Wisata Kiram Park: Lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas !

Kiram Park adalah tempat wisata alam dengan pemandangan indah perbukitan sebagai latar belakangnya. Taman Wisata Alam ini mencakup area yang luas, seperti nama desa di mana ia berada. Wisatawan dapat menikmati suasana khas pegunungan dan udara segar.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Kiram Park beralamatkan di Kiram, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia, 70852. Harga tiket masuk ke Kiram Park masih cukup murah, mulai dari Rp10.000. Untuk yang membawa kendaraan, biaya parkir mulai dari Rp5.000 untuk motor, Rp10.000 untuk mobil, dan Rp20.000 untuk bus. Taman Kiram selalu buka setiap hari. Mereka yang ingin menikmati berbagai aktivitas dan suasana taman dapat datang mulai pagi hari dan menikmati suasana taman hingga pukul 06.00 sore.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Kiram Park

Taman wisata alam ini selalu penuh dengan pengunjung, terutama di akhir pekan dan liburan. Banyak orang datang dengan mobil pribadi atau bus dalam rombongan. Saat berlibur ke lokasi ini, panorama alam merupakan daya tarik utama bagi wisatawan. Kondisi alam yang masih tetap memungkinkan berbagai aktivitas wisata dilakukan di sana.

1. Keindahan pegunungan

Setelah pembangunan, Kiram sekarang memiliki akses yang mudah. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung harus melalui jalan raya yang bagus. Penunjuk jalannya juga mirip dengan yang di jalan nasional dan di tengah kota.

Wisatawan dapat melihat pemandangan punggung bukit yang menghijau di kiri kanan. Bahkan sebelum pengunjung tiba di lokasi, suasana pegunungan telah menyapa mereka. Selama perjalanan menuju destinasi, pengunjung dapat melihat tanda bertuliskan “Welcome to Kiram” di antara bukit hijau. Wisatawan yang berlibur di Kiram Park tampaknya memiliki semua yang mereka butuhkan. Saat pengunjung memasuki lokasi, mereka telah melihat banyak tempat untuk bersantai.

Pendopo besar dan aula pertemuan besar terbuat dari kayu alami. Wisatawan juga dapat menggunakan gazebo yang terbuat dari kayu yang bersih dan nyaman.

2. Taman di Kolam

Ada area taman dengan kolam yang menjadikan desain taman lengkap. Wisatawan dapat duduk di tangga di tepi kolam. Tempat ini jauh dari suara dan polusi, jadi terasa tenang dan sejuk. Wisatawan juga dapat menggunakan lokasi ini untuk mengadakan pertemuan. Di taman juga terdapat gazebo untuk wisatawan untuk berteduh dan beristirahat.

3. Replika Kapal Nabi Nuh

Sebuah replika kapal di Kiram Park di puncak pegunungan yang lebih tinggi disebut “Kapal Nabi Nuh” karena bentuk dan lokasinya yang menarik. Wisatawan suka duduk di bagian ujung replika kapal ini untuk melihat pemandangan. Lokasi ini populer untuk swafoto karena memiliki pemandangan pegunungan dan hutan menghijau.

4. Berenang

Taman ini adalah tempat wisata keluarga yang ramah anak. Wisatawan dapat mengajak anak-anak mereka berenang di kolam renang yang nyaman. Kolam ini berada di kawasan wisata dan memiliki air mancur yang mirip dengan air terjun mini.

5. Bamboo Rafting

Salah satu atraksi alam Kiram adalah rafting bambu. Ini adalah perjalanan selama sekitar 45 menit dengan bambu mengarungi Sungai Kiram. Bamboo rafting di sungai Kiram adalah pengalaman berpetualang yang menarik dan menantang di mana pengunjung dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan, salah satunya gunung Pamathon.

Fasilitas wisata Kiram Park

Wisata Kiram Park adalah taman hutan dan taman perbukitan dengan berbagai fasilitas. Sangat banyak ruang parkir dan akses jalan yang mudah. Selain itu, ada bangunan musala terbuka yang terbuat dari bambu di sekitarnya. Bambu langka yang berasal dari pegunungan Meratus memberikan kesan artistik dan unik.

Baca Juga :

***