Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional Wisata Umbul Brintik

Wisata Umbul Brintik – Masyarakat Klaten menganggap Umbul Brintik sebagai kolam terapi. Karena Ph dan kadar oksigen yang tinggi dalam air kolam umbul ini. Berenang di kolam umbul ini di klaim dapat meredakan nyeri urat kejepit.

Tidak hanya memiliki banyak keuntungan, tetapi juga menarik banyak orang untuk menghabiskan waktu di sini untuk rekreasi. Kemudian, pengelola memberikan terapis gratis kepada yang membutuhkan. Mereka yang datang ke terapi mungkin sebagian besar orang tua yang mencari pengobatan alternatif.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Umbul Brintik berlokasi di Brintik, Malangjiwan, Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57486. Biaya tiket masuk ke berbagai fasilitas rekreasi di Umbul Brintik sangat murah, dan biaya parkir, yang sangat mahal tergantung pada jenis kendaraan yang di parkir, adalah biaya tambahan.

Umbul Brintik akan beroperasi setiap hari dari pagi hingga sore. Meskipun demikian, banyak pengunjung tiba sebelum jam buka karena ingin menikmati air umbul pertama pada hari tersebut. Pilih hari biasa untuk datang ke sini jika Anda ingin berenang dengan tenang. Ini karena jumlah pengunjung meningkat pada akhir pekan atau hari libur.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Umbul Brintik

Tujuan utama para pengunjung adalah untuk berenang di kolam terapi yang tersedia. Di dasar kolam induk terdapat sepuluh mata air, yang di sebut sebagai kolam terapi. Selanjutnya, ada lima kolam, masing-masing dengan satu kolam terapi dan empat kolam biasa. Selain itu, untuk menjaga keamanan para senior yang ingin berenang di tepi kolam, terpasang pegangan besi.

Kolam induk umbul berukuran 15 x 7 meter dan kedalaman 1,5 meter. Batuan andesit dan pasir hitam melapisi dasar kolam. Mata airnya mengeluarkan gelembung air. Hal ini menentukan nama Umbul Brintik. Orang-orang di sini percaya bahwa berenang dapat membantu banyak penyakit, seperti rematik, saraf kejepit, dan stroke.

Terapi Punggung

Bagi mereka yang ingin melakukan terapi punggung, ada pancuran di salah satu kolam buatan di sini. Ada sekitar tujuh pancuran yang dapat di gunakan oleh pengunjung. Berdirilah di belakang pancuran sambil menundukkan kepala sedikit. Nikmati pijatan air yang keluar.

Karena air di sini berasal dari kolam di atasnya, deras atau pelan airnya tidak dapat diatur. Namun, pengunjung di harapkan untuk berhati-hati saat berada di pancuran ini. Pancuran ini dipasang di dinding yang memisahkan kolam atas daripada di tepinya. Jadi, jika Anda tidak bisa berenang tapi ingin mencoba wahana ini, Anda harus mendapatkan pendamping yang bisa berenang.

Memancing

Di sekitar Umbul Bintik ada tempat untuk berenang dan memancing. Karena area ini merupakan perkampungan warga di luar wilayah Umbul Brintik, mereka yang ingin memancing di sini tidak perlu membeli tiket masuk.

Karena tidak ada tempat untuk menyewakan peralatan mancing di tempat ini, pengunjung harus membawa peralatan mancing mereka sendiri. Saat menunggu pancingan, jangan lupa membawa minuman dan camilan. Ikan yang ditemukan di sini adalah ikan air tawar.

Fasilitas Wisata Umbul Brintik

Proses perbaikan akan menambah fasilitas yang ada di sini. Pengunjung dapat memanfaatkan beberapa fasilitas umum, seperti kamar mandi bilas, warung makan, toilet, lahan parkir, dan musala. Sudah tentu, ada juga kolam renang dan perosotan. Selain itu, tersedia tempat penyewaan ban pelampung dan loker penyimpanan.

Baca Juga :

***