Rekomendasi Tempat Wisata Akuarium Terbaik dan Terpopuler

Wisata Akuarium Terbaik – Pernahkan Anda membayangkan untuk melihat biota laut yang menakjubkan seperti ikan hiu atau ikan pari lebih dekat? Alternatifnya, ikan air tawar yang indah seperti ikan arapaima atau kelompok ikan piranha, yang merupakan pemangsa di sungai Amazon? Untuk melihat keindahan biota laut, Anda tidak harus repot-repot diving ke lautan luas atau ke hutan hujan tropis Amazon. Berbagai tempat wisata aquarium menawarkan Anda kesempatan untuk lebih dekat dengan berbagai jenis ikan.

Di Indonesia, ada beberapa tempat wisata aquarium yang dapat Anda kunjungi untuk melihat lebih dekat biota laut dan perairan air tawar, seperti Sea World Ancol, Jakarta Aquarium & Safari, dan Museum Air Tawar di Taman Mini Indonesia Indah. Namun, masih banyak lagi tempat wisata aquarium yang menakjubkan di seluruh dunia yang menawarkan koleksi biota laut yang tak kalah menarik, jadi jika Anda pecinta wisata aquarium, beri tahu diri Anda tentang mereka.

Wisata Aquarium Terpopuler

1. Georgia Aquarium

Georgia Aquarium berada di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, dan menjadi rumah bagi sekitar ribuan spesies fauna. Setelah dibuka pada tahun 2005, Georgia Aquarium di anggap sebagai destinasi wisata akuarium dengan akuarium terbesar. Namun, SEA Aquarium di Singapura dan Chimelong Ocean Kingdom di China kemudian mengalahkannya. Salah satu dari empat destinasi wisata aquarium populer ini memiliki koleksi “Manta Ray”. Destinasi wisata aquarium ini juga memiliki hiu paus dan paus beluga yang sangat jarang di temukan di tempat lain.

2. South East Asia (S.E.A.) Aquarium

Karena lokasinya di Singapura, tepatnya di kawasan wisata pulau Sentosa, tempat wisata aquarium selanjutnya cukup dekat dengan Indonesia untuk dikunjungi. Destinasi wisata akuarium Chimelong Ocean Kingdom di China memiliki predikat akuarium terbesar jika di lihat dari volume airnya sebelum di buka pada 2014. Tempat wisata aquarium ini memiliki 49 habitat dan terbagi menjadi sepuluh wilayah. Saat Anda pergi ke taman air ini, Anda dapat melihat banyak ikan, mulai dari manta ray, scalloped hammerhead shark, Indo-Pacific bottlenose dolphins, hingga berbagai jenis ikan hias laut dan ubur-ubur.

3. Chimelong Ocean Kingdom

Di Hengqin, Zhuhai, China, Chimelong Ocean Kingdom adalah destinasi wisata aquarium terpopuler di dunia. Itu adalah taman rekreasi dengan banyak wahana permainan, atraksi, dan tentu saja wisata aquarium dengan biota laut dan fauna lainnya. Destinasi wisata aquarium ini di anggap sebagai salah satu tempat rekreasi yang paling banyak di kunjungi di dunia, meskipun baru di buka pada tahun 2014. Selain itu, tempat wisata akuarium ini memiliki rekor Guinness World Record sebagai layar akuarium terbesar di dunia. Layar akrilik sepanjang 39.6 meter dan tinggi 8.3 meter adalah atraksi utama lokasi. Sangat menarik, bukan?

Anda dapat melihat lebih dekat berbagai jenis hiu di akuarium raksasa ini, termasuk paus beluga dan hiu paus yang menakjubkan. Selain itu, pada tahun 2017, tempat wisata aquarium terkenal di dunia ini menjadi rumah bagi sembilan paus pembunuh—juga di kenal sebagai orcas.

4. L’Oceanogràfic

L’Oceanogràfic, sebuah oseanarium di dasar Sungai Turia yang kering di sebelah tenggara pusat kota Valencia, Spanyol, adalah destinasi wisata aquarium berikutnya. Wisata aquarium populer ini terkenal dengan koleksi biota laut dan lainnya. Bangunannya yang ikonik di rancang oleh arsitek Félix Candela dan insinyur struktural Alberto Domingo dan Carlos Lázaro. Tempat wisata aquarium ini terdiri dari sepuluh wilayah yang berbeda, termasuk habitat laut Mediterania, samudra Arktik, pulau, tropis, laut temperate, dan Laut Merah. Selain itu, terdapat pula dolphinarium, wilayah dengan habitat rawa dan rawa bakau, serta taman dengan sekitar 80 spesies tumbuhan.

5. The Seas with Nemo & Friends

Destinasi aquarium The Seas with Nemo & Friends, yang sebelumnya disebut The Living Seas, terletak di bagian World Natur di Epcot, sebuah taman hiburan di Walt Disney World Resort di Bay Lake, Florida, Amerika Serikat. Destinasi wisata aquarium ini memiliki banyak ikan hias laut, tetapi daya tarik utamanya adalah wahana rekreasi interaktif di mana pengunjung dapat berinteraksi dengan karakter-karakter dari film “Finding Nemo.” Ini menjadikannya salah satu tempat wisata aquarium yang bagus jika Anda berencana membawa anak-anak Anda untuk liburan.

Baca Juga :

***