Tour Wisata Bersejarah Pura Kereban Langit di Bali

Cityawesome.com – Pura Kereban Langit. Bali merupakan salah satu daerah yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Oleh karena itu, tidak heran jika kamu akan sangat mudah menemukan Pura di Bali. Menariknya, pura di sana memiliki keindahan bangunan yang memukau dan tidak jarang di jadikan sebagai salah satu tempat wisata.

Seperti di Pura Kereban Langit, terbilang cukup populer karena lokasinya yang berada di dalam goa besar. Selain itu Pura tersebut terbuka untuk umum terutama jika kamu ingin berwisata religi.

Sebagai informasi tambahan, Pura Kereban Langit sudah sejak dahulu di gunakan sebagai tempat untuk melukat. Di mana melukat sendiri adalah ritual membersihkan jiwa dan pikiran manusia dari hal yang buruk atau negatif.

Karena lokasinya yang berada di Goa, tentu auranya sangat kental dengan suasana magis. Terlebih bangunannya juga terbilang kuno dan terdapat air suci yang biasa di sebut dengan tirta gaib. Penasaran ingin berkunjung ke pura ini? Simak ulasan berikut untuk menjadi bahan referensi !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Pura Kereban Langit berlokasi di Jl. Raya Sading, Megwi, Badung, Bali, Indonesia, 80351. Tepatnya berjarak sekitar 22 KM dari bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan membutuhkan waktu 40 menit untuk bisa sampai kesana.

Adapun tarif tiket untuk berkunjung ke wisata religi satu ini adalah gratis. Sedangkan untuk jam operasionalnya di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Daya tarik dan aktivitas

Ada beberapa daya tarik dan aktivitas yang bisa di lakukan saat kamu berkunjung ke Pura Kereban Langit. Saat berada di perjalanan menuju Pura, maka kamu akan melewati sawah hijau yang asri dan terasa sejuk. Terlebih lagi pematang sawah yang di sediakan juga cukup lebar dan bisa di lalui oleh mobil.

Kemudian jika sudah sampai di pura, nantinya kamu akan menemukan tempat pemandian. Setidaknya ada 5 pancuran yang bisa di gunakan untuk mandi sekaligus ritual melukat. Bahkan 5 pancuran tersebut memiliki nama yang berbeda yakni :

  • Pengeleburan
  • Penglukatan
  • Prayascita
  • Pawintenan Saraswati
  • Kemakmuran

Untuk airnya berasal dari mata air tersembunyi yang berada di antara persawahan dan hutan belantara. Sangking jernihnya, tidak hanya di gunakan untuk mandi melainkan air disana bisa di minum.

Kondisi yang ada di dalam goa terbilang cukup luas sehingga bisa menampung banyak pengunjung yang ingin beribadah. Selain itu pengunjung juga akan di sambut oleh Jero Mangku atau pendeta.

Cara Melukat di Pura Kereban Langit

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan melukat di tempat lain. Ada sesajen yang harus di bawa sebelum melakukan ritual. Adapun sesajen tersebut di antaranya adalah canang sari, 2 pejati dan kelapa kuning. Selain itu kamu juga di perbolehkan untuk membawa wadah besar sebagai tempat untuk menampung tirta atau air suci.

Sedangkan untuk cara melukat, pertama kamu harus membasuh diri terlebih dahulu di pancuran. Kemudian di haruskan untuk menggunakan pakaian adat berupa kamen dan selendang.

Selanjutnya kamu bisa pergi menuju jeroan atau area dalam pura. Di mana disanalah tempat berlangsungnya ritual dengan media kelapa kuning. Hal terakhir yang harus di lakukan adalah sembahyang di goa dengan menggunakan sarang kelapa hijau.

Fasilitas Pura Kereban Langit

Untuk fasilitasnya sendiri sebenarnya wisata ini tidak terlalu lengkap. Hal ini mengingat Pura Kereban Langit bukanlah tempat wisata untuk bersenang-senang melainkan tempat untuk beribadah. Namun jika berkunjung kesana, maka kamu akan menemukan toilet yang nyaman dan area parkir yang cukup luas.

Nah itulah penjelasan mengenai Pura Kereban Langit. Jika berkunjung kesana, akan sayang rasanya jika kamu tidak melakukan kegiatan melukat.

Baca Juga :

***