Lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas Wisata Ketep Pass Magelang

Ketep Pass Magelang – Salah satu tempat wisata alam Magelang adalah Ketep Pass, di mana orang dapat melihat pemandangan dari ketinggian, termasuk Gunung Merapi. Berada di antara dua gunung Merapi dan Merbabu menawarkan keindahan yang tak tertandingi. Pengunjung dapat melihat puncak empat gunung: Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing dari dekat.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Ketep Pass Magelang beralamatkan di Jl. Blabak – Boyolali No.KM. 16, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56481. Pengunjung harus membayar antara Rp10.500 dan Rp12.500 untuk masuk ke Museum dan Area Ketep Pass. Objek wisata ini buka setiap hari, sehari-hari dan akhir pekan, dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Ketep Pass Magelang

Kenikmatan utama bagi wisatawan yang datang ke sini pasti adalah pemandangan indah dari puncak pegunungan. Berikut adalah beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan di tempat ini, selain tentu saja kesejukan udara dan keindahan alamnya.

1. Museum Vulkanologi & Volcano Theater

Pengunjung yang ingin belajar tentang vulkanologi juga dapat melihat merapi lebih dekat dengan menggunakan teropong. Mereka dapat melihat bentuknya setelah erupsi atau mempelajari karakteristiknya. Anda dapat mengunjungi Ketep Pusat Vulcano jika Anda merasa kurang informasi. Bangunan yang juga dikenal sebagai museum vulcanologi ini memiliki bentuk melingar. Di Museum Vulcanologi, Anda dapat melihat miniatur gunung merapi, seperti bebatuan sisa erupsi. Selain itu, ada poster dan foto tentang aktivitas merapi serta peringatan dini lahar merapi.

Pengunjung dapat mengunjungi bioskop mini yang menayangkan film dokumenter tentang sejarah terbentuknya Merapi, penelitian di Puncak Garuda, dan letusan Merapi. Film ini ditayangkan selama 25 menit dan hanya boleh ditonton oleh maksimal 78 orang per sesi.

2. Puncak 5 Gunung

Di ketinggian 1.200 meter persegi, Ketep Pass terletak di lereng Gunung Merbabu. Jika cuaca cerah, puncak Merapi dapat dilihat dari tempat ini. terutama sisa-sisa erupsi yang terjadi pada tahun 2010. Asam sulfata yang berasal dari kubah lava Merapi juga dapat dilihat oleh pengunjung. Dari lokasi wisata ini, Anda dapat melihat puncak empat Gunung lainnya selain Gunung Merapi. Tempat wisata ini terletak di antara Gunung Merbabu, Gunung Slamet, dan Gunung Kembar Sindoro dan Sumbing.

3. Keindahan Sunset dan Sunrise

Pengunjung dapat pergi di pagi hari atau sore hari agar cuaca tidak terlalu panas; di pagi hari, mereka dapat menikmati pemandangan matahari terbit, udara yang lebih segar, dan kabut tipis; dan di sore hari, mereka dapat menikmati pemandangan matahari terbenam sambil makan jagung bakar.

Pengunjung dapat mengabadikan pemandangan alam melalui foto. Mereka bisa mengambil foto di tulisan “Ketep Pass” atau, jika cuaca cerah, mengambil foto latar belakang gunung Merapi dan Merbabu. Pengunjung yang datang di pagi hari atau sore hari dapat menikmati pemandangan sunset atau sunrise.

4. Keindahan Alam yang Menakjubkan

Kawasan wisata ini menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Pengunjung dapat melihat pemandangan lebih dekat dari dua teropong: di puncak Panda Arga dan di Gardu Pandang. Mereka dapat melihat Merapi, Andong, dan Merbabu dari atas.

Pelataran Pancaarga menawarkan pengunjung kesempatan untuk melihat pemandangan gunung dari dekat melalui teropong. Dari puncak Ketep Pass ini, Anda dapat melihat gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, dan Slamet dari atas. Selain kelima gunung tersebut, Anda juga dapat melihat gunung Tidar, Andong, dan Pring. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam sekitar dari gazebo berukuran 4m2 ini, yang menawarkan pemandangan seperti hamparan tanah pertanian, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu. Mereka juga dapat bersantai di gazebo setelah berkeliling area wisata.

Fasilitas Wisata Ketep Pass Magelang

Tempat wisata ini menawarkan banyak fasilitas untuk rekreasi dan pendidikan. Selain toilet, restoran, dan mushola, ada juga museum vulkanologi, film mini, teropong, dan pelataran pancaarga. Ada juga gardu pandang untuk melihat lebih jauh ke sekitar Ketep Pass.

Baca Juga :

***