Sejarah dan Daya Tarik Wisata Benteng Otanaha di Gorontalo

Cityawesome.com – Sejarah Benteng Otanaha. Mengulas tentang sejarah di masa lalu, siapa sangka wisata Benteng Otanaha yang populer rupanya menyimpan sebuah cerita. Berlokasi di Gorontalo, Benteng Otanaha menjadi salah satu saksi bisu peninggalan dari Portugis yang pernah singgah ke Indonesia.

Selain itu Benteng Otanaha sendiri menjadi benteng utama di antara 2 benteng lainnya yakni Otahiya dan Ulupahu. Untuk lokasinya sendiri tidak terlalu jauh sehingga menjadi area wisata.

Bagaimana sejarah dan daya tarik wisata Benteng satu ini? Marilah kita bahas bersama untuk menambah wawasan tentang Indonesia yang kaya.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata Benteng Otanaha berlokasi di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Tepatnya hanya berjarak sekitar 10 KM dari pusat kota Gorontalo dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai kesana.

Sedangkan tarif tiket masuk wisata Benteng Otanaha sendiri cukup terjangkau yakni hanya Rp 5 ribu perorang. Dengan jam operasional yang di buka setiap hari mulai jam 16.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Sebagai informasi tambahan, tarif tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan dan penggunaan toilet berbayar.

Sejarah Benteng Otanaha

Benteng Otanaha sendiri di bangun oleh tentara Portugis yang ingin tinggal sementara di Indonesia. Hal ini di karenakan kapal mereka yang mendapatkan serangan bajak laut dan cuaca buruk. Untuk namanya sendiri berasal dari salah satu anak Raja yakni IIato dan Naha yang tidak lain adalah penguasa Gorontalo pada masanya.

Berawal dari penggunaannya sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh. Benteng Otanaha di bangun pertama kali pada tahun 1522.

Sebenarnya pertama kali Portugis datang ke Gorontalo masih menunjukkan sikap baik hingga tercipta kerjasama perdagangan. Namun seiring berjalannya waktu, pihak mereka ingin melakukan monopoli hingga pada akhirnya di lakukan serangan oleh kerajaan lokal.

Daya tarik Benteng Otanaha

Ada beberapa daya tarik yang menjadikan benteng ini sering di kunjungi oleh wisatawan. Jika kamu tertarik ingin mampir atau sekedar menghabiskan waktu di sana, berikut adalah beberapa daya tarik dan aktivitas wisata yang bisa di lakukan :

1. Keindahan bangunan

Menjadi salah satu peninggalan bersejarah yang ada di Gorontalo. Benteng Otanaha terbuat dari batu dengan ketebalan mencapai 50 CM. Menariknya adalah berdasarkan sejarah, bebatuan dari dinding yang ada di sana di rekatkan menggunakan putih telur burubg Maleo.

Selain itu sejak awal pembangunan, benteng ini sudah berbentuk bulan dan tidak memiliki atap. Terlebih dengan lokasinya yang cukup tinggi, pengunjung harus menaiki sekitar 350 anak tangga untuk bisa sampai ke puncak.

2. Danau Limboto

Daya tarik lainnya yang ada di wisata Benteng Otanaha adalah keberadaan Danau Limboto. Dari reruntuhan benteng, maka nantinya kamu akan bisa melihat keindahan alam yang cukup mempesona. Di mana pada bagian sekitar danau, kamu bisa melihat tanaman eceng gondok yang menambah keasrian.

Lebih dari itu, kamu bisa memanfaatkan area pandang yang tersedia untuk melihat keindahan alam. Kamu juga tidak perlu khawatir karena pada area pandang sudah terpasang pagar keliling sebagai bentuk keamanan.

Nah demikian ulasan mengenai wisata Benteng Otanaha sekaligus mengulas tentang sejarah yang bisa menambah wawasan. Jika kamu sedang berada di Gorontalo, mengunjungi benteng ini bisa memberikan pengalaman berlibur yang mengesankan.

Baca Juga :

***