Info Lokasi, Sejarah, dan Aktivitas Wisata Batu Kuda Manglayang

Cityawesome.com – Wisata Batu Kuda Manglayang. Di Bandung ada salah satu objek wisata alam yang cukup asri dan terkesan misterius. Apa lagi kalau bukan Batu Kuda yang berada di Gunung Manglayang. Lokasinya sendiri berada di area perbukitan, oleh karena itu tidak heran jika pemandangan alam di sana masih terkesan alami.

Sebagai informasi tambahan, Batu Kuda Manglayang ini sebenarnya tidak lain adalah milik Perum Perhutani. Daya tarik yang ada membuat siapapun tertarik untuk datang kesana.

Pada artikel kali ini akan di berikan ulasan tentang Batu Kuda Manglayang untuk bisa di jadikan sumber referensi. Simak ulasan berikut !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Batu Kuda Manglayang beralamatkan di Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40625. Di mana tarif tiket masuknya sendiri cukup terjangkau yakni hanya Rp 10 ribu saat weekday dan Rp 12 ribu saat weekend. Namun selain tarif tiket yang harus di bayarkan, pengunjung juga harus membayar biaya parkir kendaraan dengan tarif Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Jam operasional dari Batu Kuda Manglayang ini di buka setiap hari mulai dari jam 05.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Sejarah wisata Batu Kuda

Mengenal tentang sejarahnya, Batu Kuda Manglayang ini berada di ketinggian sekitar 1150 sampai dengan 1300 Mdpl. Di mana untuk area besar di sana terdapat bukit dengan hutan pinus. Menariknya adalah kamu akan menemukan batu misterius yang tidak lain adalah situs sejarah peninggalan masuknya Islam di sana.

Banyak yang percaya bahwa batu tersebut adalah wujud dari seejor kuda milik Prabu Layang Kusuma dan permaisurinya.

Adapun kuda tersebut berasal dari Gunung Kidul dan di beri nama Semprani. Pada masa itu Semprani terperosok dalam kubangan saat melintasi Gunung Manglayang hingga hanya sebagian tubuhnya saja yang terlihat.

Daya tarik dan aktivitas wisata Batu Kuda Manglayang

Ada beragam daya tarik sekaligus aktivitas yang bisa di lakukan saat berkunjung ke Batu Kuda Manglayang. Memungkinkan pengunjung untuk melihat pemandangan alam yang masih asri, berikut ini beberapa aktivitas menarik yang sering di lakukan pengunjung disana :

1. Piknik

Menghabiskan waktu bersama keluarga di Batu Kuda Manglayang tentu akan memberikan pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Di mana nantinya kamu bisa sekedar berpiknik dengan membawa perlengkapannya dari rumah. Terlebih lagi disana memang tersedia area yang luas untuk bisa di manfaatkan.

2. Swafoto

Berfoto merupakan aktivitas yang tidak bisa di lewatkan begitu saja saat kamu ingin berlibur. Batu Kuda Manglayang sendiri menyediakan banyak area spot foto menarik yang kekinian dan instagramable.

3. Bersantai di Hammock

Jika tidak ingin melakukan aktivitas yang melelahkan, kamu bisa sekedar bersantai di hammock dan menikmati kesegaran udara sekitar. Di Batu Kuda Manglayang sendiri ada banyak pilihan hammock yang bisa di sewa dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Hiking dan Camping

Batu Kuda Manglayang memiliki jalur area yang tidak begitu sulit. Sehingga nantinya memudahkan pengunjung jika ingin hiking. Namun jika ingin bermalam di sana, kamu bisa melakukan camping di area yang telah di sediakan. Selain itu kamu juga bisa membawa peralatannya sendiri atau menyewa di sana.

Fasilitas wisata Batu Kuda Manglayang

Berbicara mengenai fasilitas, pihak pengelola sendiri menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap untuk bisa dinikmati semua pengunjung. Berikut beberapa diantaranya :

  • Area parkir yang luas
  • Jejeran warung makan
  • Mushola
  • Toilet

Demikian informasi tentang Batu Kuda Manglayang yang bisa menjadi referensi untuk dikunjungi. Kamu akan melihat keindahan wisata sekaligus sejarah sebagai pengalaman baru.

Baca Juga :

***