Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka Kebun Kurma Pasuruan

Cityawesome.com – Kebun Kurma Pasuruan. Mengunjungi kebun kurma tidak harus di lakukan di Arab atau negara lain di timur tengah. Pasalnya di Pasuruan juga terdapat wisata kebun kurma yang akan memberikanmu pengalaman baru. Terbilang cukup populer, wisata kebun kurma ini mengusung konsep agrowisata. Sehingga nantinya kamu bisa sekaligus memanen buah kurma yang ada di sana.

Terlebih saat musim liburan, jangan heran jika wisata satu ini sangat ramai pengunjung. Hal ini di karenakan agrowisata kebun kurma menjadi yang pertama hadir di Indonesia.

Penasaran dan ingin berkunjung? Nah sebelum itu pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang ada di sana. Berikut ulasannya !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Kebun kurma Pasuruan beralamatkan di Desa Karanglo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tepatnya hanya berjarak sekitar 26 KM dari pusat kota Pasuruan dan membutuhkan waktu 1 jam untuk bisa sampai kesana.

Menariknya lagi, harga tiket masuk wisata ini terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 5 ribu perorang. Namun harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Selain itu harga tiket juga belum termasuk wahana yang tersedia seperti salah satunya ATV.

Sedangkan jam operasional wisata kebun kurma di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Sejarah berdirinya wisata Kebun Kurma Pasuruan

Nah berbicara mengenai sejarahnya, kebun kurma ini di miliki oleh seseorang yang bernama H.M. Roeslan. Di mana tidak hanya menjadi pengagas kebun kurma saja melainkan, H.M Roeslan sendiri adalah Duta Wisata Grup. Berawal dari lahan kosong dengan luas sekitar 3,7 hektar, Roeslan terinspirasi dari wisata kurma yang ada di Thailand.

Hingga pada akhirnya Roeslan mulai untuk mencari bibit kurma di Jakarta dan menanamnya di lahan kosong yang di miliki. Seiring berjalannya waktu, lahan yang tadinya kosong saat ini sudah menjadi agrowisata lengkap dengan beragam fasilitas dan wahana di dalamnya.

Daya tarik Kebun Kurma Pasuruan

Mengusung konsep agrowisata, memungkinkan pengunjung untuk bisa memetik sekaligus merawat tanaman yang ada di sana. Selain itu setidaknya ada sekitar 150 pohon kurma yang tersedia dengan berbagai jenis seperti salah satunya adalah Azwa.

Tidak hanya itu saja, bahkan kamu juga akan menemukan beragam pohon lain seperti pohon tin, siwak, delima, dan zaitun.

Kebun Kurma memiliki daya tariknya tersendiri karena menjadi yang pertama sekaligus pelopor di Indonesia. Namun dari sekitar 150 pohon kurma yang di tanam, baru ada sekitar 6 pohon yang berbuah. Hal ini di karenakan pohon lainnya baru di tanam sehingga belum waktunya untuk berbuah.

Fasilitas wisata kebun Kurma Pasuruan

Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh pengelola kebun kurma Pasuruan. Memungkinkan kamu melakukan beragam aktivitas dengan seru dan menyenangkan. Berikut ini beberapa fasilitasnya :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Toko olahan kurma
  • Rest area
  • Penyewaan ATV
  • Area spot foto kekinian dan Instagramable

Demikian informasi mengenai agrowisata kebun kurma Pasuruan yang menarik dan sayang untuk dilewati. Sekarang tidak perlu jauh ke luar negeri, jika kamu berada di Pasuruan, pastikan agar tidak melewatkan objek wisata satu ini. Selamat berlibur !

Baca Juga :

***