Makanan tradisional aceh

Coba sebutkan apa saja makanan tradisional Aceh yang sudah pernah kamu makan? Aceh merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan kulinernya. Rata-rata makanan khas Aceh memiliki cita rasa yang kuat karena menggunakan banyak rempah. 

Oleh sebab itu, kamu wajib mencicipi makanan-makanan khas daerah Aceh ketika berlibur ke Aceh. Walaupun kamu belum sempat liburan ke Aceh, kamu tetap bisa mencicipi makanan khasnya di restoran-restoran yang menghidangkan masakan khasnya. 

Makanan Tradisional Mie Aceh 

Makanan tradisional mie aceh

Siapa yang tidak kenal dengan Mie Aceh? Ini adalah salah satu makanan khas Aceh yang paling terkenal di seluruh nusantara. Makanan ini terbuat dari mie kuning berukuran besar, dan bumbunya terbuat dari bahan rempah-rempah khas Aceh. 

Lalu, tambahkan juga sayur-sayuran seperti tauge, kubis, daun bawang, dan tomat. Tambahkan pula isian daging seperti sapi, kambing, atau ayam. Ada juga beberapa orang yang menambahkan potongan daging cumi, kepiting, atau udang. 

Dari segi penyajian, Mie Aceh bisa kamu hidangkan dengan menggorengnya, menumis, atau berkuah. Cita rasa mienya yang pedas sekaligus gurih dari rempah-rempahnya menjadi salah satu ciri khas Mie Aceh. 

Roti Canai

Roti canai

Aceh cukup banyak mendapat pengaruh dari budaya negara lain dalam hal makanannya. Maka tak heran bila Roti Canai sebagai makanan tradisional Aceh ini hampir mirip dengan roti yang ada di India. 

Kue Canai berbentuk bulat dan terbuat dari adonan tepung terigu dan sedikit mentega. Makanya, rasanya akan sedikit gurih karena adanya cita rasa dari mentega. Meski begitu, roti ini bisa kamu hidangkan dengan cita rasa manis maupun asin kok. 

Buat yang suka asin, kamu bisa menghidangkan roti ini dengan isian kari daging ayam atau daging kambing. Lalu, buat yang suka rasa manis bisa menghidangkan roti canai dengan taburan gula pasir, olesan cokelat, atau pasta durian. 

Baca Juga:  7 Minuman Tradisional Indonesia yang Lezat dan Legendaris

Makanan Tradisional Aceh, Timphan

Makanan tradisional aceh, timphan

Tahu makanan lepet? Nah, Timphan yang merupakan makanan khas Aceh ini juga memiliki bentuk yang hampir mirip dengan lepet. Bedanya, kue Timphan terbuat dari bahan baku tepung ketan dan campuran santan. 

Lalu untuk isiannya biasa menggunakan nangka, labu, pisang raja, ubi, kelapa parut, atau durian. Untuk proses memasaknya, kue ini harus kamu bungkus dengan daun pisang agar menimbulkan aroma khas yang wangi. 

Bohromrom 

Bohromrom

Orang-orang di Pulau Jawa sering menyebutnya dengan klepon. Namun, makanan tradisional Aceh ini jelas bukan klepon meskipun sekilas bentuknya seperti klepon. Bohromrom memiliki cita rasa manis, dan tekstur yang lembut. Namun, ada juga isian gula merah di dalam adonannya. 

Orang-orang Aceh sering menyebut Bohromrom dengan sebutan Kue Boh Duek Beudeh. Kuliner khas Aceh ini terbuat dari bahan tepung ketan, garam, gula, daun pandan, dan parutan kelapa. Lalu, adonannya dicampur pula dengan tetesan pewarna makanan berwarna hijau. 

Untuk menghidangkan Bohromrom sebagai camilan atau makanan pembuka, kamu harus menaburkannya dengan parutan kelapa. Lalu, setelah itu kamu bisa memakannya bersamaan dengan parutan kelapa tersebut. 

8 Kuliner Khas Cirebon yang Terkenal dan Menggugah Selera

Martabak Aceh 

Martabak aceh

Apa yang membedakan martabak Aceh dengan martabak lainnya yang biasa kamu makan? Salah satu perbedaannya terdapat pada bahan baku yang dipakai dalam adonan. Martabak Aceh menggunakan roti canai sebagai adonan untuk membuat martabak. 

Roti canai ini nantinya akan membungkus topping dan telur yang pada martabak. Nah, dari segi isiannya pun cukup berbeda. Martabak Aceh menggunakan isian potongan bawang merah dan cabai hijau di dalamnya. Jadi, kamu akan merasakan sensasi pedas dari isian tersebut. 

Baca Juga:  8 Minuman Khas Kalimantan Selatan Yang Unik dan Populer

Baca Juga :

***