Info Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas Wisata Bahari Tlocor

Cityawesome.comWisata Bahari Tlocor merupakan salah satu destinasi wisata populer yang berada di Sidoarjo. Menyediakan keindahan alam berupa hamparan mengrove pada bagian sisi kanan dan kiri sungai. Memberikan pengalaman yang berbeda jika kamu ingin menghabiskan waktu di sana.

Nantinya pengunjung akan menyusuri sungai menuju Pulau Lusi menggunakan perahu maupun speedboat yang bersandar di dermaga wisata. Kamu bebas memilih transportasi namun dengan biaya yang berbeda-beda.

Sebagai informasi tambahan untuk kamu yang belum tahu Pulau Lusi, pulau ini adalah pulau sungai yang terbentuk karena endapan lumpur yang di buang ke sungai Porong Sidoarjo. Luasnya sendiri mencapai 93 hektar hingga kemudian pulau ini di tanami pohon bakau.

Tertarik untuk menikmati keindahan wisata bahari Tlocor? Berikut adalah ulasannya untuk menjadi sumber referensi !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata Bahari Tlocor beralamatkan di Tanjungsari, Kupang, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Di mana sebenarnya tidak ada tarif tiket khusus untuk menikmati keindahan di sana. Hanya saja pengunjung harus membayar biaya perahu untuk menyebrang ke Pulau Lusi dari dermaga dengan tarif sekitar Rp 25 ribu untuk orang dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak.

Sedangkan perjalanan dari dermaga ke Pulau Lusi biasanya memakan waktu hingga 30 menit.

Adapun jam operasional dermaga untuk ready mengantar jemput pengunjung yakni di buka setiap hari mulai dari jam 06.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Daya tarik dan aktivitas wisata bahari Tlocor

Keindahan wisata bahari Tlocor sendiri sebenarnya hadir karena pohon bakau yang mengelilinginya. Terlebih saat menjelang matahari terbenam. Suasana di sana terkesan cukup estetik dan membuat siapapun menjadi takjub.

Terlebih lagi area wilayah Wisata Bahari Tlocor sendiri terbilang cukup luas dengan ombak sungai yang tidak begitu besar.

Suasananya yang tenang memungkinkan kamu bisa bersantai dan menikmati pemandangan diarea wisata. Selain itu tidak perlu khawatir masalah makanan karena di sana tersedia banyak penjual makanan dan minuman dengan harga relatif terjangkau.

Menariknya lagi, jika kamu menyukai aktivitas memancing, wisata Bahari Tlocor ini bisa menjadi opsi terbaik untuk memancing. Hal ini di karenakan areanya cukup luas sehingga jika beruntung maka kamu akan mambawa hasil pancingan sebagai oleh-oleh.

Saat menjelang sore hari, tidak jarang pengunjung memilih berfoto ria di sana. Hal ini tidak lain karena keindahan langit menyambut sunset yang indah di jadikan background.

Tepatnya pada bulan Januari lalu, Gubernur Jawa Timur memimpin langsung penanaman 1000 bibit mangrove dan bibit pohon produktif di pulau Lusi. Bahkan tidak hanya itu saja, disana juga dilakukan pelepasliaran burung air dan biota air berupa ikan dan udang dengan jumlah sekitar 23 ekor si perariran Pulau ini.

Fasilitas Wisata Bahari Tlocor

Berbicara mengenai fasilitas, wisata bahari Tlocor sendiri menyediakan fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Adapun beberapa fasilitas di antaranya adalah :

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Penyewaan perahu
  • Bus air
  • Jejeran warung makan
  • Homestay dan penginapan untuk kamu yang ingin bermalam

Nah itulah beberapa ulasan mengenai wisata Tlocor yang menarik untuk dikunjungi. Jika kamu sedang berada di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya, pastikan agar tidak melewatkan destinasi wisata yang satu ini.

Baca Juga :

***