Cityawesome.com – Wisata Goa Ngalau Indah. Ngalau Indah merupakan salah satu objek wisata unik yang berupa goa dan berada di kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Bukan hanya sebagai objek alam biasa, kamu bisa mengunjunginya untuk sekedar berlibur dan berwisata.

Nah untuk kamu yang tertarik untuk datang dan berkunjung, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa penjelasan sekaligus daya tarik yang ada di dalamnya.

Sejarah Wisata Ngalau Indah

Mengenal sejarah wisata Ngalau Indah yang bahkan sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Ngalau Indah ini terbentuk secara alami dan di temukan pertama kali oleh pemerintah kolonial Belanda. Tidak hanya masyarakat sekitar saja, Ngalau Indah seringkali di kunjungi oleh wisatawan dari luar daerah.

goa ngalau indah

Goa yang satu ini di lengkapi dengan stalaktit dan stalakmit yang menggantung belasan meter di atap goa dan di dasar goa yang memberikan keindahannya tersendiri.

Selain itu nama Ngalau Indah sendiri berasal dari bahasa Minang yang berarti Goa Indah. Panjangnya sendiri mencapai ratusan meter dan melingkar di pinggang bukit batu karang.

Lokasi, harga tiket masuk, dan jam operasional

Wisata goa Ngalau indah berlokasi di Desa Pakan Sinayan, Kecamatan payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Di mana Jaraknya sendiri hanya sekitar 4 KM saja dari pusat kota. Selain itu aksesnya cukup mudah untuk didatangi menggunakan kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

goa ngalau indah

Untuk harga tiketnya juga terbilang murah dan sangat terjangkau. Pihak pengelola menetapkan tarif tiket sekitar Rp 10 ribu untuk orang dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak.

Nantinya kamu bisa datang kapanpun karena jam operasional dari tempat wisata ini di buka setiapp hari selama 24 jam.

Baca Juga:  8 Negara Wisata dengan Tingkat Kriminalitas yang Tinggi

Daya tarik wisata Ngalau Indah

Wisata Ngalau Indah terbentang sejauh 800 meter, di mana kamu bisa mulai masuk melintasi mulut goa. Bahkan tidak hanya satu, kamu akan menemukan beberapa mulut goa yang sekaligus di jadikan sebagai pintu masuk dan pintu keluar.

Selain itu pada bagian dalam goa terdapat bentuk yang cukup unik dan di beri nama yang sesuai dengan bentuknya. Seperti batu Gong yang berbentuk kerucut dan akan mengeluarkan gema saat di pukul.

goa ngalau indah

Saat baru masuk goa, kamu akan melintasi jalan setapak dan memungkinkan kamu untuk menikmati panorama keindahan kota Payakumbung dari ketinggian. Bagaimana tidak, goa ini lokasinya berada di ketinggan sekitar 640 Mdpl.

Daya tarik lain yang ada pada goa ini yakni pada salah satu dindingnya yang memiliki warna bergradasi. Ada juga berbagai bentuk batu di dalam goa ini yang khas seperti bentuk gajah, jamur, kelambu, payung, bahkan hingga manusia.

Nantinya saat berkunjung kesana, jangan heran jika kamu menemukan banyak kelelawar dan sarang burung walet pada langit-langit goa. Hal ini di karenakan Goa alam Ngalau Indah menjadi habitat bagi 2 hewan tersebut.

Tips berkunjung ke wisata Ngalau Indah

Jika kamu berminat untuk datang ke wisata Ngalau Indah, ada beberapa tips yang harus di perhatikan terlebih dahulu sebelum berkunjung. Berikut beberapa di antaranya :

  • Disarankan untuk menggunakan sepatu.
  • Jika ingin bermain air di kawasan goa, sebaiknya untuk membawa pakaian ganti.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera.
  • Pastikan untuk terus menjaga kelestarian dan kebersihan sekitar goa.

Demikian informasi mengenai wisata Ngalau Indah untuk bisa kamu ketahui. Setelah membaca penjelasan diatas, apakah kamu masih tertarik untuk berkunjung?

Baca Juga:  6 Rekomendasi Tempat Skydiving Terbaik Didunia

Baca Juga :

***