Cityawesome.com – Makanan khas Suku Dayak. Suku Dayak merupakan salah satu suku yang berada di Pulau Kalimantan. Meskipun masih jauh dari kaata modern, namun kepopuleran suku Dayak cukup di kenal di seluruh Indonesia. Hal ini di karenakan Dayak kaya akan kebudayaan sehingga membuat wisatawan banyak tertarik dan ingin berkunjung.

Sebagai informasi tambahan, Dayak sendiri setidaknya memiliki lebih dari 200 suku bangsa. Kamu bisa menemuinya tidak hanya di Indonesia bahkan juga di Malaysia.

Nah untuk makanan khas Suku Dayak, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa rekomendasinya yang cukup unik dan menggugah selera. Apa saja? Simak ulasan berikut hingga akhir !

1. Botok Mengkudu

1. Botok Mengkudu

Menjadi salah satu makanan khas suku Dayak. Botok Mengkudu terbuat dari bahan dasar berupa campuran ikan tongkol, ikan lais, ikan baung dan daun mengkudu. Untuk proses pembuatan botok Mengkudu biasanya tulang ikan dan tulang daun akan di buang terlebih dahulu.

Kemudian daun mengkudu di rebus lalu di buang airnya. Daun mengkudu yang sudah di rebus itulah nantinya di campur bumbu, santan, dan juga ikan serta di masak hingga matang.

2. Juhu Singkah

2. Juhu Singkah

Merupakan salah satu makanan khas suku Dayak yang cukup populer. Bahan dasarnya terbuat dari umbu rotan muda yang di masak bersama ikan baung dan terong. Juhu Singkah memiliki bumbu yang kaya akan rempah dengan campuran santan di dalamnya.

Kamu bisa dengan mudah menemui makanan Juhu Singkah ini di wilayah Kalimantan Tengah. Selain itu penduduk suku Dayak di Kalimantan Barat juga sering membuat makanan dengan cita rasa Gurih, Pedas, Asam, Manis dan Pahit ini.

3. Kalumpe

Kalumpe

Rekomendasi makanan khas Dayak lainnya adalah Kalumpe. Terbuat dari daun singkong, bagi suku Dayak Maanyan, makanan ini di kenal dengan sebutan Karuang.

Baca Juga:  Kuliner Makassar Legendaris Penggugah Selera

Untuk proses memasaknya, Kalumpe biasanya di tumbuk bersamaan dengan bumbu khas. Setelah proses tumbuk, kemudian daun singkong di masak dengan campuran terong kecil. Seringkali Kalumpe di hidangkan dengan sambal terasi dan ikan asin sebagai lauk tambahan.

4. Keripik Kalakai

4. Keripik Kalakai

Kalakai merupakan nama dari sebuat tanaman yang merupakan warisan leluhur dari suku Dayak. Selain itu Kalakai sendiri di percaya memiliki manfaat untuk kesehatan mulai dari penambah darah, sebagai obat diare, bahkan di percaya sebagai tanaman awet muda.

Menariknya lagi Kalakai seringkali di jadikan sebagai makanan olahan berupa keripik. Namun sebelum digoreng, Kalakai di balut dengan adonan tepung dan tentunya menghasilkan tekstur yang renyah.

5. Kue Dange

5. Kue Dange

Rekomendasi makanan khas suku Dayak lainnya yang cukup populer adalah Kue Dange. Di mana biasanya kue Dange di hidangkan saat acara pesta ditengah keluarga.

Kue Dange memiliki citarasa yang gurih dan tentu membuat siapapun menjadi ketagihan. Terbuat dari bahan utama yakni parutan kelapa dengan campuran tepung dan gula. Proses pembuatannya membutuhkan cetakan khusus dan biasa di jual sebagai makanan ringan.

6. Kue Lepet

makanan khas suku dayak Kue Lepet

Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi dengan kue lepet. Namun tahukah kamu bahwa kue lepet merupakan salah satu makanan khas suku Dayak? Terbuat dari bahan dasar berupa parutan kelapa dengan campuran gula merah. Kue Lepet masih di buat dengan cara yang tradisional dengan cara dikukus menggunakan alat khas Suku Dayak.

Untuk adonannya dibungkus daun pisang yang sebelumnya di olesi minyak. Kue Lepet seringkali di hidangkan di berbagai acara adat dan pernikahan.

7. Kue Tampi

makanan khas suku dayak Kue Tampi

Jika berkunjung ke Kalimantan, pastikan untuk tidak melewatkan makanan khas Dayak yang satu ini. Kue Tampi terbuat dari tepung beras dan di olah dengan cara di goreng. Selain itu kue Tampi seringkali di hidangkan saat upacara adat.

Baca Juga:  5. Kota Makanan Terbaik untuk Penggila Kuliner

8. Umbut Kelapa

makanan khas suku dayak Umbut Kelapa

Umbut Kelapa merupakan salah satu makanan khas suku Dayak yang tidak kalah populer. Untuk pembuatannya di butuhkan Bonggol yang berasal dari pohon kelapa muda. Di mana Bonggolnya sendiri diambil dari pohon kelapa yang di tebang.

Setelah itu biasanya bonggol di masak dengan campuran ikan atau daging dengan bumbu berkuah. Meskipun memiliki citarasa yang lezat, namun makanan ini termasuk yang sulit di temukan. Hal ini dikarenakan bahannya yang memang sulit di dapatkan.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan khas suku Dayak yang terkenal unik dan menggugah selera. Dari beberapa rekomendasi makanan di atas, manakah yang membuatmu tergoda untuk mencicipinya?

Baca Juga :

***