda Emas di tutup untuk pengunjung. Namun, orang masih dapat menikmati taman dan sekitarnya.

Fasilitas Taman Alam Lumbini

Fasilitas yang tersedia juga lengkap. Golden Lotus Helathy Cuisine adalah restoran vegetarian yang terletak di samping pagoda. Tempat wisata ini juga menjual berbagai macam souvenir dan buah dan sayur yang tidak di racun. Area parkir kendaraan pun tersedia pada area yang cukup luas.

Area wisata ini juga memiliki arena bermain anak-anak dengan berbagai fasilitas permainan, seperti Single Air Walker.

Baca Juga :

***